Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Personal - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Personal

meningkatkan pengunjung blog
Sumber gambar: Max Ikhsan

Pusing karena blog selalu sepi pengunjung meski sudah rajin membuat konten?

Sebenarnya ada cara meningkatkan pengunjung blog secara bertahap dan efektif. Tapi kita bahas nanti ya!

Sekarang kita bedah satu persatu, lalu kita bahas alasan mengapa orang membuat blog, apa manfaat yang didapatkan jika blog ramai dikunjungi, lalu strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung itu bagaimana.

Ok mari kita bahas!

Apa Alasan Orang Membuat Blog?

Pada dasarnya ada beberapa tipe orang yang membuat blog, diantaranya:

Coba-coba.

  • Untuk keperluan tugas.
  • Untuk blog pribadi (non publik).
  • Ingin serius belajar blog
  • Ingin menjadi blogger sukses.

Apakah kamu termasuk salah satunya?

Lima poin di atas adalah pendapat saya sendiri sebagai penulis artikel ini. Jadi sangat bisa sekali berbeda dengan pendapat blogger lainnya. 

Tapi disini intinya saya akan menjelaskan lima alasan mengapa orang membuat blog seperti yang disebutkan di atas.

Coba-coba

Jangan salah, banyak sekali orang yang membuat blog hanya untuk iseng-isengan atau gaya-gayaan saja. Orang tipe ini memiliki dua kemungkinan dalam perjalanan ngeblognya, yaitu ngeblog cuma sebentar karena bosen atau terus dilanjutkan karena ingin lebih paham.

Jika ingin lebih paham tentang blogging maka orang ini pun akan sampai pada fase keingintahuan bagaimana cara agar blognya mendapatkan pengunjung.

Keperluan Tugas

Orang buat blog itu bisa juga karena untuk keperluan tugas. Contoh ada siswa/siswi atau mahasiswa/mahasiswi yang mendapatkan tugas untuk membuat blog atau website. Maka secara otomatis mereka akan membuat blog atau website. Namun blog atau websitenya bisa saja dilanjutkan atau pun dilupakan, bahakan dihapus.

Untuk Blog Non Publikasi

Memang ada blog yang bisa non publikasi?

Tentu saja ada, blogger dan CMS lain pun memiliki pilihan apakah suatu blog bisa dilihat oleh publik, bisa dilihat oleh orang yang diundang, atau bisa juga di privasi.

Tentunya untuk orang yang membuat blog bersifat privasi ini tidak memerlukan pengetahuan tentang SEO dan strategi meningkatkan jumlah pengunjung, karena blognya tidak untuk dikonsumsi publik.

Ingin Serius Belajar Blog

Nah saya adalah orang yang termasuk pada tipe ingin serius belajar ngeblog. Biasanya orang tipe ini akan lebih semangat dalam mempelajari blog mulai dari A-Z. Meski terkadang ada yang belajar secara berurutan atau ada juga yang tidak berurutan.

Yang tidak berurutan bisanya adalah blogger otodidak. Namun pada intinya orang tipe ini akan tetap menguasai teknik blogging meski dalam jangka waktu cukup lama.

Ingin Menjadi Blogger Sukses

Nah, motivasi seseorang yang paling kuat dalam membuat blog adalah ingin menjadi blogger sukses. Orang tipe ini bisanya memiliki alasan yang kuat, siap gagal, siap mencoba kembali dan akan mengeksplorasi hal-hal baru untuk mendapatkan brand/personal awareness.

Tentunya orang tipe ini akan membuat blog dengan serius dan pasti akan sampai pada fase mempelajari materi tentang cara meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Baca juga: Pentingnya original content di blog

Manfaat Blog Yang memiliki Banyak Pengunjung

meningkatkan pengunjung blog
Sumber gambar: Max Ikhsan

Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan sebuah blog apabila memiliki banyak pengunjung, diantaranya:

  • Terkenal.
  • Lebih direkomendasikan.
  • Dijadikan rujukan.
  • Peluang income lebih besar.
  • Meningkatkan brand/personal awareness

Terkenal

Sudah jelas bahwa sebuah blog yang jumlah pengunjungnya banyak adalah blog yang dikenal dan akan semakin terkenal apabila pemilik atau pengelolanya konsisten dalam memberikan konten, memenej masalah dan mengembangkan blognya.

Lebih Direkomendasikan

Sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung biasanya memiliki kualitas di berbagai segi seperti konten, tampilan, kecepatan, dan dalam segi lainnya.

Kelebihan yang dimiliki tersebut akan menjadi hal positif yang membuat orang atau mesin pencari merekomendasikan blog tersebut.

Dijadikan Rujukan

Blog yang memiliki banyak pengunjung bisanya akan menjadi rujukan dari blog atau situs lain. Contohnya adalah jika suatu blog memiliki konten sangat berkualitas, lalu ada blog atau situs lain yang menjadikannya sebagai referensi, maka secara otomatis blog tersebut akan menjadi rujukan karena dinilai memiliki kualitas tertinggi.

Peluang Income Lebih Besar

Blog yang memiliki jumlah kunjungan lebih banyak dari blog atau situs lain tentu berpotensi memberikan income lebih besar. 

Penghasilan tersebut bisa datang dari berbagai arah, mulai dari iklan, jual produk, affiliasi, dan lain sebagainya.

Meningkatkan Brand/Personal Awareness

Semakin banyak kunjungan pada suatu blog maka semakin dikenal juga blog tersebut. Disini blog tersebut akan mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya brand/personal awareness.

Baca juga: Trik jitu menarik orang agar mengunjungi blog

Strategi Meningkatkan Pengunjung Blog

meningkatkan pengunjung blog
Sumber gambar: Max Ikhsan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencoba meningkatkan jumlah pengunjung blog secara perlahan dan efektif, diantarnya:

  • Kuasai SEO.
  • Pahami fokus niche.
  • Konsisten update konten.
  • Optimasi blog sebaik mungkin.
  • Belajar backlink/internal link.
  • Belajar dari blog lain.

Kuasai SEO

SEO (search engine optimization) adalah sebuah cara bagaimana membuat blog bisa tampil di halaman pencarian Google. 

Pada dasarnya SEO itu terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Agar kamu bisa memahami materi tentang SEO, silahkan baca artikel SEO blogger 2024

Pahami Fokus Niche

Niche adalah tema atau topik yang dibahas dalam suatu blog. Contohnya, di blog Max Ikhsan ini ada banyak sekali artikel yang membahas meteri yang berkaitan dengan blogging. 

Ini wajar karena memang fokus niche dalam blog ini adalah tutorial blogger untuk pemula. Namun karena blog ini bertipe gado-gado maka di blog ini juga terdapat konten yang termasuk out of topic.

Perlu saya tekankan bahwa salah satu syarat blog bisa memiliki banyak pengunjung adalah topik yang dibahas itu terfokus pada satu tema saja.

Namun blog gado-gado pun bisa memiliki banyak pengunjung asalkan bisa mengaplikasikan SEO secara baik dan benar.

Konsisten Update Konten

Konten adalah yang utama. Sebuah blog akan sangat sulit mendapatkan pengunjung apabila jumlah konten yang tersedia sangat minim. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan adalah dengan rajin melakukan update konten.

Selain rajin, kamu juga harus berusaha membuat konten yang berkualitas agar bisa direkomendasikan oleh Google sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Optimasi Blog Sebaik Mungkin

Optimasi blog meliputi banyak hal, mulai dari kecepatan loading, kenyamanan tampilan template, struktur template yang baik, struktur blog yang baik, resposifitas blog saat dibuka di berbagai device, dan masih banyak lagi. 

Ini masih termasuk pada kewajiban menguasai SEO on-page. Intinya kamu harus bisa mengoptimalkan dan memaksimalkan segala potensi di blog kamu untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung secara bertahap dan efektif.

Belajar Backlink dan Internalink

Ini termasuk teknik SEO on-page yang harus kamu kuasai untuk bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke blog mu. Internal link akan mengaitkan satu artikel dengan artikel lain di dalam blog secara internal atau dari dalam. Sedangkan backlink akan mengaitkan artikel dari luar blog ketika konten dalam dijadikan referensi oleh situs lain.

Sampai saat ini peran internal link dan backlink masih sangat signifikan dalam teknik SEO karena bisa membuat blog semakin berada di urutan atas halaman pencarian.

Belajar Dari Blog Lain

Kenapa blog kamu masih sepi padahal sudah melakukan segala macam tutorial sesuai petunjuk di blog lain atau di video Youtube?

Nah saat kamu stack disana cobalah untuk menganalisa blog lain yang memiliki topik pembahasan yang sama dengan blog kamu. Amati cara kerjanya, cermati apa saja kelebihannya dan cobalah ikut aplikasikan dalam blog kamu.

Ini juga adalah hal yang saya dan banyak blogger lakukan. Hal ini bisa memberi dampak yang baik saat kamu sedang berusaha meningkatkan jumlah pengunjung ke blog mu.

Baca juga: Meningkatkan pengunjung melalui video Youtube

Kesimpulan

Jangan panik apabila kamu masih kesulitan dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kamu karena memang tidak semudah itu.

Nikmati saja prosesnya secara bertahap dan lakukan secara konsisten. Pelan-pelan blog kamu akan mulai banyak dikunjungi karena semakin teroptimasi secara maksimal.

Di Google banyak sekali artikel yang membahas cara agar blog banyak pengunjung. Disana kamu bisa belajar secara perlahan dan sedikit-sedikit tentang SEO, konten berkualitas, dan hal lainnya, lalu cobalah mengimpelementasikannya di blog kamu.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Kadang semua contoh yang ada di google sudah saya coba tapi tetap saja blog selalu sepi. KK buka jasa kursus blog gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeblog itu tidak instan kak, jadi bertahap saja. Maaf untuk saat ini saya belum buka jasa kursus blog kak.

      Hapus