SEO Blogger 2024, Dijamin Blog Ramai Pengunjung - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

SEO Blogger 2024, Dijamin Blog Ramai Pengunjung

seo blog pemula

Blogger adalah salah satu flatform open source dari Google yang dibuat untuk orang yang memiliki minat menulis dan mempublikasikannya di internet. Blogger.com sendiri adalah salah satu flatform blog yang menurut saya sangat cocok bagi pemula, karena selain memiliki hosting gratis dan unlimited, Blogger.com juga sangat user firendly dengan berbagai fitur premium lainnya.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas cara menerapkan startegi SEO Blogger untuk pemula di tahun ini. Strategi SEO ini sudah saya coba implementasikan pada blog ini, dan hasilnya alhamdulillah cukup memuaskan.

Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia blogging, pasti anda akan mendengar istilah SEO. Lalu apa sih SEO itu?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka artinya adalah pengoptimalan mesin pencari. Blog dan search engine adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan wajib dipelajari setiap waktu oleh seorang blogger karena algoritma mesin pencari bisa berubah setiap saat.

Jika anda seorang blogger pemula, maka SEO mungkin menjadi hal yang bisa membuat anda malas ngeblog. Namun sebenarnya SEO bisa diterapkan dengan mudah jika anda tidak malas belajar dan tidak pernah berhenti mencoba.

Apakah SEO Penting untuk blog?

Tentu saja sangat penting, SEO diperlukan agar blog anda bisa ditemukan oleh pengguna internet dan bisa bersaing dengan blog lain. Dibawah ini saya akan jelaskan secara detail SEO blogger untuk pemula.


SEO Blogger Untuk Pemula

SEO terbagi menjadi dua jenis yaitu On Page dan Off Page. Ayo ketahui lebih dalam tentang cara mengimplementasikan kedua jenis SEO ini agar blog anda memiliki banyak pengunjung dan bisa bersaing dengan blog besar lainnya.

Apa itu SEO On Page?

SEO On Page adalah salah satu optimasi mesin pencari yang diaplikasikan langsung di dalam sebuah website atau blog. Berikut ini beberapa contoh SEO On Page yang bisa dilakukan oleh blogger pemula.


1. Pilih Nama Domain Dengan Tepat

Nama domain adalah hal pertama yang berpengaruh pada SEO. Anda tau Hipwee.com, website tersebut menjadi salah satu flatform anak muda yang cukup populer saat ini. Pengunjungnya bisa ratusan ribu sampai jutaan per hari.

Salah satu faktor yang berpengaruh dari website tersebut adalah namanya yang mudah dihapal dan lebih simpel saat diketik. Bayangkan jika anda membuat sebuah blog atau website dengan nama domain yang panjang dan cendrung sulit untuk diingat, maka secara psikologis orang akan mencari website yang lebih mudah dihapal dan diketik.

Lalu apakah domain dengan nama panjang itu tidak bagus?

Tentu saja bagus, namun tentu dengan aturan yang pas. Contohnya misalkan blog saya ini yaitu www.maxikhsan.my.id, nama domain ini terkesan panjang dan orang akan cendrung malas mengetik karena selain panjang juga menggunakan sub domain my.id.

Baca: Cara Membuat Sub Domain .my.id

Namun bagi saya tidak masalah karena yang saya jual pada blog ini adalah personal branding. Sehingga ketika ada orang yang ingin mencari informasi tentang saya maka akan mencari kata max ikhsan pada mesin pencari.

Penentuan nama domain yang saya rekomendasikan sebaiknya lebih pendek dan lebih iconic. Semakin bagus dan pendek nama domain, semakin bagus pula untuk SEO On Page di blog anda.


2. Daftarkan Blog ke Google Search Console

Setelah anda menentukan nama domain, saatnya anda mendaftarkan blog anda ke google search console. SEO blogger untuk pemula ini adalah hal yang wajib dilakukan setiap blogger karena berfungsi untuk menampilkan blog di mesin pencarian google.

SEO On Page bagi pemula ini sangat penting untuk dilakukan karena nantinya setiap artikel yang dibuat harus di insfeksi di google search console, dengan demikian setiap artikel yang dibuat bisa muncul di mesin pencarian google.

Selain itu yang wajib anda ketahui tentang pentingnya mendaftarkan blog ke google search console adalah jika artikel anda berhasil terindex maka saat orang mencari informasi mengenai apa yang mereka cari, dan artikel yang anda buat sesuai dengan yang mereka cari, maka artikel anda akan muncul dihalaman pertama google.

Tentunya hal tersebut akan berdampak sangat baik bagi blog anda karena bisa mendatangkan banyak pengunjung dari artikel yang masuk ke halaman pertama mesin pencarian google.

Berikut ini beberapa sitemap (peta situs) yang wajib anda submit kedalam google search console.

  1. atom.xml
  2. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  3. atom.xml?redirect=false
  4. feeds/posts/default?orderby=updated
  5. sitemap.xml

Baca: Cara Atasi Diindeks Meski Diblokir Robot.txt


3. Pilih Template Yang Tepat

SEO blogger basic untuk pemula yang selanjutnya adalah harus tepat ketika menggunakan template. Saya sudah banyak pengalaman menggunakan template blogger berbagai versi, mulai dari yang gratis dan berbayar, serta yang tampilannya simple dan rumit.

Template adalah tema atau design tampilan dari sebuah blog. Semakin bagus tampilan sebuah website atau blog, maka semakin betah juga pengunjung berlama-lama diblog anda.

Namun anda perlu perhatikan secara seksama hal sepele ini. Kebanyakan blogger pemula cendrung memilih template blogger yang bagus menurutnya tanpa mempertimbangkan hal penting lainnya seperti kecepatan loading, mobile friendly dan SEO friendly.

Jadi untuk menerapkan SEO On Page pada blog sebaiknya pilihlah template yang bagus, ringan, dan SEO Friendly.

Baca: Template Premium Versi Jadul Gratis


4. Buat Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah artikel yang bisa memberikan jawaban dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pembaca. Namun perlu anda perhatikan juga bahwa pembawaan dan isi dari artikel tersebut harus tepat dan mudah dimengerti.

Apabila terkesan berbelit-belit, maka pembaca tidak akan puas karena artikel yang anda berikan tidak tepat mengenai masalah yang dihadapi pembaca. Oleh karena itu buatlah tulisan yang nyaman dibaca dan simple, namun isinya tetap padat dan memberikan solusi lengkap.

Jika berbicara mengenai SEO blogger pemula, maka ini dulu yang harus dipelajari. 

Baca: Tips Membuat Artikel Berkualitas


5. Optimasi Kecepatan Loading

Dari semua poin yang saya jelaskan diatas, maka yang harus anda perhatikan jika sedang belajar SEO blogger pemula adalah poin ke lima ini. Optimasi loading pada blog sangat penting karena semakin hari update algoritma google lebih mengedepankan website dengan kecepatan loading yang baik.

Baca: Cara Optimasi SEO Template Viomagz

Saat ini sudah banyak website penjual template blog yang memiliki kecepatan loading sangat baik, bahkan ada juga yang menjual versi AMP. Namun selain template yang fast loading, anda juga perlu mengoptimasi gambar yang ingin anda gunakan pada artikel.

Jika gambar yang ingin anda gunakan dalam artikel tersebut tidak berpengaruh pada kecepatan loading blog, maka anda bisa menggunakan kode lazy size agar gambar hanya akan muncul ketika blog atau website sudah selesai loading.

Selain itu anda juga bisa mengoptimasi gambar dengan cara mengompres ukuran gambar tersebut agar menjadi lebih kecil.


6. Belajar Memahami Kata Kunci

Salah satu SEO On Page yang wajib diketahui adalah bagaimana menentukan sebuah kata kunci (keyword) pada artikel yang dibuat. Umumnya kata kunci yang harus dipahami blogger pemula ada 2 jenis, yaitu Long tail keyword dan Short tail keyword.

Setelah anda memahami konsep kata kunci, maka saya jamin artikel yang anda buat pasti akan masuk ke halaman pertama mesin pencari. Untuk mengetahui konsep kata kunci pada artikel, maka silahkan baca artikel tips menyimpan kata kunci pada artikel.

nah keenam poin diatas tersebut adalah beberpa poin SEO On Page yang bisa anda pelajari untuk SEO blogger pemula. Sebenarnya masih ada banyak jenis SEO On Page yang bisa diterapkan pada blog, hanya saja karena judul artikelnya adalah SEO blogger untuk pemula maka saya rasa anda cukup pelajari lima poiin diatas.


Apa Itu SEO Off Page

SEO off page adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan diluar halaman blog atau bahkan bisa juga secara offline. SEO Off Page untuk blogger pemula sangat penting untuk dipelajari karena tujuannya adalah bagaimana cara agar bisa mendatangkan pengunjung blog meski optimasinya dilakukan secara offline.

Berikut ini beberapa contoh SEO Off Page yang bisa anda lakukan agar blog anda ramai pengunjung.


1. Promosi 

Seorang blogger tentunya perlu mempromosikan blognya kepada orang lain agar blognya bisa dikenal. Promosi yang bisa anda lakukan bisa dengan metode berbayar atau gratis. 

Jika anda ingin menggunakan promosi berbayar agar bisa menjangkau lebih banyak pengunjung, maka anda bisa memanfaatkan google ads, facebook ads, dan penyedia jasa iklan lainnya. 

Namun apabila anda tidak ingin mengeluarkan modal, maka anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Untuk melakukan promosi yang efektif di sosial media maka anda harus aktif di sosial media, jalin hubungan dengan teman atau orang yang ada dalam sebauh grup yang relevan dengan isi dari blog anda, lalu berikanlah solusi dari masalah yang dihadapi member tersebut.

Jika mereka merasa senang maka anda akan mendapatkan feedback yang positif. Setelah itu anda bisa membujuk mereka untuk melihat-lihat konten di blog anda.


2. Ajak Langsung Calon Pembaca

Salah satu SEO Off Page untuk pemula adalah harus berani mengajak secara langsung calon pembaca untuk mengunjungi blog anda. Anda bisa mengajak teman, teman dari teman, kolega, kerabat dan siapa saja untuk mengunjungi blog anda.

Namun tentunya blog anda haruslah bagus dan memiliki konten yang berkualitas. Percuma anda mengajak orang untuk berkunjung ke blog anda tapi konten yang ada pada blog terbilang low value.


3. Buat Yang Gratis

Agar blog anda ramai pengunjung, maka anda bisa memberikan sesuatu yang gratis. Jika anda memiliki banyak modal, maka anda bisa membuat program Giveaway. Namun apablia anda tidak memiliki modal, maka buatlah sebuah produk digital yang banyak dicari orang tapi anda bisa membuatnya secara gratis.

Strategi SEO Off Page pemula ini bisa juga anda kembangkan dengan membuat merchendise, topi, kaos dan lain-lain, namun tetap dengan brand blog anda.


4. Buat Kompetisi

Strategi SEO Off Page satu ini bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan. Anda bisa membuat kompetisi dengan format yang mudah dipahami dan tidak memungut biaya.

Contoh kompetisi yang bisa anda buat adalah kompetisi membuat artikel, kompetisi membuat cerpen dan masih banyak lagi. Arahakan setiap peserta untuk mengajak orang sebanyak-banyaknya melihat dam membaca karya mereka yang sudah ditampilkan di blog anda. Dengan demikian blog anda akan semakin dikenal oleh banyak orang dan jumlah visitor harian pun akan semakin meningkat.


5. Perbanyak Backlink Berkualitas

Salah satu cara yang bisa membuat blog memiliki banyak pengunjung adalah dengan memperbanyak backlink berkualitas. Jika anda belum tau, pada dasarnya backlink terdapat dua jenis, yaitu dofollow dan nofollow. Kedua backlink tersebut memiliki pengaruh yang signifikan pada blog, khususnya backlink jenis dofollow. 

Cara mendapatkan backlink itu susah-susah gampang. Anda bisa mendapatkan backlink dari blog berkualitas dengan cara mengikuti guest post, program partner, atau membelinya di marketplace.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dengan cara menulis di website media seperti kompasiana, dan hipwee. Backlink dari sana sangat agus karena kedua website tersebut memiliki nilai domain authority yang besar.

Apabila Anda ingin memperlajari bagaimana mendapatkan backlink dari kompasiana, maka silahkan baca artikel yang telah saya buat di bawah ini.

Baca: Cara Mendapatkan Backlink Dari Kompasiana.com

Pengaruh backlink pada SEO blog sangat penting, sehingga anda wajib mencari backlink sebanyak mungkin untuk blog anda. Namun perlu dicatat, backlink yang bagus adalah backlink yang datang dari blog berkualitas baik dan memiliki nilai authority yang tinggi.


Harus Terus Dicoba

SEO blogger itu terus update setiap waktu, namun anda tetap bisa mengikutinya dengan beberpa poin SEO On Page dan SEO Off Page yang sudah saya jelaskan diatas.

Pada dasarnya anda bisa memiliki blog yang dikenal banyak orang dan memiliki jumlah kunjungan yang banyak. Namun tidak ada hasil tanpa proses. Jadi semabil menunggu blog anda menjadi sebuah blog yang besar dan dikenal banyak orang, maka anda juga bisa terus belajr SEO Blogger dan terus perkaya konten di blog anda.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar