Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Kompasiana - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Kompasiana

backlink dari kompasiana
Ikuti saya di Microsoft

Selain konten original dan berkualitas, faktor yang bisa meningkatkan kredibilitas sebuah blog atau website adalah backlink. 

Pengaruh backlink pada blog sangat signifikan dalam meningkatkan optimasi SEO off page untuk meningkatkan posisi suatu blog atau website di SERP.

Oleh karena itu setelah seorang blogger sudah bisa membuat konten yang bagus dan melakukan troubleshoot apabila ada error pada blog, maka selanjutnya dia harus mencoba mencari backlink berkualitas dari blog atau website lain sebagai bentuk optimasi SEO off page.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah tips bagaimana mendapatkan backlink berkualitas dari sebuah situs yang cukup populer di Indonesia yaitu kompasiana.com. 

 

Cara Menanam Backlink di Kompasiana 

Kompasiana adalah sebuah web blog yang isi kontennya merupakan kiriman orang lain. Untuk membuat konten di Kompasiana cukup mudah. Anda tinggal daftar menggunakan akun Gmail, selesaikan proses verifikasi, dan Anda pun sudah siap mempublikasi konten berupa artikel di sana.

Bagi seorang blogger seperti saya, mendapatkan backlink dari Kompasiana bisa dibilang sangat penting. Karena selain website tersebut sudah sangat populer di Indonesia, nilai domain authority web tersebut juga sangat besar, yaitu sekitar 81 pada saat artikel ini ditulis.

Yang menjadi masalah adalah tidak semua blogger bisa mendapatkan backlink berkualitas tersebut dengan mudah. Karena berdasarkan pengalaman saya, setiap saya memasukan internal link pada anchor text pasti selalu diganti dengan internal link dari Kompasiana itu sendiri atau bahkan dihapus permalink ya.

Nah salah satu trik yang saya lakukan untuk membuat link external yang mengarah pada blog saya tidak diganti atau dihapus oleh Kompasiana, maka saya membuat sebuah konten yang terkait dengan blog ini.

Sebagi contoh, apabila Anda ingin mendapatkan backlink dari Kompasiana yang memiliki nilai domain authority besar, maka Anda bisa menerapkan contoh konten artikel seperti berikut.

  • Buat artikel yang sesuai dengan ketentuan.

  • Artikel jangan terlalu pendek apabila ingin mendapatkan backlink berkualitas.

  • Jangan republish artikel blog Anda di Kompasiana.

  • Buat konten menarik dengan trigger untuk membuat pihak Kompasiana tidak mengganti atau menghapus external link yang dibuat.

  • Konten yang ada di blog Anda harus relevan dengan konten yang dipublish di Kompasiana.

Dengan cara di atas saya bisa mendapatkan backlink dofollow berkualitas secara gratis dari website berauthority tinggi. Silahkan Anda coba ikuti cara tersebut dengan benar, maka pasti blog Anda akan mendapatkan backlink dari Kompasiana.

 

Kapan backlink dari Kompasiana terbaca?

Berdasarkan pengalaman saya, backlink dari Kompasiana tidak langsung terbaca begitu saya berhasil mendapatkannya. Perlu beberapa hari atau beberapa Minggu untuk membuat backlink terbaca.

Cara melihat apakah blog sudah mendapatkan backlink dari suatu blog atau website cukup mudah. Silahkan Anda buka Moz.com atau langsung saja search moz SEO checker. Disana kita bisa melihat nilai domain authority dan page authority, jumlah backlink, dan jumlah spam score.

Apabila pada bagian backlink sudah ada nama Kompasiana, itu artinya blog kita sudah mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari Kompasiana.

backlink kompasiana
 

Kesimpulan 

Cara mendapatkan backlink berkualitas dari Kompasiana cukup mudah, apabila Anda bisa mengikuti instruksi yang saya berikan di atas, maka Anda pasti bisa mendapatkan backlink dari Kompasiana.

Jika masih bingung, silahkan Anda buka google, cari kata "max ikhsan", lalu pilih profile saya yang ada di Kompasiana. Setelah itu silahkan lihat artikel yang saya buat, lalu pahami bagaimana cara saya menyimpan external link yang mengarah ke blog ini pada konten yang dipublikasikan di Kompasiana.

Backlink yang Anda tanam belum tentu bisa diterima. Oleh karena itu Anda wajib memastikan konten yang dibuat di Kompasiana relevan dengan konten blog Anda yang ditanam pada external link.

Selanjutnya, apabila Anda sudah berhasil mendapatkan backlink dari Kompasiana maka perlu beberapa hari sebelum backlink tersebut terbaca di Moz.com 

Jika Anda masih bingung, silahkan download eBook cara mendapat backlink berkualitas dari kompasiana.com 


Penutup

Pengaruh backlink sangat signifikan untuk meningkatkan posisi blog di SERP. Sehingga efek yang akan terasa adalah adanya peningkatan jumlah pageview blog Anda.

Namun Anda juga harus tahu bahwa backlink itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu backlink nofollow dan dofollow. Usahakan cari backlink dofollow sebanyak mungkin dari blog atau website berkualitas tinggi.

Apabila blog Anda memiliki backlink yang kurang bagus dan malah menjadi membuat blog Anda jelek di mata mesin pencari, maka sebaiknya hilangkan backlink tersebut dengan cara disavow.

Untuk mendapatkan panduan lebih lengkap tentang cara mendapatkan backlink dari kompasiana.com, silahkan Anda download secara gratis eBooknya disini. 

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Balasan
    1. Hipwee & retizen (republika.co.id) bisa dicoba juga om. Untuk yg Republika sudah saya buat artikelnya di blog ini dengan keyword backlink media nasional.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus