Arti Nitih Wanci Nu Mustari Ninggang Mangsa Nu Utama - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Arti Nitih Wanci Nu Mustari Ninggang Mangsa Nu Utama

nitih wanci nu mustari

Paribasa atau pribahasa dalam bahasa Sunda yang sering kita dengar itu sangat banyak, namun belum tentu kita tau arti dari paribasa tersebut, contohnya seperti paribasa "Nitih Wanci Nu Mustari Ninggang Mangsa Nu Utama" yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Arti dari paribasa nitih wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama adalah "sudah sampai pada waktunya" atau dalam bahasa sunda bunyinya "geus tepi kana waktuna".

Dari pengalaman saya (penulis), paribasa ini jarang terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun saya sering mendengar paribasa ini ketika menghadir kondangan pernikahan.

Oleh karena itu mari kita contohkan seperti di bawah ini.

Baca: Arti Tiis Ceuli Herang Panon

Asep: Iraha rek kawin teh din?

Udin: Insyaallah tanggal 10 Juli 22 sep. Asep kudu datang nya.

Asep: Alhamdulilah atuh din. tuh gening ari geus nitih wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama mah gening bagja. Insyaallah Asep datang din.

Contoh percakapan antara Asep dan Udin di atas adalah percakapan yang membahasa waktu pernikahan Udin. Karena Asep sebagai teman udin merasa bahagia mendengar Udin mau menikah, maka dia berkata (tuh gening ari geus "nitih wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama" mah gening bagja).

Kesimpulannya adalah arti nitih wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama adalah segala sesuatu sudah sampai pada waktunya. Paribasa ini bisa terucap dalam bebrbagai kondisi, namun yang saya contohkan dalam percakapan di atas adalah mengenai waktu pernikahan. 

Nah itulah arti dari paribasa nitih wanci nu mustari ninggang mangsa nu utama. 

Catatan:

Penulis bukan guru bahasa Sunda. Informasi yang ditulis disini berdasarkan informasi yang di dapat dari orang tua saya yang asli orang Sunda.

Untuk mendapat informasi yang lebih lengkap, maka silahkan tanyakan kepada guru bahasa Sunda yang lebih berkompeten.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar