12 Kelebihan Domain .my.id Yang Wajib Diketahui - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

12 Kelebihan Domain .my.id Yang Wajib Diketahui

kelebihan domain my id

Orang yang baru belajar blogger pasti akan menggunakan domain gratisan dari blogger.com, yaitu .blogspot.com. Hal ini terjadi biasanya karena blogger pemula tidak ingin mengeluarkan budget sedikitpun dan berharap bisa mendapatkan penghasilan lewat blog serba gratis.

Nah, yang saya sampaikan di atas itu merupakan pengalaman saya ketika awal-awal belajar blogger. Jadi saya tidak tahu apakah Anda sama seperti saya atau tidak.

Setelah semakin mengenal dunia blogging, ternyata domain itu berperan sangat penting untuk sebuah blog. Selain untuk membuat blog terlihat lebih profesional, domain juga membuat blog kita memiliki integritas. Sehingga orang akan lebih percaya dengan informasi yang disajikan pada blog kita.

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami. Terkadang seorang blogger pemula merasa bingung ketika harus membeli sebuah domain untuk digunakan diblognya, apalagi jika tidak ada panduan dari teman atau orang lain yang sudah berpengalaman dalam proses membeli domain.

Hal itu membuat banyak blogger pemula lebih memilih untuk tidak membeli domain dan melanjutkan menggunakan domain gratisan seperti .blogspot.com, wordpress.com, wix.com, dan subdomian gratisan lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial blogger pemula yang secara spesifik membahas tentang domian .my.id. 

Domain ini harganya sangat murah, memiliki banyak kelebihan dan bisa didapatkan tanpa harus ribet verif KTP segala macam.


Mengapa Domain .my.id Itu Wajib Dipilih?

Mari kita bahas!


1. Harga Murah

Kelebihan pertama dari domain .my.id adalah harganya sangat murah yaitu hanya sekitar 12 ribuan saja. Tapi harga itu belum termasuk PPN, sehingga harganya bisa menjadi 13 ribuan setelah dikenakan pajak PPN.

Harganya pun masih bisa naik apabila kita mengaktifkan Privacy Protection and Managed Contact. Tapi gak mahal kok, Anda cuma nambah 10 ribu saja. Maka setelah itu harga domain ini totalnya akan menjadi sekitar 24 ribuan saja.

Murah banget kan?


2. Tidak Perlu Verif KTP

Berdasarkan pengalaman, setiap kali saya membeli domain dengan extensi .com, .id, dan .sch.id, itu saya harus melakukan verifikasi data diri dengan menyertakan foto atau hasil scan dari KTP.

Namun untuk domain .my.id ini tidak perlu. Karena biasanya setiap kita sudah menyelsesaikan transaksi pembelian domainnya, maka kita tidak akan diminta untuk mengisi data diri sesuai KTP.


3. Proses Aktivasi Domain Cepat

Dari pengalaman saya ketika membeli domain .my.id di salah satu website penyedia layanan domain dan hosting. Proses aktivasi domain .my.id itu tidak lama, bahkan tidak sampai satu jam.

Oleh karena itu domain .my.id ini menjadi incaran banyak orang saat ini, dan banyak juga orang yang memiliki blog yang sudah besar dengan menggunakan domain ini.


4. Cocok di Blogger dan Wordpress 

Domain .my.id sangat cocok untuk blogger.com dan wordpress.org. Selain mudah dalam proses pembelian, domain ini juga mudah disetting baik pada flatform CMS blogger ataupun wordpress.


5. Tidak Kalah Saing

Meski murah, domain .my.id bisa bersaing di halaman pertama mesin pencari google. Apabila Anda seorang blogger, mungkin Anda akan sering melihat blog dengan extensi domain .my.id ini di halaman pertama mesin pencari.

Domain ini meski jenisnya subdomain, namun untuk urusan SEO tidak perlu diragukan lagi. Jika tidak percaya silahkan Anda cari beberapa artikel dari blog ini yang ada di puncak halaman pertama mesin pencari google.


6. Setting di GSC Tidak Ribet

Meski extensinya subdomain, namun untuk setting di google search console sama saja dengan domain lainnya. Bahkan apabila Anda benar-benar mengurus blog Anda yang menggunakan domian .my.id ini, artikel yang dibuat bisa terindeks dalam waktu kurang dari satu jam saja.


7. Peringkat di SERP Bagus 

Berdasarkan pengalaman, blog ini menggunakan domain .my.id yang harganya cuma 12 ribuan saja. Tapi untuk urusan SEO, blog dengan subdomain .my.id ini bisa memiliki peringkat yang bagus di SERP (search engine result page).

Gak percaya?

Silahkan Anda ketik kata kunci "optimasi viomagz" di google.com. Maka Anda melihat blog ini ada di halaman pertama mesin pencari google pada posisi kedua setelah dirga.id

kelebihan domain my id

Bagaimana, keren kan domain .my.id ini?


8. Mudah Meningkatkan DA dan PA

Masih berdasarkan pengalaman, blog ini sama sekali tidak saya optimasi backlinknya pada saat awal dibuat. Namun saat itu blog ini sudah bisa mendapatkan nilai domain authority sebanyak 4 dengan hanya bermodalkan konten original.

Saat ini blog ini mulai saya optimalkan dari segi backlink dengan cara mengikuti guest posts di blog lain, menulis di webblog seperti kompasiana dan hipwee, serta memanfaatkan backlink dari website profile seperti about.me.

Hasilnya cukup signifikan, karena saat artikel ini saya tulis nilai domain authority blog ini sudah menjadi 9, dan akan terus saya usahakan untuk lebih meningkat hingga angka tertinggi.  

kelebihan domain my id

9. Memiliki Power Apabila di Maintenance Dengan Tepat

Seperti yang sudah saya bilang pada poin nomor 7. Blog dengan extensi top level domain .my.id bisa bersaing di SERP dengan baik. Bahkan banyak blog yang menggunakan subdomain .my.id bisa berada diposisi teratas di halaman pertama google mengalahkan blog atau website dengan domain .com.

Namun hal itu tidak bisa didapatkan hanya dengan membeli subdomain .my.id saja. Tentunya untuk membuat blog dengan subdomain .my.id ini bisa berada diposisi teratas pada halaman pertama google, maka optimasi atau maintenance blog pun harus optimal.


10. Bisa Membuat Subdomain Gratis

Meski domain .my.id harganya sangat murah, namun domain ini juga bisa membuat subdomain gratis. Nah, apabila Anda belum paham yang dimaksud dengan subdomain, maka contohnya seperti berikut ini.

Anda memiliki blog dengan domain contoh.my.id. Lalu Anda ingin membuat subdomain blog.contoh.my.id, maka Anda bisa membuatnya secara gratis di website penyedia layanan domain yang Anda gunakan.

Sebagai contoh, blog ini juga memiliki sub domain demo.maxikhsan.my.id.


11. Bisa Mendaftar Google AdSense

Kesaktian domain .my.id yang selanjutnya adalah bisa mendaftar Google AdSense dan bisa diterima sebagai publishernya.

Contohnya blog ini. Saat ini sudah menjadi publiher Google AdSense dan alhamdulilah sudah bisa memberikan saya pasif income meski jumlahnya sangat kecil.


12. Cocok Untuk Blogger Pemula

Domain .my.id sangat cocok untuk blogger pemula. Alasanya adalah harganya yang murah, tidak perlu beli hosting apabila menggunakan blogger.com, bagus dari segi SEO, bisa bersaing dengan blog besar, bisa membuat subdomain, dan bisa didaftarkan ke Google AdSense.

Jadi domain .my.id ini sangat lengkap dan cocok untuk blogger pemula.


Kesimpulan

Harga domain .my.id boleh murah. Namun untuk urusan SEO tetap bisa diandalkan untuk bersaing di halaman pertama mesin pencarian. 

Meski cuma 12 ribuan, domain ini memiliki banyak keunggulan yang hampir sama dengan extensi domain lain yang harganya jauh lebih mahal.

Oleh karena itu domain .my.id sangat cocok untuk blogger pemula, maupun yang levelnya sudah expert.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar