Tips Mengatasi Jingling Auto Visitor di Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Mengatasi Jingling Auto Visitor di Blogger

mengatasi jingling

Jingling lagi jingling lagi. Jujur saya muak dengan hal menyebalkan satu ini karena membuat blog terkena spam auto visitor dari sumber yang tidak jelas. Jika Anda mengikuti blog saya, maka Anda pasti tau bahwa saya pernah membuat artikel tentang ciri-ciri blog terkena spam auto visitor atau jingling. 

Diartikel tersebut saya menceritakan pengalaman blog ini yang dikirim auto visitor oleh sebuah URL bernama cotekno.com. Saat itu normalnya blog ini memiliki pengunjung unik paling sedikit sekitar 100 orang perhari, dan paling banyak bisa sampai 270-an visitor unik perhari. Namun anehnya tiba-tiba visitor blog saya meningkat secara drastis menjadi 1000 pageview perhari. 

Apabila sumber trafik 1000 pageview tersebut datang dari google, maka saya sangat senang sekali. Namun setelah di cek pada analytic blogger ternyata sumbernya berasal dari cotekno.com.

Karena kesal, saya coba lihat blognya dan melihat ada iklan MGID disana. Saya coba memberikan sedekah kepadanya dengan memberi 100 klik setiap hari dengan harapan kalau dia sudah dapat banyak uang dari MGID maka dia berhenti mengirim spam auto visitor ke blog ini.  

Dan hasilnya cukup baik, URL tersebut mulai menurunkan jumlah spam auto visiotnya sampai benar-benar berhenti. Untuk sesaat saya cukup senang, karena meski jumlah visitor blog ini masih sedikit tapi itu berasal dari mesin pencari google.

Namun selang beberapa hari blog ini kembali mendapatkan serangan jingling lagi, dan kali ini sumbernya adalah s.id dan shope.ee. 

Lihat gambar di bawah ini!

atasi jingling

Gambar di atas merupakan statistik blog ini selama 7 hari kebelakang. Bisa Anda lihat jumlah auto visitor dari URL jingling yang bar-bar tersebut sangat banyak. Sehingg hal itu cukup membuat saya was-was dan berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi jingling atau auto visitor pada blog.


Tips Atasi Jingling Auto Visitor

1. Ubah Format Robot.txt

Salah satu cara yang bisa membantu mengatasi jingling adalah dengan merubah format robot txt.

Biasanya format robot.txt itu seperti ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Allow: /

User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.maxikhsan.my.id/sitemap.xml

Untuk membantu mengatasi jingling, maka ubah dengan format di bawah ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.maxikhsan.my.id/sitemap.xml

Untuk pemasangannya, buka dashboard blogger, lalu plih setelan, lalu cari Crawler dan pengindeksan, lalu klik robot.txt custom. Masukan format robot.txt di atas lalu klik simpan.

Jangan lupa juga untuk mengganti URL-nya dengan URL blog Anda.

Update: Bisakah Robot.txt Memblokir Jingling?


2. Gunakan Script Anti Jingling

Cara kedua untuk mengatasi jingling adalah dengan memasang script anti jingling di bawah ini.

<script> var block = ['http://sumebrjingling1.com','http://sumberjingling2.com','http:/sumberjingling3.com'];
for (var b = block.length; b–;) {
if (document.referrer.match (block [b]))
window.location = &quot;http://google.com/&quot;;
}
</script>

URL yang diberikan warna harus diganti dengan URL sumber jingling. Selain itu kode di atas harus disimpan tepat di bawah tag <head>

Cara ini belum bisa saya buktikan apakah 100% work atau tidak. Namun sebagai bentuk counter terhadap para pengirim auto visitor, maka cara ini boleh dicoba.


3. Gunakan Cloudflare 

Saat blog terkena jingling, sebaiknya kita manfaatkan CDN gratis dari cloudflare. Disana kita bisa membuat page rules yang bisa diaplikasikan untuk melindungi blog dari serangan DDoS atau jingling.

Untuk proses pendaftaran blog atau web ke cloudflare akan saya buatkan khusus artikelnya.


Penutup

Secara umum jingling itu tidak ada manfaatnya sama sekali menurut saya. Apalagi jika jingling dilakukan pada blog yang dirintis dari nol dengan susah payah.

Tapi dalam dunia blogging ini sudah lumarah, karena jingling dilakukan seseorang untuk membuat blog kompetitor jelek dimata google. Sehingga posisi blog yang dijingling tersebut semakin turun di SERP.

Dari ketiga tips yang saya bagikan, yang saat ini saya sedang coba lakukan eksperimen adalah mengatasi jingling dengan cloudflare.

Semoga dengan mendaftarkan blog ke cloudflare bisa menghentikan serang jingling pada blog ini dan pada blog anda.

Semoga bermnafaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Informasi yang sangat bermanfaat mas. Saya juga sama namun bukan cotekno akan tetapi oleh situs lain sampai blog saya terkena banned dari Google Adsense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat mas. Itu AdSense nya mas kena suspend atau banned?

      Kalau suspend biasanya masih bisa aktif lagi setelah 30 hari. Dan saran saya mas pake script anti bom klik iklan apabila sudah aktif lagi.

      Hapus
  2. kasus saya dapat spamnya dari bagian "lainnnya" makanya bingung dari mana asal, udah coba bagian format txt robot besoknya masih meledak walau gak sampai 1000 lagi, semoga untuk versi script untuk anti jingling nya bisa berhasil,

    BalasHapus
  3. eh bentar bagian sumbernya gimana mau isi karena gk bisa di klik :')

    BalasHapus