Bisakah Memblokir Jingling Dengan Robot.txt? Mari Kita Bahas! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Bisakah Memblokir Jingling Dengan Robot.txt? Mari Kita Bahas!

atasi jingling dengan robot.txt

Saat blog terkena serangan Jingling, maka pemilik blog akan berusaha mengatasinya dengan cara apapun yang bisa dilakukan.

Hal itu disebabkan karena Jingling akan memberikan nilai jelek pada blog dimata mesin pencari google karena memiliki visitor tidak organik dan terindikasi spam. 

Oleh karena itu tidak sedikit orang yang membuat tutorial tentang cara mengatasi Jingling ini, namun hasilnya masih kurang maksimal untuk para blogger pemula. 

Dari beberapa artikel yang saya temukan, ada tutorial cara mengatasi Jingling dengan mengubah settingan robot.txt blog. Lantas, apakah tutorial tersebut benar bisa mengatasi Jingling?

Berikut ini akan kita bahas apakah cara tersebut benar bisa meredam jingling pada blog kita. 

Robot.txt Untuk Mencegah Jingling 

Di bawah ini adalah contoh robot.txt yang banyak dishare di google untuk mencegah jingling.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search

User-agent: *

Disallow: /
Sitemap: https://www.maxikhsan.my.id/sitemap.xml

Robot.txt di atas sudah disetting sedemikian rupa untuk mencegah jingling, (katanya). 

Tapi untuk membuat kita tidak gagal paham tentang apakah robot.txt ini benar-benar berfungsi untuk mencegah jingling, maka kita harus tau terlebih dahulu perintah yang ada pada robot.txt tersebut. 

Perhatikan:

  • User-agent : Googlebot, artinya blog hanya akan memberikan izin crawl pada bot mesin pencari google. 

Berarti mesin crawl lain seperi bing dan yandex tidak diperbolehkan untuk mengcrawl blog?

Jujur saya masih kurang paham tentang hal itu. Tapi dari pengalaman pribadi ketika saya mencoba mengatasi jingling dengan menggunakan robot.txt di atas, yang ada jingling tetap adam dan saya pun malah mendapat berbagai masalah cakupan baru di search console.

Lihat gambar di bawah ini!

atasi jingling

Perhatikan tanda panah warna merah. Awalnya jumlah halaman tidak diindeks blog saya pada google search console adalah 0. Tapi setelah saya mengubah robot.txt default menjadi robot.txt di atas, nilainya semakin hari semakin bertambah.

Saat ini saya sedang berusaha melakukan perbaikan masalah ini. Tapi sampai saat artikel ini dibuat, validasi yang saya lakukan untuk memecahkan masalah ini selalu gagal.

Setelah saya mengetahui bahwa cara mengatasi jingling menggunakan robot.txt khusus ini tidak work sama sekali. Maka saya putuskan untuk kembali menggunakan robot.txt yang direkomendasikan oleh google.


Jadi, Cara Mengatasi Jingling Dengan Robot.txt Tidak Work?

Untuk saya pribadi cara ini kurang efektif untuk mengatasi jingling. Tapi apabila Anda ingin mencobanya ya silahkan saja. Siapa tahu dengan menggunakan cara ini blog Anda tidak terkena jingling lagi.

Sampai saat ini, ketika artikel ini ditulis blog saya ini masih menerima serangan jingling yang bertubi-tubi. Bahkan kemarin memecahkan rekor tembus 1000 pageview.

Lihat gambar di bawah ini.

atasi jingling dengan robot.txt

Beberapa sumber jingling ada yang saya sensor karena merupakan situs web menjijikan yang sangat tidak layak untuk dikunjungi, bahkan untuk diketahui keberadaanya.

Salah satu cara yang sedang saya coba untuk mengatasi masalah jingling ini adalah dengan menggunakan firewall dari cloudflare. Akan tetapi saya cukup kesulitan dalam menerapkannya karena belum paham banget dan domain yang saya gunakan adalah jenis subdomain, yaitu .my.id.

Semabari berusaha mengatasi masalah jingling ini, saya juga berusaha tetap rutin membuat konten berkualitas secara berkala. Hal ini merupakan upaya counter yang hanya bisa saya lakukan untuk menekan jingling ini. 

Saya hanya berharap blog ini dan blog Anda terhindar dari serangan jingling yang bisa membuat blog menjadi buruk dimata mesin pencari, sehingga blog tetap ada di google dan tidak mendapatkan penalty.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar