Tips Rakit PC Nyicil ala Max Ikhsan - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Rakit PC Nyicil ala Max Ikhsan

rakit pc nyicil pc rakit komputer nyicil komputer

Mau punya PC tapi gak punya budget yang cukup. Yuk ikuti tips nyicil PC ala Max Ikhsan, dijamin PC dambaan anda akan beres dalam setahun.

Sekitar awal tahun 2021 hampir semua perangkat PC mengalami peningatan harga yang cukup signifikan. Ditambah dengan naiknya harga Bitcoin yang berimbas pada langkanya VGA karena habis diserbu para miner.

Meski masih ada toko yang menjual VGA, namun harganya sungguh tidak masuk akal karena sangat mahal. Nah untuk mengakali hal tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini saya akan jelaskan tips nyicil rakit PC ala saya.

Tips Rakit PC Dengan Cara Nyicil

Ada dua jenis tips nyicil part PC. Yang pertama adalah tips nyicil bagi yang belum punya PC dan yang kedua adalah bagi yang sudah punya PC namun ingin upgarde atau memang ingin mebuat PC seri terbaru.

Tips Rakit PC Nyicil Bagi Yang Belum Punya PC

Hal paling dasar dan wajib kamu ketahui sebelum merakit PC adalah komponen utama atau induk dari sebuah komputer yaitu motherboard. Setiap motherboard memiliki socket LGA yang berbeda-beda.

Misalnya di motherboard Intel, socket yang saya tau sampai saat ini adalah LGA 775, 1150, 1155, 1156, 1151, 1200 dan lain-lain. Sedangkan dikompetitornya yaitu amd, yang saya tahu sampai saat ini adalah FM, AM3, AM3+, AM4 dan Thread Reaper.

Pengetahuan tentang socket LGA ini sangat penting anda ketahui untuk menghindari membeli komponen yang salah beli. Bayangkan jika anda membeli sebuah motherboard dari AMD dengan socket AM3+, lalu anda membeli processor Core i5 3570, maka otomatis tidak akan bisa dipakai karena bukan socket LGA nya.

Nah jika anda sudah mengetahui setiap socket LGA pada masing-masing motherboard, maka anda juga pasti akan tau processor yang harus dibeli untuk dipasangkan dengan motherboard.

Setelah mengetahui hal paling penting dan dasar mengenai socket LGA pada motherboard. Maka saatnya kita masuk ke pembahasan nyicil part.

Urutan nyicil komponen komputer ini sebenarnya fleksibel, jadi apa yang saya tulis disini bukan aturan baku melainkan rekomendasi saja.

1. Casing

Tips yang pertama ketika anda berniat untuk nyicil komponen PC adalah membeli terlebih dahulu casing. Casing PC terbagi menjadi dua jenis yaitu ATX (full tower, mid tower), MATX atau cassing standar (mid tower) dan ITX atau casing untuk motherboard micro ITX.

Biasanya harga casing Full tower lebih mahal dari midle tower, dan harga casing ITX pun lebih mahal dari pada casing M-ATX. Namun karena judulnya juga nyicil, maka tentu anda bisa memilih casing yang sesuai dengan selera anda.

Alasan utama mengapa saya merekomendasikan anda untuk membeli casing terlebih dahulu adalah untuk penyemangat anda dalam nyicil part-part yang lain. 

Saya sendiri sudah membeli sebuah casing gaming murah meriah merk Raptor Powe UP Balck strike.

2. Motherboard

Part kedua yang harus anda beli ketika ingin merakit PC dengan cara dicicil adalah membeli papan induk dari komputer yaitu motherboard. Motherboard adalah part utama dalam PC karena tanpa motherboard maka part-part lain tidak bisa terhubung dan menjadi sebuah sistem.

Setelah anda mengetahui sedikit tentang Socket LGA dari masing-masing motehrboard maka anda sudah bisa menentukan motherboard mana yang akan anda beli.

Saran saya ketika anda ingin merakit sebuah PC dengan cara nyicil adalah anda harus membeli part baru. Contohnya misalkan anda tertarik dengan sebuah motherboard gaming yang memiliki harga Rp.600.000. Namun motherboard ini masih menggunakan teknologi DDR3 dan PCI 2.0, maka saran saya adalah anda nabung sidikit lagi untuk membeli motherboard yang lebih memiliki teknologi terbaru dan harganya cuma Rp.900.000-an, baru, serta sudah support teknologi DDR4 dan PCI-E Gen 3.0.

Saya sendiri berencana membeli motherboard Asrock B450M Steel Legend dengan harga Rp.1.500.000-an, namun saya juga kepincut dengan motherboard MSI B450M-VDH MAX yang memiliki fitur sama dengan asrock, namun harganya berkisar Rp.900.000-an.

3. Processor

Komponen ketiga yang harus anda beli ketika ingin merakit PC dengan cara nyicil seperti saya adalah processor. Setelah anda membeli casing dan motherboard, maka saatnya anda membeli processor. 

Jika anda berencana membeli motherboard seri lama seperti motherboard dengan socket 1155, maka processor yang bisa anda beli adalah intel core i3, core i5 dan core i7 dengan kode sandy bridge dan ivy bridge.

Namun jika anda berencana membangun PC dengan spek kekinian, maka sebaiknya anda menyesuaikan socket dan kompabilitas dari processor tersebut dengan motherboard.

Saya sendiri berencana membeli processor second dengan socket AM4 yaitu AMD Ryzen 7 1700 atau Ryzen 5 2600.

4. RAM

Part selanutnya adalah RAM. RAM adalah memory untuk PC yang sifatnya bekerja sebagai penyimpanan sementara. Semakin besar kapasitasnya maka semakin bagus.

Namun anda juga harus memperhatikan bahwa semakin besar kapasitas RAM, maka harganya pun semakin mahal. Tapi anda tidak perlu risau karena biasanya dalam motherboard terdapat 2 slot RAM yang masih bisa berfungsi walau anda hanya mengisi salah satu diantara keduanya.

Admin sendiri sudah menentukan pilihan ke Team Delta ARGB DDR4 3200Mhz single channel 16GB. Harga satu keping ram ini adalah Rp.1.200.000-an. Rencananya saya ingin membeli RAM ini sekeping-sekeping hingga mencapai 64GB atau 4x16GB.

5. SSD

Part ke lima yang harus anda beli ketika ingin merakit PC dicicil adalah SSD. SSD atau Solid State Drive adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi seperti hard disk yaitu sebagai media penyimpanan.

Perbedaan antara SSD dan hard disk adalah ukuran fisik SSD lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan hard disk PC, namun tidak terlalu jauh besaran fisiknya dengan hard disk laptop.

Perbedaan selanjutnya adalah kecepetan SSD jauh lebih cepat 10 kali lipat dibandingkan dengan hard disk. Selain itu SSD bertipe NVMe memiliki kecepetan yang lebih baik ketimbang SSD dengan bentuk hard disk.

Saya sendiri sudah menggunakan SSD dari kinston dengan kapasitas 120GB. Harga dari SSD tersebut adalah Rp.300.000 saat itu. Namun ketika artikel ini dibuat harga SSD sedang murah. Untuk SSD dengan kapasitas 120GB biasnaya berkisar antara Rp.250.000 sampai dengan Rp.280.000.

6. Hard Disk

Komponen yang wajib anda beli setelah membeli SSD adalah hard disk. Berfungsi sebagai penyimpanan, hard disk biasanya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada SSD. 

Selain itu perpaduan antara SSD dan hard disk akan sangat berpengaruh dalam sebuah sistem PC. Saya sendiri memadukan SSD dengan hard disk agar antara sistem komputer serta penyimapanan data itu terspisah, sehingga sistem lebih aman dari virus atau hal lain yang berpotensi membuat sistem error.

Alahmdulilahsaat artikel ini dibuat saya sudah memiliki hard disk WD Blue dengan kapasitas 2TB hasil nyicil. Rencananya saya akan pasangkan hard disk tersebut ketika nanti semua komponen sudah terkumpul.

7. VGA

VGA atau grafik card adalah kompenen selanjutnya yang harus anda beli ketika ingin merakit PC dengan cara nyicil. Sampai artikel ini dibuat, harga VGA masih sangat mahal. Jika motherboard atau processor yang anda beli memiliki fitur Integrated grafik, maka anda belum perlu membeli VGA sampai harga VGA turun, namun jika anda memang membutuhkan VGA maka silahkan beli VGA baru yang saat ini masih mahal harganya, atau membeli VGA second yang harganya lebih miring tapi memiliki resiko.

Admin sendiri berencana membeli VGA second yaitu GTX 1080Ti atau VGA 1650 super baru. Namun jujur diantara komponen yang lain, nabung untuk VGA adalah yang paling besar.

8. Power Supply

Power supply atau PSU adalah jantung dari sebuah komputer, tanpa PSU komputer tidak akan menyala sama sekali. Nah untuk komponen satu ini sangat penting dalam hal pemilihan. 

Jika semua part yang anda beli adalah baru, maka sebaiknya anda juga membeli PSU baru yang sudah bersertifikasi 80+ (plus). Saat power supply sudah bersertifikasi 80+, maka biasanya efisiensi dari PSU tersebut lebih baik dibandingkan dengan PSU standar tanpa sertifikasi.

Saya sendiri pernah menggunakan PSU original dari Corsair yaitu seri VS450 80+. Alhamdulilah awet dari 2013 sampai hari ini.

Untuk PC rakitan saya berikutnya saya akan menggunakan PSU dari Gigabyte atau Corsair lagi, namun dengan kapasitas minimal 550 watt.

9. Monitor

Monitor saya jadikan kompnen terakhir karena sifatnya fleksibel. Meski anda belum memiliki monitor anda tetap bisa menginstal sistem komputer anda terlebih dahulu dengan cara meminjam monitor milik teman. 

Namun jika anda tidak memiliki teman yang punya monitor, sebaiknya anda beli terlebih dahulu sebelum menginstal sistem pada PC anda.

Saya sendiri berencana membeli monitor LG 22MK600M 22 inc dengan harga Rp.2.000.000-an. Namun jika ada opsi monitor lain yang murah dengan spesifikasi sama, maka saya akan memilih yang lebih murah untuk menekan budget.

10. Serba-serbi

Serba-serbi yang saya maksud adalah komponen kecil atau besar yang dibelinya bisa belakangan seperti keyboard, mouse, kabel sata, fan case, speaker, heatpipe cooler dan lain-lain.

Tips Rakit PC Nyicil Bagi Yang Punya PC

Jika diatas saya sudah menjelaskan urutan part-part yang harus dibeli terlebih dahulu ketika anda ingin merakit PC dengan cara dicicil dan belum punya PC, maka dibawah ini saya akan jelaskan urutan part-part yang harus anda beli terlebih dahulu ketika anda ingin melakukan upgrade atau membuat PC dengan spek kekinian meski sudah memiliki PC.

Perlu dicatat bahwa urutan ini adalah ala Max Ikhsan ya, dan sifatnya tidak baku. Jadi jika tidak sesuai dengan pemikiran anda maka tidak apa-apa, karena artikel ini dibuat dengan harapan bisa menjadu referensi bagi pembacannya.

Berikut ini part PC yang harus anda beli ketika ingin merakit PC secara nyicil dan anda sudah memiliki PC namun berniat upgrade sambil bikin spek komputer kekinian.

  1. SSD
  2. Mobo
  3. Processor
  4. RAM

Kenapa hanya 4 part?

Alasannya adalah part lain seperti casing, PSU, dan hard disk, anda bisa menggunakan kembali dari PC jadul anda.

Nah itulah tips nyicil rakit PC ala Max Ikhsan yang kalian tau sendiri sampai saat ini masih menjadi seorang blogger dan konten creator kere hore.

Semoga artikel ini bermanfaat, semoga apa yang sudah saya jelaskan dalam artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin merakit PC dengan cara nyicil.

Sekian dan terimakasih.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar