Hindari Teman Culas, Dia Bukan Orang Yang Tepat Untuk Dijadikan Teman - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Hindari Teman Culas, Dia Bukan Orang Yang Tepat Untuk Dijadikan Teman

Orang Culas
Image Source:  Freepik.com

Teman adalah seseorang yang kita kenal dan memiliki hubungan akrab dengan kita meski bukan berasal dari keluarga kita sendiri. Teman bisa menjadi orang yang tepat dalam situasi tertentu namun tak jarang juga teman malah menjadi boomerang bagi kita.

Biasanya setiap orang akan mulai memiliki banyak teman ketika mulai bermain di lingkungan tempat tinggal, sekolah, dan tempat lainnya. Nah dari sekian banyak teman yang anda miliki, adakah salah satu dari mereka yang culas terhadap anda?

Ciri Teman Culas

Culas adalah sifat seorang teman yang tidak jujur dan tidak lurus hati. Seorang teman yang culas akan mementingkan dirinya sendiri dan tidak akan peduli pada temannya.

Sifat culas pada seseorang juga bisa mengakibatkan dirinya tidak disukai oleh temannya dan kemungkinan dirinya akan sukar mendapatkan bantuan dari orang lain ketika dirinya membutuhkan bantuan.

Berikut ini beberapa ciri teman culas yang harus anda ketahui.

1. Banyak Bohong

Salah satu ciri teman culas adalah suka berbohong dan menganggap anda bodoh karena mudah untuk dikibulin. Namun tentunya kebohongan itu tidak akan terus tersembunyi karena suatu saat anda pasti akan mengetahui kebohongan dari teman culas anda  tersebut.

2. Banyak Alasan

Ciri kedua dari teman culas adalah banyak alasan ketika anda membutuhkannya. Contoh kasusnya misalkan dia meminta anda untuk mengantarnya dalam menyelesaikan sebuah urusan. Namun ketika anda meminta bantuannya, maka dia akan membuat berbagai alasan agar tidak jadi membantu anda.

3. Datang Saat Butuh

Ciri lain dari teman yang culas adalah datang mendekati anda hanya saat ada butuhnya. Ketika dia membutuhkan anda, maka dia akan mendekati anda dan seolah-olah menganggap bahwa dirinya adalah teman yang paling akrab dengan anda. Namun ketika dia merasa tidak memerlukan anda, maka dia akan menjauh dari anda.

4. Bersifat Bunglon

Sifat seorang teman culas mirip seperti bunglon yang bisa merubah warna kulitnya agar sesuai dengan lingkungannya. Sifat teman culas seperti ini bisa dilihat dari situasi ketika dia berada dekat dengan anda, maka dia akan menyanjung anda dan menganggap anda adalah teman yang baik. Namun ketika dia berada dilingkungan orang yang tidak suka dengan anda maka dia akan mencair dengan orang-orang tersebut dan mungkin saja menjelekan anda.

5. Mudah Tersinggung

Teman culas biasanya akan mudah tersinggung ketika dia mendengar kata culas dari teman-temannya. Hal itu terjadi karena menurut perasaannya dirinya tidaklah culas, namun dalam hati kecilnya dia mengakui bahwa dirinya culas.

Tips Hindari Teman Culas

Teman culas masih bisa anda jadikan sebagai teman, namun ada batasan-batasan tertentu yang harus anda jaga ketika berteman dengan orang culas. Berikut ini beberapa cara menghindari teman culas.

Jangan Terlalu Dekat

Janganlah anda terlalu dekat dengan teman yang mimiliki sifat culas karena teman culas hanya akan mementingkan kepentingannya sendiri. Tetaplah menjadi teman sewajarnya yang hanya menjadi teman ngobrol atau teman tanpa ikatan yang terlalu dekat.

Bicara Secukupnya

Saat anda berteman dengan orang culas, maka sebaiknya anda mengindari untuk berbicara atau bercerita terlalu fokus dan mendalam. Orang dengan sifat culas bisa menjadi musuh dalam selimut, bisa saja teman culas anda menjelekan atau bahkan membuak aib anda kepada orang lain.

Jangan Bantu Berlebihan

Ketika anda memiliki teman culas yang membutuhkan bantuan, maka bantulah dia secukupnya dan semampunya saja. Jangan memaksakan untuk menolongnya sampai anda mengorbankan pikiran dan harta untuk tipe orang seperti ini karena sifat culas itu hanya mementingkan kepentingannya. Saat anda butuh petolongan darinya maka orang culas akan membuat berjuta alasan agar dirinya tidak bisa membantu anda.

Teman Culas Wajib Dipertahankan?

Teman culas tetap bisa anda jadikan sebagai teman, namun anda harus memiliki batasan ketika berteman dengan orang seperti ini. Jika anda sudah terlanjur dekat dengan teman culas anda, maka anda bisa menasehatinya agar tidak culas dan berubah menjadi orang yang lebih baik. 

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. haha iya bener brooo ,teman lingkungan sangat pengaruh banget ke masa depan dan kepada pengembangan diri kita ,

    btw salam kenal bang , baru belajar bikin blog

    BalasHapus