Pengaruh Backlink Dofollow dan Nofollow Pada SEO - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pengaruh Backlink Dofollow dan Nofollow Pada SEO

apa pengaruh backlink nofollow

Apa Itu Backlink?

Secara singkat backlink adalah sebuah tautan atau link yang berada pada suatu website atau blog yang mengarah ke situs lain. Kegiatan ini biasa dinamakan dengan istilah link building. Istilah lain yang masih berkaitan dengan backlink adalah external link dan inbound link. 

Apa Itu External Link?

External link adalah suatu tautan yang terdapat pada blog atau website yang mengarah ke situs lain. Contohnya Anda membuat sebuah artikel yang membahas tentang resep makanan yang lezat. Nah, untuk membuat pembaca percaya bahwa resep yang Anda berikan benar-benar real, maka Anda membuat sebuah link external yang mengarah ke suatu blog atau website. Misal, blog masak milik chef Juna, atau Chef Renata.

Dengan membuat link external yang mengarah ke situs terpercaya, maka Anda akan mendapat nilai plus baik dari pembaca ataupun mesin pencari.

Saat Anda ingin membuat link external, perhatikan dengan baik situs yang akan dimuat. Pilihlah situs yang relevan dengan isi artikel dan pilihlah situs yang memiliki authority yang baik.

Apa Itu Inbound Link?

Inbound link merupakan istilah dimana situs Anda dimuat blog atau website lain, dan link yang mengarah ke situs Anda itu yang dinamakan sebagai backlink.

Contoh inbound link yang bisa di aplikasikan pada blog adalah guest posts di blog orang lain yang memiliki authority bagus. Dalam artikel yang Anda muat pada guest post tersebut harus menyertakan link yang mengarah ke blog Anda.

Saat artikel Guest posts Anda dipublikasikan, lalu artikel tersebut terindeks di mesin pencari, maka blog Anda sudah mendapatkan satu backlink. Namun perlu Anda perhatikan apakah backlink yang diberikan itu dofollow atau nofollow.


Setelah Anda membaca pembahasan tentang backlink yang diringkas di atas, sekarang saatnya Anda mengetahui apa itu backlink dofollow dan backlink nofollow.

Apa Itu Backlink Dofollow?

Link dofollow adalah sebuah tautan yang disematkan pada situs Anda yang membuat mesin pencari Google dan yang lainnya memperbolehkan untuk mengikuti link tersebut.

Biasanya flatform blog seperti blogger.com sudah membuat link dofollow secara otomatis. Itu sebabnya saat kita ingin menyematkan link pada suatu kata, maka akan ada pilihan Tambahkan atribut 'rel=nofollow'. 

Apa Itu Backlink Nofollow?

Backlink nofollow merupakan tautan pada situs yang diberikan atribut khusus agar mesin pencari seperti Google mengabaikannya.  Link nofollow sendiri biasanya akan diberikan pada situs yang kurang baik seperti, banyak mengandung komentar spam, nilai spam score tinggi, dan rate yang buruk di mesin pencari.


Apa Pengaruh Backlink Pada SEO?



Setelah Anda mengetahui apa itu backlink dofollow dan nofollow, maka Anda juga harus tau apa pengaruh kedua backlink tersebut pada SEO.

Pengaruh Backlink Dofollow

Backlink dofollow sangat bermanfaat bagi situs Anda, khususnya untuk SEO yang Anda terapkan pada blog atau website Anda. Dengan memiliki banyak backlink dofollow dari situs dengan rate bagus di mesin pencari, maka secara otomatis authority blog atau website Anda pun akan meningkat.

Pengaruh paling signifikan dari backlink dofollow adalah meningkatkan jumlah pengunjung, meningkatkan authority, dan membuat blog atau website Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk halaman pertama mesin pencari.

Pengaruh Backlink Nofollow

Sebenarnya backlink nofollow tidak memiliki pengaruh terhadap SEO yang Anda terapkan pada blog atau website. Namun Anda masih memiliki keuntungan dari backlink nofollow ini secara langsung.

Contoh, blog Anda dijadikan referensi oleh suatu situs. Nah, situs tersebut memiliki ratusan ribu pengunjung per harinya, Saat ada pengunjung yang masuk ke blog atau website Anda lewat backlink nofollow tersebut, kunjungan tersebut tetap terhitung dan valid. 

Namun sekali lagi, dari beberapa sumber yang saya baca, backlink nofollow tidak memiliki pengaruh terhadap SEO secara langsung.


Bagaimana Mendapatkan Backlink dofollow?

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink dofollow, diantaranya adalah: 

  • Guest Posts di blog orang.
  • Buat program tukar link (partner).
  • Buat artikel di blog 2.0 seperti Kompasiana dan Hipwee.
  • Mendaftar di situs profile seperti About.me dan mycustomer.com.
  • Meninggalkan link hidup di komentar blog lain.
  • Beli backlink.

Dari pengalaman saya dalam mencari backlink berkualitas untuk blog ini, yang paling efektif untuk meningkatkan authority dan SEO adalah dengan mengikuti guest posts di blog lain yang memiliki nilai authority dan SEO lebih bagus dari pada blog ini.

Terbukti pada awal bulan Juli 2022, nilai Domain Authority blog ini hanya 5. Sedangkan dipertengahan bulan Juli 2022 sampai sekarang (saat artikel ini ditulis), blog ini memiliki nila DA 7 di tool MOZ.


Nah, itulah ulasan mengenai pengaruh backlink dofollow dan nofollow pada situs kita. Ingat, usahakan selalu mencari backlink berkualitas dari situs yang terpercaya dan memiliki nilai bagus, karena semakin bagus backlink yang didapatkan, semakin bagus juga untuk SEO yang diterapkan.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar