Cara Membuat Link Hidup di Komentar Blog - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Link Hidup di Komentar Blog

komentar link di blog


Salah satu faktor yang membuat blog bisa memiliki nilai domain authority besar dengan cepat adalah dengan memperbanyak backlink. Untuk mendapatkan backlink berkualitas maka Anda harus mencari cara agar link blog Anda tertanam di blog yang memiliki kualitas bagus.

Nah, banyak cara untuk mendapatkan backlink, mulai dari membelinya di website jual beli backlink, bertukar link dengan blog lain dengan program partner, melakukan guest post dengan menanamkan link pada ancor text, dan menulis komentar dengan link aktif di blog atau website yang memiliki nilai DA tinggi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sebuah cara bagaimana membuat komen di blog menjadi link hidup yang bisa di klik dan mengarah pada blog kita.

Cara Membuat Link di Komentar Blog

Untuk membuat link yang hidup di kolom komentar blog cukup mudah, Anda tinggal lihat format penulisannya seperti di bawah ini.

<a href="https://www.maxikhsan.my.id/">kata disini</a>

Perhatikan:

  • URL (warna biru) silahkan ganti dengan URL blog Anda
  • kata disini (warna kuning) isi sesuai keinginan Anda.


Format penulisan link hidup di komentar blog dan website ini sangat direkomendasikan agar jika link URL tertutup dengan kata atau kalimat.

Misalnya pada sebuah blog yang membahas tentang apel, Anda ingin membuat komentar "pupuk apa yang terbaik untuk apel?" yang di dalamnya terdapat link aktif dan mengarah langsung ke postingan blog Anda yang membahas tentang pupuk apel.

Berarti format penulisannya akan seperti di bawah ini.

<a href="URL">pupuk apa yang terbaik untuk apel</a>

Dengan format penulisa di atas maka semua kalimat tersebut akan menjadi link aktif pada kolom komentar.

Lalu bagaimana jika Anda ingin membuat link yang aktif hanya pada satu kata? berikut ini adalah formatnya.

pupuk apa yang <a href="URL">terbaik</a> untuk apel?

Dengan format di atas maka link aktif yang Anda buat hanya akan ada pada kata terbaik.


Apabila Anda merasa ribet harus melakukan penulisan format tersebut secara manual, maka saya sarankan Anda untuk mempastenya di notepad. Jadi pas Anda butuh untuk meninggalkan komen dengan link hidup di suatu blog atau website, maka Anda tinggal copy format tersebut dan pastekan di kolom komentar.

Apabila masih dirasa ribet, silahkan Anda gunakan tool Hyperlink di bawah ini.

http://wosgroup.com/genhyp/

Cara menggunakan tools hyperlink tersebut cukup mudah. Setelah Anda masuk ke halaman tools tersebut maka Anda akan melihat halaman kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

membuat link aktif di komentar blog

Masukan URL pada kolom sebelah kiri, dan sebelah kanan silahkan isi dengan kata atau kalimat sesuai keinginan.

Selanjutnya klik Generate Hyperlink, maka akan muncul halaman result seperti di bawah ini.

cara buat link aktif di komen blogger

Ada dua result yang bisa digunakan, silahkan pilih yang menurut Anda paling cocok.


Studi Kasus

Beberapa sumber menyebutkan bahwa link aktif di kolom komentar blog dengan nilai DA tinggi bisa membantu mempercepat nilai DA kita naik. Namun dalam segi nilai, link aktif di kolom komentar masih kalah dengan link aktif dari anchor text hasil guest posts atau program partner.

Saya juga mencoba melakukan sebuah eksperimen dengan berkomentar pada blog ini yang sudah menggunakan script otomatis menonaktifkan semua link hidup di kolom komentar, termasuk link profil pengomentar.

Hasilnya, link yang dibuat menjadi tidak aktif. Artinya cara mendapatkan backlink dengan meninggalkan link aktif di kolom komentar hanya bisa dilakukan pada blog yang tidak memasang script untuk menonaktifkan link secara otomastis di kolom komentar. 

Alasan mengapa banyak blogger yang menonaktifkan link secara otomatis di komentar blognya adalah karena banyaknya spam atau orang yang meninggalkan link jelek, alias blog atau website j*di, atau blog dengan spam score tinggi.

Hal itu apabila dibiarkan bisa menyebabkan banyak hal negatif bagi blog, diantaranya adalah nilai spam score ikut naik, serta banyak broken link dari profile dummy.


Nah, itulah tutorial blogger cara mendapatkan backlink lewat link aktif di komentar blog atau website.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar