Tools Penghitung Kata Gratis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tools Penghitung Kata Gratis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula

word count penghitung kata gratis

Seorang blogger biasanya suka menentukan berapa jumlah kata yang akan dimasukan ketika sedang membuat artikel. Nah, dari beberapa informasi yang telah saya baca, ternyata membuat artikel dengan jumlah kata 500 sampai 1000 kata lebih direkomendasikan dari pada kurang dari 500 atau lebih dari 1000 kata.

Kenapa demikian, ya logikanya seseorang akan lebih mudah bosan saat membaca lebih dari 1000 kata, apalagi artikel yang dibuat berbentuk tutorial yang sebenarnya bisa dibungkus dengan jumlah kata 500 atau 700 kata.

Begitupun artikel yang terlalu pendek, pasti hal itu akan menjadi nilai negatif bagi blog karena bounce rate tinggi. 

Lalu berapakah jumlah kata yang paling pas dalam sebuah artikel?

Jawabannya adalah tergantung materi yang di buat. Contoh, saya pernah membuat artikel di kompasiana.com tentang "cara mendatangkan banyak pengunjung blog lewat artikel pendek". Disana saya menceritakan pengalaman tentang menarik banyak pengunjung ke dalam blog hanya dengan menggunakan artikel pendek.

Saya membuat artikel pendek karena memang materinya sedikit, sehingga apabila dipanjang-panjangkan malah akan berbelit-belit. Oleh karena itu buatlah artikel secara mengalir sesuai materi yang dimiliki.

Lalu kenapa harus ada aturan minimal menulis 500 kata dalam satu artikel.

Ya, 500 kata masih sedikit dan cukuplah untuk sebuah postingan. Toh ketika saya membuat sebuah artikel tentang tutorial, yang baca tidak membaca dari awal, kebanyakan langsung masuk ke inti dari artikel tersebut.

Nah Untuk mengatahui jumlah kata yang sudah ditulis, maka kita memerlukan tools Word Count atau penghitung kata. Karena di blogger tidak disediakan word count secara otomatis.

Berikut ini adalah beberapa tool hitung kata yang bisa Anda gunakan secara gratis.

1.  WordCounter.net

Saat Anda mencari tool word counter dengan kata kunci word count di google, maka wordcounter.net tampil paling atas sampain saat artikel ini dibuat. 

Saat membukanya, Anda akan menilah halaman kurang lebih seperti di bawah ini.

word counter penghitung kata blog

Untuk mengetahui jumlah kata pada artikel yang sudah Anda buat, silahkan paste artikelnya di kolom yang tersedia. Apabila sudah di paste, maka secara otomatis jumlah kata yang telah dibuat akan muncul.

2. Wordcount.com

Wordcount.com ada di posisi kedua dalam hasil pencarian google apabila dicari dengan kata kunci word count. Saat Anda membukanya, maka Anda akan melihat halaman kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

tool penghitung kata tool word count

Sama seperti wordcounter.net, Anda hanya perlu mempastekan artikel yang telah dibuat untuk mengetahui jumlah kata yang telah dibuat.

3. Microsoft Word

Saat Anda menulis artikel dengan menggunakan software micosoft word, maka secara otomatis Anda akan bisa melihat jumlah kata yang telah dibuat. Lihat gambar di bawah ini.

tools penghitung kata tool word count

Dengan menggunakan microsoft word, maka Anda tidak perlu menggunakan internet untuk menggunakan tool word count.

4. Membuat Tool Penghitung Kata Sendiri

Tools hitung kata atau word count bisa Anda buat secara manual di blog yang Anda punya. Saya sendiri membuatnya di blog ini, lihat gambar di bawah ini.

jumlah kata dalam artikel

Cara membuat tool penghitung kata ini cukup mudah, namun saya belum membuatnya. Nanti setelah saya buta, maka akan saya sematkan linknya dalam artikel ini.

Nah itulah cara mengetahui jumlah kata dalam artikel dengan menggunakan tools penghitung kata gratis.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar