Processor Intel Xeon Murah Siap Libas Game Berat - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Processor Intel Xeon Murah Siap Libas Game Berat

rekomendasi processor xeon

Pecinta komputer kere hore mari merapat, karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar processor intel Xeon yang diperuntukan untuk server, tapi worth it juga digunakan untuk desktop.

Apa itu Processor Intel Xeon?

Intel Xeon adalah sebuah kode nama pada produk processor yang dikembangkan perusahaan Intel dengan segmen vertikel server. Contoh nama-nama processor besutan Intel yang paling populer adalah Pentium, Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core i, dan masih banyak lagi.

Nah, intel Xeon ini dirancang untuk penggunaan server, namun pada dasarnya processor Intel Xeon bisa juga digunakan pada desktop untuk digunakan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa processor Intel Xeon yang harganya murah dan bisa digunakan pada desktop untuk keperluan editing, gaming, dan lain-lain.

Processor Intel Xeon Murah

1. Intel Xeon E5450

Diurutan pertama yaitu Xeon E5450. Processor ini adalah salah satu processor yang menggunakan socket LGA 771 yang diperuntukan untuk server. Namun saat ini processor Xeon E5450 ini banyak dijual di online shop dengan harga cukup murah, yaitu kurang lebih sekiar 200 ribuan.

Dari beberapa deskripsi yang saya baca pada etalase processor Xeon E5450 di online shop, disana dituliskan bahwa processor ini setara dengan Core 2 Quad Q9650. Tentu hal itu belum pasti, namun apabila kita mengkomparasikan kedua processor tersebut, maka secara performa tidak jauh berbeda.

Kelebihan Xeon E5450 adalah base clock processor ini ada di angka 3.00 GHz secara default. Menariknya, saya pernah ngobrol dengan salah satu pengguna processor ini yang mengoverclocknya sampai 4.00 GHz. Itu artinya processor ini selain kecepatan awal sudah tinggi, kemampuan terbaiknya bisa dikeluarkan dengan cara di overclock.

Kelebihan selanjutnya adalah TDP Xeon E5450 tergolong rendah untuk processor yang diperuntukan bagi server, yaitu hanya 80 watt saja. Sedangkan TDP Core 2 Quad Q9650 memiliki TDP sebesar 95 watt.

Anda dapat menggunakan processor ini pada motherboard dengan socket LGA 775. Usahakan cari processor Xeon E5450 yang sudah di modifikasi, sehingga Anda hanya tinggal menggunakannya saja.

Dalam beberapa kasus, terkadang processor Xeon E5450 akan lebih bagus lagi performanya setelah dilakukan update BIOS atau microcode pada motherborad.


2. Intel Xeon X5460

Processor intel Xeon X5460 adalah CPU yang dibuat dengan segmen vertikal server. Tapi sebenarnya processor ini bisa digunakan untuk desktop dan digunakan untuk harian.

Sekedar informasi, PC yang saya gunakan untuk menulis artikel ini menggunakan processor Xeon X5460. Alasan saya menggunakan processor ini adalah kemampuannya yang bagus untuk diajak main game, editing video, dan apa lagi untuk nulis di blogger.

Kelebihan processor Xeon X5460 yaitu base clocknya adalah 3.10 GHz, atau satu poin lebih rendah dibandin Core 2 Extreme QX9770 yang ada diangka 3.20 GHz.

Selain itu kecepatan clocknya masih bisa ditambah dengan cara di overclock. Saya pernah membuat tutorial overclocking Xeon X5460 ini, silahkan Anda baca artikelnya pada link di bawah ini.

Baca: Cara Overclock Xeon X5460

Socket yang digunakan Xeon X5460 adalah LGA 771, namun saat ini banyak seller yang menjual processor Xeon X5460 yang sudah di modifikasi, sehingga Anda bisa menggunakannya di motherboard dengan socket 775.

Salah satu kekurangan processor Xeon X5460 ini ada di TDP yaitu nilainya cukup besar sehingga akan membuat processor lebih panas dari processor umunya yang menggunakan TDP lebih rendah.

Namun masalah itu bisa Anda atasi dengan menggunakan cooler jenis tower yang sudah menggunakan teknologi heat pipe. Sehingga panas lebih mudah tersalur dan dibuang oleh angin yang dihasilakn kipas pada coolernya.

Harga Processor Xeon X5460 ada dikisaran kurang lebih 300 ribuan. Namun Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau bisa jadi lebih mahal, tergantung seller yang menjual.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih Xeon E5450 yang memiliki clock speed tidak terlalu jauh dan bisa di overclock serta memiliki TDP jauh lebih rendah.


 3. Intel Xeon X5660

Processor Xeon murah yang ketiga adalah Xeon X5660. Processor intel Xeon X5660 ini harganya kurang lebih sekitar 200 ribuan, bahkan bisa kurang dari itu, tergantung seller yang menjual.

Kelebihan dari Xeon X5660 ini adalah sudah dibekali 6 core dan 12 thread. Cukup wow dengan harga 200 ribuan, karena hampir menyerupai processor AMD ryzen 5 yang memiliki jumlah core 6 dan jumlah thread 12.

Base clock Intel Xeon X5560 ada di angka 2.80 GHz, dan bisa di overclock hingga 3.20 Ghz. Selain itu TDP X5660 ini cukup rendah yaitu hanya 95 watt saja.

Socket yang digunakan pada Intel Xeon X5660 adalah LGA 1366. Dan sayangnya motherboard dengan socket tersebut cukup sulit dicari di pasaran. Kalau pun ada, hargnya akan cukup mahal dan akan membuat Anda berfikir untuk membeli motherboard terbaru saja.


4. Intel Xeon X3440

Processor Xeon murah selanjutnya adalah Intel Xeon X3440. Processor ini peruntukannya memang untuk server, namun bisa juga digunakan pada personal desktop untuk digunakan harian.

Processor Intel Xeon X3440 menggunakan socket LGA 1156 yang merupakan kakak dari socket LGA 1155. Apabila Anda menggunakan processor ini, maka Anda tidak usah repot mencari processor yang sudah di modifikasi, karena secara otomatis socketnya akan sama, yaitu LGA 1156.

Kelebihan processor Intel Xeon X3440 adalah sudah menggunakan 4 core dan 8 thread. Jika dilihat dari segi spesifikasi, maka jumlah core dan threadnya menyerupai processor Intel seri Core i.

Kecepatan dasar Intel Xeon X3440 adalah 2.53 GHz, namun kecepatan tersebut masih bisa di boost dengan cara di overclock hingga ke 2.93 GHz. TDP dari Xeon X3440 juga cukup rendah, yaitu hanya 95 watt saja.

Saat ini Anda bisa mendapatkan processor Xeon X3440 dengan harga 180 ribuan saja, dan itu belum termasuk thermal paste kalau biasanya.  


5. Intel Xeon X3470

Processor Xeon murah yang kelima adalah Intel Xeon X3470. Processor ini masih sama dengan Xeon X3440, yang membedakan adalah kecepatan processornya yang lebih kencang, bahkan digadang-gadang setara dengan Core i7 870.

Kecepatan dasar processor ini adalah 2.93 GHz, namun tentu procesor Intel Xeon satu ini masih bisa di up kecepatannya hingga 3.60 GHz. Kelebihan selanjutnya adalah TDP yang cukup rendah, yaitu sekitar 95 watt saja.

Socket yang digunakan processor ini adalah LGA 1156. Untungnya saat ini motherboard tersebut masih mudah ditemukan, baik dalam bentuk second maupun baru.


Sebenarnya worth it mana sih antara processor intel seri Core i atau Xeon?

Saya tidak bisa menjelaskan secara spesifik tentang itu karena tujuan saya membuat artikel processor Intel Xeon murah ini hanya sebagai referensi bagi Anda yang mencari processor alternatif.

Contohnya, harga baru processor Intel Core i3 3240 itu sekitar satu jutaan. Nah, untuk saya jauh lebih baik jika saya membeli processor Xeon E5450 yang hanya 200 ribuan saja. 

Untuk urusan performa sih mungkin intel Xeon E5450 jauh baik, karena sudah menggunakan teknologi Quad Core. Sedangkan Core i3 hanya menggunakan teknologi Dual Core.

Tapi untuk Anda yang memiliki budget sultan, maka sebenarnya artikel ini tidak bagus untuk Anda, karena rekomendasi processor Intel Xeon MURAH ini saya lebih targetkan kepada kaum kere hore seperti saya.


Nah bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan processor Intel Xeon?

Semoag tulisan ini bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar