Cara Overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz di Motherboard Asrock G41M-VS3 - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz di Motherboard Asrock G41M-VS3

Cara Overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz di Motherboard Asrock G41M-VS3

Bagi sebagian besar pengguna komputer desktop atau PC, mungkin overclock tidak terlalu penting. Tapi bagi sebagian orang yang antusias dengan PC seperti saya, maka overclock bisa menjadi opsi untuk menambah kinerja processor, VGA, atau RAM agar bisa memberikan performa lebih optimal.

Dengan melakukan overclock, kita bisa memaksa sebuah perangkat untuk bekerja lebih dari pada kemapuan aslinya. Contohnya adalah salah satu processor yang akan saya bahasa kali ini yaitu Xeon X5460.

Processor Xeon X5460 adalah processor yang dirilis pada tahun 2010, harga awal dari processor ini berkisar 17 juta, namun pada saat ini kamu bisa mendapatkan processor ini dengan harga sangat murah yaitu Rp.350.000 sampai dengan Rp.500.000.

Meski terbilang murah namun processor Xeon X5460 tidak lah murahan, jika kamu membeli processor ini maka kamu akan memiliki processor yang setara dengan core 2 extream, core i7 generasi pertama, bahkan core i5 generasi ke dua dan ke tiga.

Base clock processor ini ada di angka 3.16 GHz dan masih bisa di overclock ke 4.5 Ghz. Akan tetapi processor Xeon X5460 ini memiliki TDP yang cukup besar yaitu 120 watt, yang berarti meski belum di overclock sekalipun, processor ini sudah akan sedikit lebih panas.

Namun tentu hal tersebut bisa diakali dengan menggunakan ari cooler heat pipe yang jauh lebih bagus untuk membuang panas dari processor Xeon X5460.

Lalu apakah aman jika Xeon X5460 ini di overclock ke 3.4 GHz untuk digunakan harian?

Tentunya itu kembali ke cooler yang kamu gunakan, jika kamu hanya menggunakan stock cooler socket 775, maka saya tidak merkomendasikan untuk mengoverclock processor ini.

Sedangkan jika kamu menggunakan ari cooler yang menggunakan heat pipe, maka kamu bisa mengoverclock processor ini karena air cooler dengan heat pipe jauh lebih efisien dalam membuang panas dari processor.

Cara Overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz di Motherboard Asrock G41M-VS3

Cara overclock Xeon X5460 di Motherboard Asrock G41M-VS3


Melakukan overclock processor Xeon X5460 ke 3.4 GHz untuk digunakan harian cukup mudah, kamu tinggal ikuti cara yang akan saya tunjukan di bawah ini :

1. Masuk ke BIOS dari motherboard Asrock G41M-VS3
2. Setting overclock :
  • Masuk menu OC Twicker
  • DRAM Frequency biarkan Auto
  • DRAM Command Rate biarkan Auto
  • Ratio CMOS Setting isi 9.5
  • Overclock Mode pilih Manual
  • CPU Frequency Pilih antara 359, 360, 361.
  • PCIE Frequency pilih 105
  • DRAM Voltage pilih 2.05V
  • NB Volateg pilih 1.25V
  • VTT Volateg pilih 1.20V
  • GTLReff Volatge biarkan Auto
3. Masuk Menu Advance pilih CPU Configuration
  • Boot Failurd Guard pilih Disable
  • Spread Spectrum pilih Disable
  • Enhanced Halt State pilih Disable
  • Intel Virtualization pilih Enable
  • CPU Thermal Throttle pilih Disable
  • No-Execute Memory Protection pilih Disable
  • On-Demand Clock Modulation pilih Disable
Setelah kamu mengikuti setting persis seperti yang saya tulis di atas maka kamu tinggal tekan F10 untuk melakukan save settingan BIOS.

Kalau kurang jelas, silahkan lihat gambar dibawah ini :

oc overclock xeon x5460 ke 3,4ghz
www.maxikhsan.my.id : OC Tweaker Menu 


chipset overclock x5460 ke 3.4ghz
www.maxikhsan.my.id : Chipset configurasi overclock xeon x5460

Kesimpulan

Processor Xeon X5460 ini bisa kamu overclok ke 3.4 GHz untuk digunakan harian, hanya saja kamu perlu perhatikan cooler yang digunakan.

Saran terbaik dari saya adalah gunakan air cooler yang memiliki heat pipe agar panas dari processor bisa terbuang secara optimal.

Selain itu processor Xeon X5460 ini bisa kamu overclock ke angka yang lebih tinggi, misal ke 3.8 GHz dan bahkan sampai ke 4.5 GHz. 

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa semakin tinggi overclock pada processor, maka semakin panas pula processor tersebut. Selain konsumsi daya yang lebih tinggi pula, dengan mengoverclock Xeon X5460 ini maka kinerja dari RAM pun akan meningkan dan menyebabkan suhu RAM serta VRM meningkat.

Dan wajib Kamu ingat bahwa tidak semua motherboard support overclocking, meskipun support sekalipun kamu harus cek terlebih dahulu apapakh BIOSnya sudah di Update apa belum. Jika belum maka segera update ke versi terakhir agar bisa support processor Xeon. 

Kalau sudah update BIOS tapi masih tetap ada BUG atau tidak stabil, maka kamu wajib modif BIOS versi terupdate dari motherboard agar bisa menggunakan processor Xeon.

Pada BIOS yang sudah tersedia ada dua file BIOS, satu hanya BIOS untuk processor non xeon, dan yang satu lagi (huruf kecil) merupakan BIOS yang sudah di modif microcode untuk processor Xeon.

Apakah ada perbedaan dari base clock dengan overclock?

tentu saja ada, saya telah melakukan pengujian processor Xeon X5460 pada baseclock dan juga overclock. Pengujian yang saya lakukan adalah dengan bermain game MOTOGP 2017 mod 2021.

Software monitoring yang saya gunakan adalah MSI After Burner. Pada pengujian tersebut saya mendapatkan hasil ketika xeon x5460 dalam keadaan tidak di overclok maka FPS yang saya dapatkan hanya 60 FPS.

Sedangkan ketika saya overclock Xeon X5460 nya ke 3.4 Ghz maka saya mendaptkan FPS sebesar 60 FPS.

Namun perlu kamu ketahui pada saat saya bermain game nonstop selama satu jam, suhu dari processor ini bisa mencapai 78 derajat celcius. sedangkan jika tidak di overclock suhu hanya mencapai 75 derajat.

Apakah processor ini masih worth it untuk digunakan di 2021?

Tentu saja masih worth it, hanya saja kamu juga bisa mempertimbangkan processor lain yang memiliki TDP lebih rendah dari Xeon X5460 seperti Xeon E5450  yang memiliki base clock 3.00 GHz dan TDP 80 Watt.

Untuk harga Xeon E5450 sekitar Rp.225.000 saja, tentu saja kamu juga bisa mengoptimalkan kinerjanya dengan cara mengoverclock processor tersebut. 

Untuk pembahasan mendalam mengenai Xeon E5450 akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya ya. 


Sekian artikel cara overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz di Motherboard Asrock G41M-VS3 ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin melakukan overclock pada processor Xeon X5460.

Jika kamu suka dengan artikel ini maka silahkan share ke sosila media kamu ya. Kamu juga bisa bantu admin untuk mengembangkan channel youtube dengan cara Subscribe channel saya disini, atau silahkan buka video youtube dibawah ini.

Video Tutorial Overclock Xeon X5460 ke 3.4 GHz

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar