Bagusan Core 2 Quad atau Xeon? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Bagusan Core 2 Quad atau Xeon?

mending quad core atau xeon - max ikhsan
www.maxihsan.my.id : Bagusan Core 2 Quad atau Xeon? 

Bagi kamu yang merupakan seorang PC 
enthusiast, tentunya pasti tau beberapa processor lawas yang memiliki performa jago pada masanya. 

Namun bagi kamu yang baru tertarik dalam dunia komputer, tentunya artikel ini akan bermanfaat jika kamu baca secara detail.

Karena selain membahas setiap processor lawas yang masuk ke socket 775, dalam artikel ini juga saya berusaha membuat perbandingan beberapa processor dari socket 775 seperti Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core, dan Xeon secara mendetail dengan harapan kamu bisa menentukan processor mana yang lebih baik kamu pilih saat akan merakit komputer. 

Agar tidak terlalu berbelit-belit, yuk langsung saja baca pembahasanya dibawah ini!  
Untuk kamu yang sedang belajar merakit komputer, maka processor lawas dengan socket 775 dari intel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Alasanya adalah karena processor ini masih mudah ditemukan dipasaran, selain itu harganya juga sangat terjangkau. 

Ada banyak orang yang bertanya kepada saya, bagusan Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core, atau xeon, untuk jadikan rakitan PC nya. Maka sebelum saya menjawab, saya tanyakan terlebih dahulu tujuan mereka merakit PC itu untuk apa. 

Nah kebanyakan dari mereka bilang bahwa selain untuk mengerjakan office, mereka juga ingin menggunakan PC nya untuk bermain game. Agar menjadi referensi bagi mereka dan kamu, maka saya sengaja menulis artikel ini agar kalian paham pentingnya memilih processor yang tepat agar saat kamu merakit sebuah komputer, maka kamu tidak akan mendapat PC kamu bottle neck, atau harus upgrade lagi processornya.

Jadi bagusan mana antara Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core, atau Xeon? Mari kita bahas! 

Pada dasarnya saat kamu memilih processor untuk dijadikan otak pada PC, maka kamu harus tahu terlebih dahulu peruntukan PC yang kamu rakit tersebut. Jika hanya untuk mengerjakan microsoft offices atau hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan dokumen, maka processor Dual Core juga sudah cukup. 

Namun jika kamu menginginkan PC yang bisa digunakan untuk mengerjakan dokumen, melakukan editing dan bermain game, maka saya menganjurkan kamu untuk memilih antara Core 2 Quad atau Xeon. 

Kenapa Core 2 Duo dan Dual Core tidak menjadi pilihan? 

Pada dasarnya processor Dual Core dan Core 2 Duo itu sama - sama memiliki dua core dan dua thread. Tapi meski memiliki jumlah core dan thread yang sama, jumlah cache nya berbada. 

Sebagai contoh, saya akan bandingkan processor Core 2 Duo E5700 dan processor Core 2 Duo E8400. Lihat gambar dibawah ini! 

bagusan quad core atau xeon
www.maxikhsan.my.id : Bagusan Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core atau Xeon?


Pada gambar yang tertera diatas, dapat kamu lihat bahwa processor Core 2 Duo E8400 dan Dual Core E5700 memiliki base clock yang sama yaitu 3.00 GHz. Teknologi yang digunakan pun sama yaitu 45 nm (nano meter). 

Akan tetapi kamu juga bisa lihat pada gambar yang saya beri tanda kotak biru, tanda tersebut menunjukan perbedaan cache dan kecepatan Bus. 

Apakah perbedaan itu berpengaruh? 
Tentu saja berpengaruh pada kinerja dari processor tersebut, semakin besar nilai Cache dan BUS, semakin bagus pula ability dan performance dari processor tersebut. 

Lalu apakah Core 2 Duo dan Dual core tidak usah dipilih saat akan merakit komputer? 

Tentu saja bisa dipilih, hanya saja kamu perlu tentukan peruntukan dari komputer yang akan kamu rakit. Jika hanya sekedar digunakan untuk pembuatan dokumen seperti microsoft word, microsoft exel, power poin dan office lainnya, maka processor Core 2 Duo dan Dual Core bisa kamu pilih. 

Akan tetapi jika untuk bermain game, saya lebih merekomendasikan kamu untuk memilih processor Core 2 Quad dan Xeon karena memiliki empat core dan empat thread.

Dengan sokongan dari empat inti CPU, maka game yang akan kamu mainkan terasa jauh lebih ringan ketimbang dengan dua inti saja. 

Apakah Core 2 Duo E8400 tidak bisa digunakan untuk bermain game? 

Kata siapa, tentu saja bisa digunakan untuk bermain game, hanya saja tentunya game yang dimainkan akan terasa kurang playable karena kemungkinan FPS yang didapatakan kecil. 

Bagaimana kalau saya pasang dengan VGA bagus seperti GTX 1050? 

Game yang djalankan akan berjalan normal, hanya saja akan terjadi bottle neck atau kinerja dari VGA tersebut tidak akan keluar 100% akibat processor yang tidak seimbang dengan VGA nya. 

Oleh karena itu jika kamu ingin merakit PC yang siap digunakan untuk beramain games, mengedit foto atau video, dan digunakan untuk membuat dokumen, maka saya menyarankan untuk menggunakan processor Core 2 Quad atau Xeon. 

Bagusan mana antara Core 2 Quad dan Xeon di socket 775? 

Sebenarnya seri Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad dan Xeon sangat banyak dan kamu memiliki opsi untuk memilih processor yang pas spesifikasi PC yang akan kamu rakit.

Akan tetapi kali ini saya hanya akan membuat perbandingan dari Core 2 Quad Q9650, Xeon E5450 dan Xeon X5460. 

Kalau pertanyannya bagusan mana antara Core 2 Quad dan Xeon, maka saya bisa bilang kedua processor ini bagus untuk digunakan dalam bermain game. Saya sendiri pernah menggunakan Core 2 Quad Q8400 yang memiliki kecepatan 2.6 GHz, dan lancar - lancar saja saat digunakan untuk bermain game seperti GTA V, Motogp 17, PES 2019, PUBG Mobile, PUBG Lite, dan banyak game lainnya. 

Akan tetapi karena saya ingin meningkatkan performa dari PC saya, maka saya putuskan untuk melakukan upgrade processor dari Core 2 Quad Q8400 ke Xeon X5460. Dan hasilnya tentu memuaskan, pada saat saya menggunakan Core 2 Quad Q8400, saya hanya bisa main di settingan low saat bermain game Motogp 17. 

 Jika dipaksa ke settingan medium dan High game tetap berjalan normal, namun terkadang saya merasakan Drop FPS yang bikin kesal karena tiba - tiba game menjadi lag dan sangat tidak playable. 

Setelah saya melakukan upgrade ke Xeon X5460 akhirnya baru bisa merasakan sensasi bermain game Motogp 17 di settingan high. 

Berarti lebih bagus Processor Xeon Dibandingkan Dengan Core 2 Quad? 

Jangan menyimpulkan terlebih dahulu ya, Coba lihat gambar dibawah ini!

mending quad core atau xeon
www.maxikhsan.my.id : Bagusan Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core atau Xeon? 

Jika kamu melihat secara detail gambar diatas, maka kamu bisa tau beberapa kesamaan dan perbedaan dari ketiga processor tersebut.

Secara garis besar, ketiga processor tersebut memiliki performa yang hampir sama. Perbedaanya sangatlah tipis, namun tentu bagi pecinta PC, perbedaan sedikit itulah yang dikejar - kejar.

Jika melihat dari Base Clock, maka Xeon X5460 sedikit lebih menang karena memiliki Base Clock sebesar 3.16 GHz dibandingkan dengan Core 2 Quad Q9650 dan Xeon E5450 yang memiliki Base Clock di angka 3.00 Ghz.

Akan tetapi Xeon X5460 memiliki TDP sebesar 120 W (watt) yang mana akan membuat PC kamu boros listrik dan lebih panas dari processor biasa.

Maka dari itu sebelum kamu memilih processor satu ini, kamu perlu siapkan sebuah air cooler yang sudah memiliki heat pipe. Saya sangat tidak merekomendasikan kamu menggunakan cooler bawaan atau stock cooler processor karena panas dari processor Xeon X5460 saat full load bisa menyentuh angka 80 derajat celcius. 

Apabila kamu merasa Xeon X5460 kurang pas karena panas dan boros listrik, maka kamu bisa memilih antara Core 2 Quad Q9650 atau Xeon E5450.

Kedua Processor ini memiliki kesamaan yaitu memiliki Base Clock sebesar 3.00 GHz, kecepatan Bus 1333 dan Cache 12 MB. Perbedaan pada processor ini hanya ada pada besaran TDP dan segmen vertikal saja.

Kesimpulan

Jika kamu masih penasaran bagusan mana antara core 2 quad, core 2 duo, dual core atau xeon, maka jawabanya adalah kesemuanya juga bagus.

Semua processor tadi merupakan processor yang tangguh pada masanya. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa setiap[ processor memiliki kemampuan dan batas masing - masing.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk menentukan processor apa yang pas untuk kamu jadikan sebagai bahan rakitan. Terutama tentukan terlebih dahulu peruntukan PC yang akan kamu rakit agar tidak salah memilih processor.

Core 2 Quad, Core 2 Duo dan Dual Core memiliki segmen vertikal (peruntukan) untuk desktop. Sedangkan Processor Xeon diperuntukan untuk Server.

Xeon dengan socket LGA 771 bisa digunakan di socket LGA 775 dengan cara di Mod atau menggunakan stiker khusus. Setelah itu microcode pada processor Xeon harus di Mod agar bisa digunakan di motherboard dengan socket LGA 775.

Apabila kamu merasa jika menggunakan processor xeon X5460 akan menyebabkan panas dan boros listrik, maka kamu bisa memilih Xeon E5450 yang hanya memilii TDP 80 W.

TDP tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Xeon X5460 dan Core 2 Quad Q9650. Akan tetapi jika kamu ingin mencoba performa dari Xeon X5460, maka silahkan saja coba, karena saya pun menggunakanya untuk membuat artikel, mengedit vidio, dan bermain game - game kesayangan.

Untuk kamu yang sedang belajar merakit PC maka sebaiknya coba terlebih dahulu dengan dual core yang harganya sangat murah. Jika kamu ingin merakit PC untuk mengerjakan pekerjaan kantor seperti pembuatan dokumen dan bermain game ringan, maka Core 2 Duo sudah bisa menjadi pilihan.

Apabila kamu ingin merakit PC untuk pembuatan dokumen, editing dan gaming, maka ketiga processor tersebut yaitu Xeon X5460, Xeon E5450 dan Core 2 Quad Q9650 bisa kamu pilih.

Dari ketiga processor tersebut saya paling merekomendasikan Xeon E5450 untuk gunakan. Selain memiliki 4 core dan 4 thread, Base Clock CPU ini sudah 3.00 GHz, ditambah lagi TDP nya hanya 80 watt saja.

Dengan Xeon E5450 maka kamu akan memiliki CPU dengan performa tinggi, tidak mudah panas dan yang paling penting tidak boros listrik.

Untuk perbandingan hargapun Xeon E5450 jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Xeon X5460, apalagi kalau dibandingkan dengan Core 2 Quad Q9650.

Harga dari Xeon E5450 di online shop hanya Rp.225.000, sedangkan Xeon X5460 Rp.350.00 bahkan ada yang menjual dengan harga Rp.570.000. Sedangkan untuk harga dari Core 2 Quad Q9650 ada dikisaran Rp.700.000 sampai satu jutaan.

Oleh karena itu Xeon E5450 bisa menjadi pilihan paling logis untuk kamu yang sedang belajar komputer dan ingin merakit komputer sendiri dengan komponen high namun harga sangat ramah di kantong.

Disclaimer!

Jika kamu memiliki budget berlebih sebaiknya beli saja processor terbaru yang sudah memiliki teknologi lebih baik, performa lebih ajip dan tentu tidak boros listrik. 

Namun bagi kamu yang kere hore kayak saya, maka processor Core 2 Quad, Core 2 Duo, Dual Core dan Xeon bisa menjadi pilihan.

Jika kamu suka dengan artikel ini maka silahkan share sebanyak mungkin ke sosial media kamu agar saya makin semangat dalam membuat artikel - artikel tentang seputar dunia komputer.

Jika berkenan membantu saya untuk mengembangkan channel youtube saya maka silahkan SUBSCRIBE channel saya disini. Setiap SUBS dari kamu sangat berarti untuk saya.

Trims
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar