Tips Terbaik Upgrade Komputer Lawas Agar Performanya Makin Cepat - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Terbaik Upgrade Komputer Lawas Agar Performanya Makin Cepat

tips upgrade komputer lawas
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer

Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki komputer dengan performa diatas rata - rata adalah sebuah impian bagi semua orang, khususnya bagi pecinta komputer. Dengan memiliki komputer yang bisa bekerja cepat dan stabil, maka pekerjaan yang dibuat dengan komputer akan terasa lebih ringan dan tentu akan memangkas waktu pengerjaan menjadi semakin singkat.

Akan tetapi untuk memiliki komputer yang cepat dan memiliki performa yang stabil, kamu tentu harus merogoh kocek yang tentunya akan menguras dompet. Hardware terkini yang memiliki performa diatas rata - rata  memiliki harga yang setara dengan performanya. 

Akan tetapi untuk kaum kere hore seperti kamu dan saya, maka opsi upgrade bisa menjadi hal masuk akal ditengah melonjaknya harga - harga hardware yang semakin hari semakin tidak masuk akal. Oleh karena itu kamu wajib baca tips upgrade komputer lawas agar memiliki performa yang gak bikin malas.

Tips Terbaik Upgrade Komputer Lawas

Jika kamu memiliki komputer lawas dengan spesifikasi socket LGA 775 seperti punya saya, maka ada beberpa tips untuk membuat komputer kamu bisa berjalan lebih cepat, dan lebih stabil. Hardware pertama yang harus kamu upgrade adalah :

1. Upgrade Hardisk dengan SSD 

tips upgrade komputer
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan mengupgrade komputer atau laptop adalah mengganti hardisk dengan SSD terlebih dahulu. SSD (solid state drive) memiliki kecepatan 10 kali lipat dibandingan dengan hardisk. Tentunya dengan mengganti hardisk dengan SSD akan membuat komputer atau laptop kamu menjadi 10 kali lebih cepat.

Umumnya kecepatan baca dan tulis hardisk berkisar 150MB/s, sedangkan SSD SATA memiliki kecepatan baca sekitar 500MB/s. Secara statistik sangat jelas bahwa SSD lebih cepat berlipat - lipat dibandingkan dengan hardisk, oleh karena itu saya sengaja menaruhnya pada urutan pertama agar hardware yang pertama kamu ganti saat melakukan upgrade adalah hardisk.

Harga SSD terbilang cukup murah, namun tergantung dari merek dan spesifikasi dari SSD tersebut. Semakin cepat kecepatan baca dan tulis dari sebuah SSD, maka harganya akan lebih mahal. Sedangkan jika kamu membeli SSD dengan kecepatan standar, maka kamu bisa mendapatkanya di harga Rp.250.000 sampai dengan Rp.350.000-an untuk SSD dengan kapasitas 120GB.

2. Upgrade Kapasitas RAM

cara upgrade komputer lawas
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer

Kapasitas RAM juga memiliki pengaruh cukup besar terhadap kecepatan dan performa sebuah komputer. Oleh karena itu kamu wajib melakukan upgrade pada RAM jika dirasa kapasitasnya masih kurang. Contoh nya jika kapasitas maksimal pada motherboard komputer atau laptop kamu adalah 8GB, sedangkan RAM yang kamu gunakan hanya 4GB, tentunya kamu memilik opsi untuk upgrade kapasitas RAM ke 6GB (2GB+4GB), dan atau 8GB (4GB+4GB). 

RAM 4GB DDR3 harganya berkisar Rp.175.000-an, tentunya harga itu sudah sangat pas untuk kantong kere hore seperti admin. Saya sangat menyarankan kamu untuk memaksimalkan kapasitas RAM agar aplikasi dan game yang kamu buka akan berjalan lebih lancar. Apalagi dengan bantuan kecepatan read & write dari SSD yang belipat ganda, maka dijamin aplikasi atau game yang kamu mainkan tidak akan ada lag.

3. Upgarde Processor ke Seri Lebih Tinggi

upgrade komputer jadul
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer
Processor adalah otak dari komputer, oleh karena itu jika kamu ingin memiliki komputer yang cepat dan stabil, maka kamu wajib upgrade proccesor ke seri yang lebih tinggi. Contohnya seperti processor Core 2 Duo E8400, processor ini memiliki kecepatan yang tinggi yaitu 3.00 GHz, akan tetapi processor tersebut hanya memiliki 2 core dan 2 thread, sehingga kinerjanya jauh lebih lemot jika dibandingakan dengan processor quad core.

Jika spesifikasi komputer kamu masih lawas dengan socket 775, maka saya anjurkan kamu untuk melakukan upgrade processor dual core ke quad core. Salah satu processor yang telah saya coba dalam melakukan upgrade adalah Xeon X5460. Dengan processor ini saya sangat merasakan perbedaan kecepatan dari yang tadinya menggunakan Core 2 Quad Q8400.

Dulu sebelum upgrade, saya hanya bisa mendapatkan  45 FPS sampai dengan 50 FPS saat bermain game MotoGP 2017. Sedangkan saat menggunakan Xeon X5460 yang ditandem dengan GTX 560 Ti, saya bisa mendapatkan 45 FPS sampai dengan 50 FPS pada game MotoGP 20. Namun saya tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan processor ini karena TDP nya cukup besar yaitu 120 watt, dengan TDP sebesar itu maka sudah dipastikan processor akan lebih panas dan agak boros listrik.

Saran terbaik jika kamu ingin melakukan upgrade pada CPU dengan socket 775 adalah cari processor yang memiliki 4 core dan 4 thread serta memiliki clock speed minimal 3.00GHz, selain itu kamu juga pastikan bahwa processor tersebut memiliki TDP yang rendah sehingga tidak membuat komputer cepat panas dan hemat listrik tentunya.

Sebagai bahan referensi, saya anjurkan kamu untuk mengunakan Xeon E5450 yang sudah memiliki 4 core dan 4 thread, kecepatan processor ini adalah 3.00 GHz dan memiliki TDP hanya 80 watt saja. Untuk harga processor ini relatif murah, berkisar antara Rp.200.000-an sampai Rp.300.000-an, selain itu processor Xeon E5450 jauh lebih mudah didapatkan dipasaran dibandingkan dengan Xeon X5460 dan Core 2 Quad Q9650.

4. Upgrade VGA ke Seri Lebih Tinggi

cara upgrade komputer
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer

Sebagian orang mungkin berfikir bahwa VGA itu hanya untuk diperuntukan bagi gamer dan editor. Akan tetapi jika kamu mendambakan memiliki komputer dengan kecepatan maksmal serta performa yang stabil, maka VGA wajib kamu gunakan di komputer.

Untuk gamer dan konten kreator sih sudah jelas wajib banget untuk melakukan upgrade pada VGA demi komputer bisa menjalankan game - game terbaru. Nah jika komputer kamu masih berspesifikasi LGA 775, maka VGA yang saya sarankan adalah GTX 750 Ti atau RX 550.

Kedua VGA tersebut memiliki performa yang bagus dan akan sangat pas jika dijadikan tandem bagi processor Xeon E5450. Selain itu kedua VGA tersebut juga terbilang awet listrik karena memiliki TDP yang rendah.

5. Overclock Processor, RAM dan VGA

cara upgrade komputer jadul
wwww.maxikhsan.my.id : Tips Upgrade Komputer

Setelah kamu melakukan upgarde hardisk dengan SSD, lalu menambah kapasitas RAM, mengganti processor dan mengganti VGA ke seri yang lebih tinggi, saatnya kamu untuk menambah kecepatan komputer dengan cara mengoverclock hardware yang memiliki kemapuan overclock.

Sebagai contoh, komputer admin masih menggunakan spesifikasi LGA 775. Motherborad yang digunakan adalah Asrock G41M-VS3, processor nya Xeon X5460 dengan kapasitas RAM 8GB DDR3 dan ditandem dengan GTX 560 Ti. Agar membuat komputer makin cepat maka admin overclock saja processornya ke 3.4 GHz dari base clock awalnya yaitu 3.1 Ghz , selain itu RAM juga di overclock ke 1152 MHz dari speed awalnya yaitu 1066 Mhz.

Untuk VGA sendiri admin belum tahu apakah bisa di overclock atau tidak, namun admin pernah melakukan overclock pada VGA Radeon HD 6670 dengan menggunakan driver AMD nya yaitu Ati Radeon Catalyst. Dengan settingan overclock yang baik maka kamu akan mendapatkan komputer yang lebih cepat dan lebih stabil meski digunakan untuk editing dan bermain game berjam - jam.


Kesimpulan

Saat akan melakukan upgrade pada komputer maka hal pertama yang harus kamu ganti adalah hardisk dengan SSD. Alasanya adalah SSD memiliki kecepatan baca dan tulis 10 kali lipat dari hardisk, tentunya dengan kecepatan tersebut kamu akan mendapatkan hasil upgrade yang signifikan.

Setelah itu kamu maksimalkan kapasitas RAM karena kapasitas dan kecepatan RAM memiliki peran penting dalam menentukan kecepatan sebuah sistem komputer. Next kamu upgrade processor ke seri yang lebih tinggi dan usahakan memilih processor yang sudah memiliki 4 core dan 4 thread, dan yang paling penting kamu cari processor yang memiliki kecepatan 3.00 Ghz serta TDP lebih rendah.

Jika kamu seorang gamers atau konten kreator, maka kamu juga wajib melakukan upgrade pada VGA, jika kamu hanya mengandalkan VGA onboard dari processor atau motherboard, maka kamu seolah menyuruh mereka untuk bekerja 2 kali lipat, tentunya hal itu membuat sistem menjadi lebih lemot karena satu hardware harus mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.

Sekian artikel tips upgrade komputer lawas agar memiliki performa lebih cepat. Jika kamu suka dengan artikel ini maka berikan apresiasi pada admin dengan cara SUBSCRIBE Channel saya disini : Max Ikhsan

Terimakasih, yang sudah SUBSCRIBE saya doakan agar mendapat rezeki yang lebih banyak dan berkah, Aamin.
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar