28 Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi Orang - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

28 Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi Orang

blog banyak pengunjung
Cara agar blog banyak dikunjungi

Pada zaman serba digital seperti saat ini sebenarnya peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui internet cukup mudah. Jika kamu memiliki kemampuan blogging yang mahir, maka keinginan untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari blog bukan lagi sebuah hal yang mustahil.

Salah satu syarat agar blog bisa memberikan penghasilan yaitu harus memiliki banyak pengunjung. Jika syarat ini sudah terpenuhi nantinya kamu bisa berjualan, menerima endorse, memasang iklan, dan mengikuti program afiliasi.

Namun perlu diketahui bahwa saat ini persaingan website dan blog terbilang cukup ketat. Selain jumlah blogger semakin banyak, saat ini sebagian besar pengguna internet cendrung mencari informasi berbasis visual atau berbentuk video.

Oleh karena itu blog tidak boleh hanya bermodalkan konten yang bagus saja. Seorang blogger harus belajar SEO (Search Engine Optimization) agar bisa membuat blognya berada dihalaman pertama mesin pencarian google, yang tujuannya adalah agar lebih mudah diakses oleh orang yang mencari informasi.

Jadi perlu dicatat bahwa seorang blogger memang wajib bisa membuat konten yang bagus, unik dan original. Namun jika tidak dibarengi dengan keahlian SEO, jangan harap konten tersebut bisa mendatangakan ribuan pengunjung, apalagi jutaan pengunjung per hari.

Lalu, bagamana cara membuat blog banyak dikunjungi orang?


Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

1. Jangan Pilih Blog Gratisan?

Apabila kamu serius ingin berkecimpung di dunia blogging, dan ingin memiliki pendapatan yang besar dari blog, maka pilihlah laman blog berbayar seperti Wordpress.org.

Untuk mengetahui apa perbedaan blog gratisan dan berbayar, silahkan baca artikel perbedaan Blogger.com, Wordpress.com dan Wordpress.org.

Mengapa admin masih menggunakan Blogger.com?

Saat ini saya masih belajar membuat artikel berkualitas dengan berbagai rumusnya. Selain itu saya juga sedang belajar SEO blogger, yang tujuannya adalah bagamana caranya membuat artikel blogger bisa masuk ke halaman pertama, meski artikel tersebut baru di publish (fresh).

Menurut saya, urusan memilih CMS ini dikembalikan kepada Anda. Karena menurut saya pribadi blogger juga masih bisa diandalkan apabila kita sudah memahaminya.

Namun dari beberapa artikel tentang "cara agar blog banyak pengunjung" yang saya baca di blog lain, kebanyakan mereka merekomendasikan wordpress, karena CMS tersebut menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan blogger.

Jadi untuk urusan ini saya serahkan kembali kepada Anda.

Baca: Alasan Blogger Pemula Harus Memilih Blogger.com

 

2. Gunakan Domain dan Hosting Berbayar

Memiliki blog dengan domain dan hosting berbayar tentunya akan membuat blog kamu semakin terlihat profesional dan terpercaya. Akan tetapi untuk mendapatkan domain dan hosting tersebut tentu tidak gratis.

Harga domain dan hosting basic untuk blog tipe personal adalah 4 dollar AS atau Rp 58.000 per bulan. Jumlah tersebut harus dibayar secara akumulatif setiap tahunnya.

Tapi menurut saya domain dan hosting juga sifatnya opsional. Karena banyak juga blogger yang menggunakan domain gratisan seperti blogspot.com, namun blog mereka memiliki banyak pengunjung.

Namun jika dilihat dari segi keprofesionalitasan, blog dengan domain gratisan cendrung kurang ,endapat trust dari pembaca. Oleh karena itu sebaiknya gunakan ekstensi top level domain seperti .com, .id, .net, dan lain-lain.

Bahkan saat ini Anda bisa mendapatkan domain .my.id dengan harga murah, yaitu sekitar 12 ribuan saja. Tapi meski harga domain ini murah, namun untuk urusan bersaing di halaman pertama pencarian, domain ini tidak kalah dari ekstensi top level domain pada umumnya.

Baca: Kelebihan Domain .my.id 


3. Terus Buat Konten Berguna dan Berkualitas

max ikhsan
Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi

Konten adalah hal penting dalam sebuah website atau blog. Memiliki konten yang berguna dan berkualitas tentu bisa menarik banyak pengunjung untuk membaca artikel di dalam blog.

Apabila pengunjung merasa suka dengan konten yang dibaca, maka hal itu akan berdampak positif bagi perkembangan blog. Bukan tidak mungkin pembaca akan berlangganan karena merasa puas dengan konten yang ada di blog kita.

Kemungkinan positif lainnya adalah bisa saja pembaca membagikan konten di blog kita ke sosial media atau membagikan URL-nya secara direct message.

Setiap share tersebut akan menjadi backlink yang bisa memberikan dampak positif bagi blog. Hal yang mungkin paling akan dirasakan secara langsung adalah jumlah pengunjung blog menjadi meningkat karena datang dari URL yang disahre oleh pembaca.


4. Beri Nama dan Caption Pada Gambar

Gambar yang diunggah dalam artikel blog berfungsi untuk mengilustrastikan tentang isi dari konten yang dibahas. Oleh karena itu perlu diketahui bahwa pemberian judul dan caption pada gambar sangat penting.

Selain memiliki fungsi sebagai obejek visual untuk mengilustrasi tema pembahasan konten, gambar juga berfungsi memberikan informasi pada google dalam menyeleksi informasi.

Perhatikan secara baik-baik pada gambar search engine google di bawah ini. tepat dibagian bawah kolom pencarian, terdapat menu Semua, Gambar, Berita, Video, Maps dan Lainnya. 

cara agar blog banyak pengunjung
Cara agar blog banyak pengunjung

Saat gambar yang diupload ke dalam artikel diberikan judul dan caption, maka kemungkinan besar gambar tersebut akan muncul dihalaman atas pada menu pencarian meski dalam mode Semua atau Gambar.


5. Pilih Judul dan Keyword yang Ramah SEO

Judul dan keyword menjadi hal terpenting dalam sebuah artikel yang dipublikasi di dalam situs. Dengan memilih judul dan keyword yang tepat, maka mesin pencari google akan lebih mudah mengenali blog kamu.

Untuk melakukan riset agar bisa menentukan target keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan cara paling mudah yaitu dengan langsung mengetik keyword yang ingin digunakan di mesin pencarian google.

Lihat contoh gambar dibawah ini :

cara agar blog banyak pengunjung
Contoh riset kata kunci

Perhatikan baik-baik gambar tersebut. Kata kunci yang dicari disana adalah "cara mendapatkan uang dari internet". Lihatlah secara seksama berapa jumlah kata kunci yang direkomendasikan mesin pencari ketika kata kunci "mendapatkan uang dari intenternet" ditulis.

Pelajari satu persatu secara seksama variasi kata kunci yang direkomendasikan tersebut. Selain itu kamu bisa meniru dan membuat judul dengan kata kunci yang lebih kaya dan lebih tertarget.


6. Buat URL Lebih Pendek

URL adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat artikel. Jika kamu bertujuan ingin mendatangkan banyak pengunjung yang membaca artikel di blog. Maka membuat URL yang sependek mungkin adalah pilihan yang tepat.

URL bersifat permanen dan tidak bisa diubah. Maka perhatikan baik-baik sebelum mempublikasi artikel yang baru dibuat.

Apakah URL harus super pendek?

Tentu tidak, hanya saja utamakan kata kunci yang menjadi target agar membuat mesin pencari google lebih mudah menemukan blog Anda.

Cara ampuh agar blog banyak pengunjung diatas, merupakan sedikti metode yang bisa dilakukan agar blog memiliki pengunjung yang banyak. Namun saya yakin bahwa 6 cara tersebut belum bisa menghilangkan rasa haus akan informasi tentang cara membuat blog agar memiliki banyak pengunjung.

Oleh karena itu, saya akan melanjutkan pembahasan artikel ini secara lebih terperinci dan mendalam.


7. Submit ke Mesin Pencari

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar blog mu memiliki banyak pengunjung adalah melakukan submit ke mesin pencari google atau Google Search Console).

Hal ini wajib dilakukan agar blog yang sudah kamu buat dan isi dengan artikel bisa ditemukan oleh mesin pencari google. Logikanya kan ngapain capek-capek bikin blog sebagus mungkin dan artikel sepanjang mungkin, tapi pas dicari di google tidak nongol.

Nah oleh karena itu kamu wajib mendaftarkan blog mu ke Google Search Console. 


8. Buat Artikel Berkualitas

Artikel adalah konten utama dalam blog. Tujuan pengunjung masuk ke blog adalah untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, oleh karena itu setiap blog wajib memiliki artikel yang berkualitas.

Apa sih artikel berkualitas itu?

Apa bikinnya susah?

Artikel berkualitas adalah tulisan yang memiliki nilai positif di mata pembaca. Nilai positif itu bisa datang dari rasa puas sang pembaca karena menurutnya artikel tersebut bisa memberikan informasi yang tepat.

Selain itu artikel berkualitas juga adalah artikel yang memiliki pembahasan secara lengkap. Mulai dari awal tema pembahasan, penyebab masalah tema pembahasan dan solusi tema pembahasan.

Untuk membuat artikel berkualitas sebenarnya tidak begitu sulit. Namun tentu tidak bisa dianggap mudah juga. Silahkan baca tips membuat artikel berkualitas agar kamu lebih paham cara membuat artikel berkualitas.


9. Design Blog Harus Menarik

Membuat konten original dan berkualitas saja tidak cukup. Jika blog mu ingin memiliki banyak pengunjung maka design blog juga harus menarik. Saat ini sudah banyak website penyedia layanan jual beli template. Oleh karena itu kamu bisa membeli template yang sesuai dengan blog mu dengan harga yang bervariatif.

Semakin bagus sebuah template, maka harganya juga bisa semakin mahal. Namun jika kamu tidak memiliki budget yang cukup, maka kamu cukup membeli template murah yang memiliki tampilan bagus di versi desktop dan juga versi mobile.


10. Blog Harus Fast Loading

Salah satu faktor yang mempengaruhi banyaknya jumlah pengunjung blog adalah kecepatan loading dari blog itu sendiri. Menurut penelitian terbaru, kebanyakan pengguna internet lebih memilih website atau blog yang memiliki kecepatan loading super cepat.

Untuk membuat blog memiliki kecepatan yang super, maka ada beberapa hal yang perlu diaplikasikan. Pertama pilih dan gunakan template yang memiliki design bagus, SEO friendly, mobile friendly, responsif dan fast loading.

Kedua, hindari penggunaan javascript dan CSS yang berlebihan. Dan ketiga adalah optimasi gambar dengan menggunakan lazyload untuk menunda pemuatan gambar. 


11. Manfaatkan Related Post

Salah satu yang termasuk dalam metode SEO onpage adalah dengan memasang related post. Fungsi dari related post adalah untuk membuat pengunjung lebih mudah membaca artikel lain di blog kita.

Related post biasanya terdapat pada tabel atau tempat khusus yang disimpan dibagian bawah setelah artikel. Pada template blogger atau wordpress biasanya sudah teroptimasi secara otomatis, jadi kamu tidak perlu menyetingnya secara manual.


12. Share Artikel di Sosmed

Mendatangkan banyak pengunjung bisa dengan cara apapun asalkan tidak melanggar kebijakan google. Cara yang paling mudah untuk mendatangkan banyak pengunjung blog adalah dengan cara membagikan artikel ke sosial media.

Jika kamu memiliki akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram, youtube, tiktok dan yang lainnya, maka kesempatan untuk mendatangkan pengunjung akan lebih besar.


13. Submit ke Sosial Bookmark

Cara gratis untuk meningkatkan peringkat blog dimesin pencari google adalah dengan cara sumbit blog ke sosial bookmark. Ada banyak sosial bookmark yang bisa kamu cari dan manfaatkan untuk meningkatkan ranking di mesin pencari.

Semakin banyak artikel blog mu yang bertengger di halaman pertama mesin pencari google, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke blog mu.


14. Submit ke Forum

Forum kaskus, forum detik dan kompasiana bisa kamu manfaatkan agar blog mu memiliki banyak pengunjung. Disana kamu bisa memperkenalkan blog mu agar makin dikenal banyak orang dan bisa meraih trafik yang tinggi.

Berusahalah membuat threat yang bermanfaat bagi pengguna forum tersebut dan jangan melakukan spam. Intinya ikuti kebijakan dan bermain aman saja.


15. BlogWalking

Blogwalking adalah salah satu metode blogger untuk mempromosikan blognya secara gratis. Umumnya blogwalking dilakukan dengan cara berkomentar di blog lain.

Saat kamu melakukan blogwalking, maka perhatikan tema artikel yang akan kamu komentari. Isi komentar jug harus relevan dengan topik pembahasan artikel. 

Jangan melakukan spam komentar karena belum tentu semua komentar tersebut akan disetujui oleh adminnya. Hindari juga menaruh link karena bisa saja blog mu dilaporkan yang malah berimbas jelek ke blog mu.


16. Guest Blog

menjadi guest blog atau blogger tamu adalah salah satu cara yang bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog mu. Carilah blog yang sesuai dengan niche blog mu dan menulislah disana.

Jika ada pembaca yang menulis tulisan kamu, bukan tidak mungkin mereka akan mengunjung blog kamu. Artikel tersebut pula akan menjadi backlink selamanya dan gratis.


17. Cari Backlink Berkualitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini backlink masih memiliki peran penting yang membuat blog bisa bertengger dihalaman pertama mesin pencari google. Untuk mendapatkan backlink berkualitas maka kamu bisa mencarinya secara gratis dan bisa juga membeli.

Jika kamu memiliki cukup budget, maka membeli backlink bisa menjadi opsi terbaik karena kamu tidak perlu ribet harus submit ke sosial bookmark, submit ke forum dan menjadi blogger tamu.

Apabila kamu ingin belajar mencari backlink berkualitas yang gratis, maka kamu bisa submit blog ke sosial book mark, ke forum-formu dan menjadi blogger tamu di blog lain.


18. Sematkan Video

Jika kamu bisa memberikan informasi berbasis visual seperti video, maka kamu bisa menyematkan video kedalam artikel di dalam blog. Selain membuat artikel menjadi lebih lengkap karena memiliki informasi yang bisa dibaca atau hanya dilihat dan didengar (video), kamu juga bisa mendapatkan backlink gratis dari video tersebut jika diupload di youtube.

Bagaimana, sudah puas dengan informasi tentang cara agar blog banyak pengunjungnya?

Belum?

Oke, kalau begitu kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu cara agar blog banyak dikunjungi meski jarang update artikel.

Apabila kamu mirip dengan saya yang hanya mengelola blog setelah perkejaan utama selesai, maka otomatis kamu tidak bisa update artikel setiap hari. Oleh karena itu ada tips cara agar blog tetap ramai pengunjung meski sangat jarang update.

Membuat blog ramai pengunjung tidaklah mudah, apa lagi jika sangat jarang update artikel. Saya sendiri merekomendasikan kamu untuk rajin update artikel karena semakin banyak konten pada blog, semakin besar pula kemungkinan blog banyak dikunjungi.

Nah jika kamu hanya bisa update artikel hanya 1 kali dalam satu minggu atau sebulan, maka coba lakukan tips dibawah ini agar blog mu tetap ramai meski jarang update artikel.


19. Promosikan Blog

Salah satu cara yang harus kamu coba untuk membuat blog tetap ramai meski sangat jarang update artikel adalah melakukan promosi. Ada dua jenis promosi yang bisa kamu lakukan, yaitu promosi berbayar dan promosi gratis.

Namun rasanya akan kurang pas jika kita memilih promosi berbayar ketika kita sendiri jarang melakukan update artikel. Oleh karena itu lakukan saja promosi secara gratis.

Promosi secara gratis bisa dilakukan dengan cara membagikan artikel ke sosial media, sosial bookmark dan forum-forum yang memiliki tema pembahasan yang relevan dengan artikel yang kamu tulis.


20. Buat Konten Abadi

Konten abadi sering juga disebut sebagai konten evergreen. Konten jenis ini adalah konten yang hanya ditulis satu kali, namun tetap bisa mendatangkan banyak pengunjung. Konten abadi akan lebih cocok bagi blogger yang tidak cukup memiliki waktu untuk melakukan update secara berkala. 

Untuk membuat konten abadi sebenarnya tidak mudah. Kamu perlu melakukan research agar bisa menentukan apa tema yang akan kamu jadikan sebagai konten abadi.

Namun jangan berkecil hati, karena membuat konten abadi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu inti utama dari artikel abadi adalah selalu dan akan terus dicari banyak orang.

Sebagai contoh, dalam blog saya ini terdapat konten abadi yang saya rasa akan terus dicari banyak orang meski sampai 20 tahun mendatang. Konten tersebut adalah artikel pribahasa dalam bahasa sunda.

Selain itu dalam blog ini juga terdapat konten abadi yaitu artikel design kartu pelajar yang templatenya bisa didownload secara gratis. Oleh karena itu sebenarnya trafik blog saya ini sebagian besar datang dari artikel-artikel abadi tersebut.


21. Manfaatkan Link Linier

Ketika kamu membuat artikel, maka ingatlah untuk selalu menerapkan link linier didalam postingan. Link linier sendiri adalah link yang dipasang pada postingan dan merujuk pada artikel lain yang masih memiliki tema pembahasan yang relevan.

Jika kamu adalah pengguna blogger, maka kamu pasti sering menemukan widegt Baca juga di tengah artikel. Tapi untuk mengaplikasikannya sebenarnya tidak terpaku pada widget baca juga. Kamu bisa menerapkan link secara langsung pada setiap tulisan.


22. Buat Artikel Selengkap Mungkin

Untuk blogger pemula biasanya akan menemukan kesulitan ketika dihadapakan dengan tantangan harus menulis artikel secara lengkap. Namun sebenarnya menulis artikel secara lengkap bisa dilakukan dengan cukup mudah dengan menggunakan metode tertentu.

Metode yang paling mudah untuk membuat artikel yang lengkap adalah dengan cara membuat kerangka tulisan terlebih dahulu. Kerangka tersebut terdiri dari pembuka, isi, dan kesimpulan atau penutup.

Untuk memperkaya isi artikel agar menjadi lebih lengkap, maka kamu bisa melakukan riset kata kunci dan lihat hasil penelusuran dihalaman pertama mesin pencari.

Buatlah judul yang lebih menarik dengan kata kunci yang sama dan target yang sama. Buat kesimpunal dari semua judul dan artikel yang ada di halaman pertama tersebut, lalu mulailah membuat artikel dengan gaya tulisan mu sendiri.

Lengkapi artikel tersebut dengan gambar sebagai alat ilustrasi dari bahasan yang disampaikan didalam postingan. Jika perlu, tambahkan juga video untuk membuat informasi menjadi lebih lengkap dan lebih kaya.


23. Buat Judul Postingan Yang Menarik

Hal pertama yang dilihat oleh calon pembaca adalah judul. Jika judul artikel tidak menarik, maka jangan harap mereka akan mengklik judul artikel kita.

Nah salah satu cara agar blog memiliki banyak pengunjung adalah dengan membuat judul postingan semenarik mungkin. Buatlah judul yang menggoda calon pembaca agar mereka bisa terpancing dan masuk ke artikel di blog kita.

Akan tetapi judul tersebut tidak boleh bersifat clickbait yang tidak relevan dengan topik pembahasan dalam artikel. Jika judul dan isi artikel tidak sama, maka jangan harap bisa mendatangkan pengunjung. Yang ada malah di report karena termasuk blog spam.


24. Perbarui Konten Lama

Konten yang sudah lama dan tidak mendatangkan pengunjung sama sekali bisa kamu update agar menjadi konten yang fresh. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan update konten lama adalah melakukan riset terlebih dahulu.

Cari tahu dimana letak kekurangan artikel tersebut lalu perkaya lagi. Jika kamu tidak memiliki cukup pengetahuan akan isi artikel tersebut, cobalah untuk mencari informasi lagi, ikuti dan modifikasi lalu masukan ke artikel yang akan diupdate tersebut.

Setelah kita membahas begitu panjang tentang berbagai cara agar blog bisa memiliki banyak pengunjung, seharusnya kamu sudah bisa mengaplikasikannya ke dalam blog kamu agar bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Akan tetapi jika semua cara diatas masih saja belum bisa mendongkrak jumlah pengunjung, maka pasti ada sesuatu yang salah. Jika hal itu terjadi maka kamu wajib memahami terlebih dahulu apa masalahnya.

25. Ketahui Keinginan Pengunjung Blog

Sebelum kamu membuat blog pastikan kamu sudah memikirkan topik dan konten apa yang akan di bahas dalam blog tersebut. Mungkin dalam satu hari, dua hari, atau bahkan satu atau dua bulan, kamu baru akan mendapatkan interaksi dengan pembaca di blog kamu.

Saat ada interaksi dengan pengunjung blog, maka disanalah saatnya kamu bertanya apa keinginan dari pengunjung blog kamu. Semakin sesuai konten yang kamu buat dengan permintaan pengunjung, maka semakin besar juga peluang blog kamu dikunjungi banyak orang.

26. Lakukan Eksperimen Pada Postingan

Ini sangat saya rekomendasikan bagi blogger pemula yang ingin blognya mendapatkan banyak pengunjung. Pertama sebelum membuat blog, pastikan kamu menguasai beberapa topik yang akan di bahas di blog kamu. Setelah itu, cobalah membuat postingan dengan beberapa topik berbeda yang tentu harus kamu kuasai.

Lakukan eksperimen ini secara bertahap sampai semua artikel berbeda topik tersebut benar-benar terindex di search engine, tujuannya adalah agar bisa ditemukan oleh pengguna internet.

Saat sudah ada jumlah view pada postingan yang kamu buat, maka kamu bisa melihat statistik dari setiap post. Nah cobalah pilih postingan mana yang paling banyak dibaca. Dan setelah itu kamu bisa melanjutkan membuat postingan dengan topik yang banyak dibaca tersebut.

27. Bangun Komunitas

Seorang blogger tentu harus bisa membangun sebuah komunitas, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung tetap berkumpul dan selalu update pada blog kita. Selain itu hal ini juga bagus untuk branding blog karena anggota komunitas yang sudah ada bisa mengajak anggota baru, atau mungkin bisa juga ada pengunjung yang ingin bergabung secara mandiri pada komunitas yang kita bangun.

Ada banyak cara membuat flatform komunitas, namun saat ini yang sangat saya sarankan adalah membuat grup WA. 

28. Fokus Membangun Keyword

Membangun keyword atau kata kunci adalah hal yang sangat penting agar blog bisa memiliki banyak pengunjung. Contoh, blog max ikhsan sendiri saat ini memiliki pengunjung harian kurang dari 500 per hari dengan berfokus pada kata kunci self branding yaitu Max Ikhsan.

Jadi sebaiknya kamu mulai fokus menentukan kata kunci untuk blog kamu agar semakin banyak dikunjungi orang.


Masalah Yang Membuat Blog Sepi Pengunjung

Tidak Memiliki Identitas Yang Jelas

Identitas blog sangat penting karena bisa menarget pengunjung yang lebih tepat. Dengan identitas yang jelas maka pengunjung akan lebih mengenal blog kamu itu isinya apa.

Contoh identitas blog yang tidak tepat adalah misalnya nama blog kamu adalah siteknoaja.com. Tapi konten yang ada dalam blog tersebut malah membahas gosip artis. Maka jelas pengunjung yang masuk pun ogah kembali lagi ke blog mu karena antara nama blog dan isi konten pada blog sungguh tidak relevan.

Jika kamu belum paham dalam satu topik maka tidak ada salahnya menjadi blogger gado-gado seperti saya. Namun identitas yang harus digunakan adalah nama sendiri atau dengan judul yang bisa menampung semua informasi seperti berita.


Blog Tidak Sehat

Kesehatan blog sangat penting harus diperhatikan. Jika blog kita sehat maka dengan sendirinya google akan merekomendasikan blog kita agar dibaca oleh pencari informasi.

Akan tetapi tidak semua blogger paham ciri-ciri blognya tidak sehat. Oleh karena itu saya akan jelaskan secara singkat ciri-ciri blog yang tidak sehat berikuti ini.

   Banyak Broken Link

  • Broken link adalah istilah untuk tautan yang mati dan tidak bisa diakses oleh mesin pencari google. Biasanya link yang mati tersebut disematkan baik pada artikel atau label/tag. Sebab terjadinya broken link bisa bermacam-macam, namun salah satu contoh penyebab broken link adalah URL dari link tersebut dihapus.
   Spam Score Tinggi
  • Spam score adalah algoritma yang dikembangkan oleh moz pada tahun 2015. Jika sebuah blog terindikasi memiliki jumlah spam score yang tinggi, maka otomatis blog tersebut akan memiliki reputasi yang jelek dimata google. Untuk mengetahui jumlah spam score pada blog, silahkan mendaftar di moz.com. Setelah itu pergi ke menu Free SEO Tool, lalu pilih link Exploler.
   Banyak Link Keluar
  • Link yang mengarah keluar dari blog bisa memberikan manfaat. Namun jika terlalu banyak memberikan link keluar, justru malah bisa memberikan dampak buruk bagi blog itu sendiri. Link keluar seolah menjadi pintu keluar bagi pengunjung blog. Hal itu akan berdampak buruk bagi blog karena bisa membuat ranking blog menurun dimesin pencari.
  Template Tidak Fast Loading
  • Algoritma google saat ini lebih mengutamakan blog yang memiliki kecepatan loading yang signifikan. Kamu bisa melihat kecepatan loading blog mud di google speed insight atau di GTmatrix. Jika score loading versi mobile blog mu kurang dari 70, maka segera lakukan optimasi template atau beli template yang fast loading.


Tidak Menerapkan SEO On-Page

Salah satu faktor penyebab blog sepi pengunjung adalah tidak melakukan optimasi SEO on-page. Sebenarnya untuk melakukan SEO on-page tahap dasar tidak begitu sulit. 

Salah satu contoh SEO on-page adalah isi dari deskripsi penelusuran harus memiliki keyword yang menjadi target. Atau contoh lainnya adalah optimasi gambar dengan menggunakan lazyload atau mengompres size dari gambar tersebut.

Sebenarnya masih banyak contoh SEO on-page. Namu tidak akan saya jelaskan secara terperinci didalam artikel ini.


Tidak Membagikan Artikel ke Sosial Media

Salah satu pintu masuk pengunjung yang cukup efektif adalah sosial media. Trafik dari sosial media bisa menambah jumlah pengunjung selain dari kunjungan organik mesin pencari.

Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu membagikan setiap artikel yang ada pada blog ke sosial media. Namun perlu diperhatikan bahwa jika kamu keseringan membagikan artikel ke sosial media seperti facebook, maka bisa saja kamu dianggap melakukan spam dan malah URL blog kamu diblokir oleh facebook.

Karenanya share artikel sedikit-sedikit untuk menghindari perilaku spam yang nantinya malah berdampak buruk pada blog kita. Selain itu perlu dicatat bahwa kunjungan dari beberapa sosial media juga dianggap buruk oleh google. Oleh karena itu utamakan mencari pengunjung secara organik.


Tidak Konsisten Update Artikel

Dalam artikel ini saya membahas cara agar blog banyak pengunjung meski jarang update artikel. Namun pada dasarnya jika memang kamu ingin meningkatkan jumlah pengunjung blog, maka konsisten menjadi kuncinya.

Meski blog yang jarang update memiliki banyak pengunjung, namun bukan berbarti itu akan menjadi jaminan bahwa blog tersebut akan tetap ramai. Pengunjung pasti akan merasa bosan dengan konten yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, salah satu faktor terpenting untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita adalah dengan terus konsisten memberikan konten yang menarik dan bermanfaat.


Download eBook: 


Kesimpulan

Semua blogger pasti memiliki mimpi blognya dikunjungi ratusan ribu bahkan jutaan orang per hari. Namun jika mimpi itu tidak dibarengi dengan kekonsistenan, maka jangan harap mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Dengan konsisten, kita akan menikmati proses. Dengan konsisten juga kita akan terus belajar dan tidak mudah merasa puas dengan ilmu blogging yang sudah kita miliki.

Semakin hari pertumbuhan blogger di Indonesia semakin meningkat. Itu artinya persaingan blogger akan menjadi lebih ketat dan lebih berat. Tapi jangan takut untuk bersaing, memiliki blog dengan jutaan pengunjung per hari bukan hal yang mustahil.

Silahkan coba juga cara meningkatkan pengunjung blog lewat video dari youtube. Untuk tutorialnya sudah saya sediakan di blog ini.

Pada dasarnya kamu dan saya hanya blogger biasa saja. Jika kita memiliki keinginan maka pada hakikatnya kita hanya bisa berusaha dan berdo'a.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. tulisanya panjang amat kak, makasih banyak karena ini bisa dijadikan referensi untuk saya yang baru mau mulai belajar buat blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisannya memang sengaja dibuat panjang agar lebih detail. Sama-sama, semoga artikelnya bisa membantu.

      Hapus