Fokus Kata Kunci (keyword) Untuk Blog Baru - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Fokus Kata Kunci (keyword) Untuk Blog Baru

max ikhsan
Max Ikhsan

Halo bloggers!

Sebagian besar blogger pemula biasanya tidak tahu apa itu kata kunci atau keyword. Karena biasanya blogger pemula akan lebih fokus pada membuat tampilan blog semakin bagus, membuat artikel sebanyak mungkin, dan berharap bisa menghasilkan uang dari blognya.

Kenapa saya bisa bilang seperti itu?

Karena itulah yang saya lakukan dulu saat masih belajar ngeblog. Saya fokus benerin tampilan, fokus membuat artikel, fokus daftar Adsense, tanpa tau sedikit pun bahwa dalam dunia blogging terdapat banyak istilah yang harus diaplikasikan agar blog memiliki kualitas di Google.

Blogger pemula biasanya akan sedikit asing dengan istilah SEO, backlink, in boundlink, domain, keyword dan istilah-istilah lain dalam dunia blogging.

Lalu apa saja istilah yang harus diketahui oleh seorang blogger pemula, lalu mana dulu yang harus di aplikasikan?

Ok disini saya akan mengurutkan dua istilah yang harus lebih dulu dipahami dan harus diaplikasikan oleh blogger pemula.

1. Domain

Domain adalah alamat atau indentitas blog atau website di internet. Dengan adanya domain ini maka pengguna internet bisa menemukan suatu blog atau website dengan mudah.

Disini saya anggap kamu sudah paham apa flatform blog yang digunakan, contoh kamu menggunakan Blogger, Wordpress, Joomla, Wix dan flatform lainnya.

Setiap flatform blog yang kamu gunakan akan memberikan domain gratis secara otomatis, contoh, blogkamu.blogspot.com atau blogkamu.wordpress.com.

Alangkah lebih bagus jika kamu membeli domain sendiri agar blog kamu terdengar lebih keren. Contoh, nama kamu adalah Dimas. Jika kamu membeli domian .ID maka blog kamu akan terdengar lebih bagus dan lebih mudah di ingat.

Orang akan lebih suka meyebut dimas.id dari pada dimas.blogspot.com.

Harga domain termurah saat ini adalah Rp.2500 untuk domain MY.ID, untuk Top Level Domain yang umum seperti .COM, .NET, .ID berkisar Rp.100.000 sampai Rp.200.000 saja.

2. SEO

Kebanyakan blogger pemula mengesampingkan SEO karena dianggap susah. Padahal teknik SEO yang paling awal adalah mendaftarkan blog ke Google Search Console (GSC) agar artikel yang kamu buat bisa lebih cepat terindeks dan muncul di pencarian Google.

Untuk cara mendaftar GSC silahkan baca saja sekalian artikel SEO blogger 2024 yang sudah pernah saya tulis di blog ini.

Ok, setelah kamu berhasil membeli domain dan sedikit memahami SEO karena telah membaca artikel SEO blogger 2024, maka sekarang kamu harus menentukan fokus kata kunci yang ingin kamu bangun untuk blog kamu.

Mari kita bahas!!!

Kenapa Kata Kunci (Keyword) Penting Untuk Blog

Sebenarnya baik dalam dunia blogging atau wesbsite sekalipun yang namanya keyword itu sangat penting. Nah yang harus kamu pahami adalah bagaiaman mengaplikasikannya di blog atau website kamu.

Contoh pengaplikasian kata kunci pada blog atau website yang tepat:

  • Nama blog: Dimas.com
  • Tema/topik: Gaming
  • Kata kunci: Dimas Gaming

Nah, di atas adalah contoh simpel pengaplikasian kata kunci yang tepat untuk blog yang yang kita bangun.

Memang gak apa-apa nama domain Dimas.com tapi topiknya gaming dan keywordnya dimas gaming?

ya tidak apa-apa, tapi akan lebih bagus jika kamu menggunakan nama domain dimasgaming.com yang dibareng dengan keyword dimas gaming, itu jauh. lebih muantap.

Kalau untuk blog baru bagaiaman, fokus keywordnya apa?

Nah simak dengan teliti ya!

Fokus Kata Kunci Untuk Blog Baru

Ketika kamu membuat blog maka pasti kamu memiliki tujuan bahwa konten yang kamu buat harus bisa muncul di pencarian Google (SERP), bahkan kalau bisa sih pengen banget ada di urutan paling atas kan?

Disini kamu harus memperhatikan persaingan kata kunci yang ditarget terlebih dahulu. Contoh, kata kunci "Jual laptop murah". 

Jika kamu menargetkan kata kunci tersebut maka kamu harus bersiap saingan dengan olshope yang SEO nya jauh lebih baik. Tentu hal itu akan memberatkan blog kamu untuk bersaing ke halaman utama Google.

Nah, cobalah kata kunci yang lain seperti "Jasa jual beli laptop murah". Jika masih susah juga karena banyak saingan, maka kamu harus mencari alternatif keyword lainnya.

Baca: Kenapa Konten Original Penting di Suatu Blog

Tips memilih Keyword Berdasarkan Pengalaman

Saya sendiri pernah memfokuskan kata kunci untuk blog ini yaitu "tutorial blogger pemula". Namun tentu saja saya harus bersaing dengan blog lainnya yang juga memiliki kualitas bagus.

Lalu agar saya bisa tetap bersaing maka saya harus menemukan kata kunci alternatif yang bagus. Nah, akhirnya saya putusakan untuk membangun kata kun max ikhsan sebagai self branding.

Jadi saya ingin orang yang mencari informasi tentang tutorial blogger pemula di Google hanya tinggal mengetikan kata max ikhsan saja.

Gitu, simpelkan!

Satu lagi, semakin lama kamu ngeblog maka kamu akan semakin paham  tentang istilah-istilah dalam dunia blogging dan bagaiaman cara mengaplikasikannya.

See you di next artikel.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar