Pentingnya Original Konten Dalam Blog! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pentingnya Original Konten Dalam Blog!

max ikhsan

Halo bloggers!

Dalam dunia blogging tentu ada beberapa jenis konten yang harus kamu kenali. Contoh simpelnya adalah konten berupa artikel tutorial, artikel berita (news), atau mungkin sekedar konten cerita.

Ketika kamu membuat sebuah blog maka kamu harus memiliki fokus topik yang akan kamu bahas di blog tersebut. Contohnya, kamu adalah seorang traveller yang suka pergi ke berbagai tempat.

Tentunya topik yang akan sangat pas diangkat dalam blog kamu adalah tentang traveling. Contoh seperti pengalaman mengunjungi suatu tempat, atau rekomendasi tempat yang pernah kamu kunjungi.

Nah dalam artikel ini saya akan membahas topik apa saja yang pas untuk blog kita dan peran penting konten original dalam blog kita.

Cara Menentukan Topik (Niche) Yang Pas 

Menentukan topik apa yang akan di bahas di blog kamu sebenarnya cukup mudah, kamu tinggal menentukannya sesuai minat dan kemampuan kamu.

Seperti contoh yang telah saya bahas di atas, jika kamu suka bepergian maka akan sangat tepat jika blog kamu mengangkat topik travelling.

Nah bagi kamu yang gak suka traveling maka bisa membuat konten bertopik seperti tutorial atau konten-konten lain yang banyak dicari orang.

Namun ingat, konten tutorial biasanya memiliki saingan yang banyak. Sehingga apabila kamu tidak pandai belajar SEO maka konten yang ada di blog kamu akan ketinggalan.

Gimana, udah bisa menentukan topik yang pas untuk di bahas di blog kamu?

Pentingnya Konten Original di Blog

Original content atau konten original adalah suatu konten yang 100% dibuat oleh kita secara otentik dan bisa kita pertanggung jawabkan keasliannya.

Konten original sangat penting dalam blog karena akan mencerminkan diri sang pemilik blog. Jika pemilik blog melakukan copy/paste konten dari blog lain maka kemungkinan besar blognya tidak akan pernah bisa besar, dan kalau pun bisa besar maka si pemilik blog tidak akan pernah bisa menulis konten original secara maksimal karena sudah terbiasa membuat blog besar dari hasil copas.

Jika si pemilik blog suka membuat konten original, maka dia akan dikenal sebagai seorang blogger yang menyuguhkan konten original, berkualitas dan untuk karena berbeda dari yang lain.

Bagaimana Cara Membuat Konten Original?

Ada banyak cara untuk membuat konten original, namun tentunya hal itu membutuhkan effort lebih karena kita ingin membuat suatu konten yang otentik, unik dan berkualitas.

Contoh konten original bagi seorang blogger traveller adalah menuliskan pengalaman mengunjungi suatu tempat, merekomendasikan tempat, atau memberi informasi harga tiket atau biaya akomodasi di suatu tempat.

Contoh konten original bagi seorang yang memiliki keahlian dalam bidang blogging membuat konten berbagi atau menjual template, atau membuat artikel tutorial blogging yang belum dibuat oleh blogger lain.

Contoh Konten Original Max Ikhsan

Ada banyak contoh konten original yang sudah saya publish di blog ini. Namun sebagai contoh kongkrit maka saya akan memberikan contoh konten "contoh desain kartu pelajar".

Jika kamu mencari kata kunci "contoh desain kartu pelajar" di Google maka kamu akan menemukan blog max ikhsan berada di posisi satu sampai tiga pada hasil pencarian.

max ikhsan

Namun sebelum itu kamu akan menemukan contoh desain kartu pelajar yang saya buat ada di produk yang dijual suatu toko di Shopee.

Lihat gambar di bawah ini!

max ikhsan

Itu tentu bukan hal yang salah karena memang saya membagikan template atau desain kartu pelajar itu secara gratis di blog ini.

Namun, tentu saja ketika orang mencari dan melihat contoh desain kartu tersebut maka mereka akan mengetahui dari mana contoh tersebut dan di mana bisa mengethaui lokasi original dari desain tersebut.

Nah untuk kamu blogger pemula yang biasanya suka stuck kehabisan ide dalam membuat konten maka sebaiknya jangan mencoba ngopas artikel orang. Hal tersebut bisa membuat kamu kenakan dan berdampak buruk pada blog kamu.

Fokus saja membuat konten yang memang kamu kuasai, dan kalau kamu kehabisan id maka kamu bisa mencoba membuat artikel dengan topik lain namun dipisahkan dari label/kategori topik utama.

Semoga bermanfaat & see you di next artikel.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar