Hal yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Ketika Stack Tidak Punya Ide - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Hal yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Ketika Stack Tidak Punya Ide

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang seorang blogger mengalami stack atau tidak memiliki ide sama sekali untuk membuat artikel atau konten pada blognya, dan Itu saya rasakan sendiri di blog ini. 

Terkadang ketika semangat nulis artikel, saya bisa sampai menulis dua artikel dalam sehari. Namun saat terkena stack tidak memiliki ide untuk nulis, akhirnya saya gak update apa-apa di blog ini.

Nah untungnya karena pengalaman ngeblog udah lama, maka akhirnya saya menemukan beberapa hal yang bisa dilakukan seorang blogger ketika mengalami stack tidak memiliki ide untuk nulis artikel.

Hal Yang Perlu Dicoba Saat Stack Tidak Punya Ide Nulis

Berikut ini beberapa hal yang sering saya lakukan ketika mengalami stack tidak memiliki ide menulis artikel.

ide nulis artikel

1. Mencari referensi 

Hal yang pertama saya lakukan ketika tidak memiliki ide untuk menulis artikel adalah mencari referensi dari sumber lain. Biasanya saya suka melihat blog lain yang lebih besar dari blog ini dan memiliki banyak konten, sehingga saya bisa mendapatkan referensi judul atau tema untuk saya tulis di blog ini.

Boleh gak copy paste saat sedang stcak tidak punya ide untuk nulis?

Yang saya lakukan adalah mencari referensi, jadi saya tidak pernah melakukan copy paste dalam blog ini. Adapun hal lain yang saya lakukan adalah meniru, memodifikasi, dan menambahkan informasi agar menjadi lebih lengkap, dan tentunya ditulis secara manual bukan hasil copy paste.


2. Mencoba Konten Baru

Cara yang kedua saat saya terkena stack tidak memiliki ide untuk menulis artikel adalah mencoba membuat konten baru atau menambah konten pelengkap pada artikel yang sudah lama.

Salah satu contoh konten baru yang ada di blog saya ini adalah adanya menu galleri yang berfungsi menjadi halaman gambar. Ketika saya terkena stack tidak memiliki ide untuk menulis, maka saya biasanya membuat konten baru seperti banner iklan, vektor atau foto yang saya upload di halaman galleri tersebut.

Selain itu saya juga selalu melakukan review ulang semua artikel yang ada di blog ini. Sehingga apabila saya mendapatkan informasi tambahan maka bisa saya masukan kedalam artikel tersebut. Selain itu saya juga bisa memperbaiki apabila ada tulisan yang tipo, agar pengunjung enak membacanya.

Contoh artikel yang selalu saya update ketika saya stack tidak memiliki ide untuk menulis adalah artikel contoh design kartu pelajar.  Dalam artikel tersebut konten utamanya adalah design kartu pelajar, sehingga pada bagian bawah konten saya sematkan gambar dengan tulisan Coming Soon, artinya artikel ini akan update setiap ada design baru.


3. Main Game

Ketika saya terkena stack tidak memiliki ide untuk menulis, ditambah dengan rasa malas untuk mencari referensi atau menambah informasi pada konten yang lama, maka saya selalu bermain games terlebih dahulu.

Bermain games bisa menghilangkan stress dan bisa mengembalikan mood untuk menulis artikel. Saya sendiri sering memainkan game Mobile Legends: Bang-Bang, Clash of Clan, Motogp (PC) dan games favorit lainnya.

Ingat ya, tujuan bermain game ketika stack tidak memiliki ide untuk nulis artikel adalah hanya sekedar untuk membuat mood nulis menjadi lebih enak. 


Nah itulah beberapa hal yang sering saya lakukan ketika stack tidak memiliki ide untuk menulis. Hal yang sering saya lakukan tersebut bukan sesuatu yang harus diikuti karena setiap blogger memiliki kebiasaan masing-masing saat mengalami stack. Namun tentunya saya berharap apa yang biasa saya lakukan tersebut bisa menjadi referensi bagi anda.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar