Tips Mengatasi URL Buruk (Error) Data Web Inti Search Console - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Mengatasi URL Buruk (Error) Data Web Inti Search Console

Sebagian besar blogger pasti pernah menemukan masalah URL buruk atau error pada bagian data web inti di google search console. Umumnya masalah ini disebabkan karena load time blog yang lambat, sehingga secara otomatis data web inti pada google search console akan memberitahu adanya error atau URL buruk.   

Masalah ini tentunya harus diselesaikan, karena jika dibiarkan maka bisa saja blog akan terdampak masalah lain yang lebih rumit.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah URL buruk atau error dibagian data web inti pada google search console?

Penyebab URL Buruk atau Error Data Web Inti di Search Console

Berikut ini akan saya jelaskan terlebih dahulu hal apa saja yang menyebabkan adanya error atau pemberitahuan URL buruk pada menu data web inti di google search console.

mengatasi error data web inti search console

1. Template Tidak Responsif

Salah satu hal yang menyebabkan adanya notifikasi URL buruk atau error di data web inti google search console adalah penggunaan template yang tidak responsif.

Algoritma google saat ini mengharuskan blog menggunakan template sebaik mungkin. Oleh karena itu hindari penggunaan template yang tidak responsif dan cendrung memiliki load time yang lelet.

Contoh template yang akan membuat blog memiliki load time yang lama adalah template yang bagian backgroundnya menggunakan gambar. Semakin besar ukuran gambar yang digunakan, maka semakin besar pula beban load time pada blog.

Contoh template yang responsif dan memiliki load time yang cukup cepat adalah template yang digunakan di blog ini. Template Viomagz Redesign ini adalah template buatan mas sugeng yang dijual di blognya yaitu sugeng.id.

Saya mendapatkan template ini secara gratis dari teman sesama blogger. Dan karena template ini adalah Viomagz versi jadul, maka saya menambahkan beberapa fitur lain untuk lebih membuat template ini lebih responsif, lebih teroptimasi dan lebih SEO friendly.

Jika anda menginginkan banyak template premium versi jadul, maka anda bisa mendownloadnya di artikel berikut.

Baca: Free Download Template Blogger Premium Versi Jadul


2. Template Tidak Mobile Friendly

Penggunaan template pada blog tidak cukup hanya bagus di lihat, tapi juga harus diperhatikan apakah template sudah mobile friendly atau belum. Perlu diketahui bahwa saat ini hampir sebagian besar pengguna internet datang dari device mobile seperti smartphone dan tablet. 

Oleh karena itu, penggunaan template yang sudah mobile friendly sangat dianjurkan pada saat ini. Untuk bisa mendapatkan template yang sudah mobile friendly, maka anda bisa mendownloadnya secara gratis atau membeli versi premium di website penyedia layanan template blogger.

Sedangkan apabila anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli template mobile friendly premium, maka anda bisa mencoba menggunakan salah satu template hasil redesign saya berikut ini.

Baca: Template Redesign by Max Ikhsan

 

3. Tidak Melakukan Optimasi Gambar

Penyebab utama URL buruk atau error dibagian data web inti pada search console adalah karena load time blog yang lama. Nah yang menyebabkan load time berat pada blog selain dari template yang tidak responsif dan mobile friendly adalah penggunan gambar yang tidak dipotimasi dengan baik.

Perlu diketahui bahwa gambar merupakan unsur visual yang penting dalam sebuah artikel. Sehingga rasanya akan kurang lengkap apabila sebuah artikel tidak memiliki gambar.

Namun tahukah anda bahwa ukuran gambar yang diupload pada blog bisa mempengaruhi load time?

Prinsip dasarnya adalah semakin besar ukuran gambar yang diupload, semakin lambat juga load time yang dihasilkan. Dan semakin kecil ukuran atau size gambar yang diupload, maka semakin cepat juga load time yang dihasilkan.

Untuk cara mengoptimasi gambar agar tidak membuat error di data web inti search consolen tidak akan saya bahas disini. Oleh karena itu silahkan baca artikel tentang tips optimasi gambar untuk blog dibawah ini.

Baca:


4. Terlalu Banyak Menggunakan JavaScript

Masalah URL buruk atau error dibagian data web inti pada google search console juga bisa disebabkan karena terlalu banyak menggunakan JavaScript pada blog.

Salah satu contoh penggunaan java script yang berlebihan pada blog adalah misalkan pada template yang anda gunakan tidak memiliki fitur slide show. Nah karena anda tertarik untuk menambah fitur slide show dibagian featured post, maka anda mencari script code slide show tersebut dan memasangkannya di blog anda.

Secara tampilan mungkin blog anda akan terlihat lebih kekinian dan modern, namun secara tidak sadar, anda telah membuat blog terbebani dengan javascript yang besar hingga membuat terjadinya URL buruk atau error di bagian data web inti pada google search console.


Sebenarnya masih banyak hal yang menyebabkan terjadinya error atau URL buruk pada bagian data web inti di google search console. Namun dalam artikel ini saya hanya sampaikan empat poin saja, karena saya rasa empat poin tersebut merupakan masalah yang wajib diselesaikan terlebih dahulu ketika terjadi error dibagian data web inti.

Setelah anda menghetahui apa saja penyebab terjadinya error atau URL buruk data web inti di search console. Kini saatnya anda mengetahui tips mengatasi masalah URL buruk atau error dibagian data web inti pada google search console.


Tips Mengatasi URL Buruk (Error) Data Web Inti Search Console

Poin pertama yang saya bahas tentang penyebab terjadinya masalah URL buruk atau error dibagian data web inti pada google search console adalah penggunaan template yang tidak responsif.

Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, dibagian poin nomer satu saya sudah memberikan link download template premium versi jadul yang bisa anda gunakan secara gratis.

Banyak template yang bisa dipilih disana, dan semua template yang ada disana adalah premium sehingga tidak memiliki footer credit yang akan mengarahkan pengunjung blog anda ke blog pembuat template.

Sebagian besar template tersebut masih belum saya redesign sehingga mungkin tampilannya akan sama persis seperti saat template tersebut dirilis oleh pembuatnya. Namun semua template yang saya bagikan pada link dibagian nomer satu semuanya sudah responsif dan mobile friendly.

Artinya template tersebut sudah bisa menyelesaikan salah satu unsur terjadinya masalah URL buruk atau error dibagian data web inti pada search console.


Untuk masalah template tidak mobile friendly pada poin nomer dua, sebenarnya cara menyelesaikan masalahnya sama dengan poin nomer satu, yaitu mengganti template blog yang anda gunakan dengan template yang sudah saya sematkan link downloadnya pada poin nomor satu atau pada poin nomor dua.

Pada dasarnya semua template yang saya bagikan tersebut adalah versi premium. Meski bisa dibilang versi jadul, tapi yang pasti sudah responsif dan mobile frinedly.


Pada poin ketiga, masalah yang menyebabkan terjadinya error atau URL buruk di data web inti adalah tidak melakukan optimasi gambar. Sebenarnya untuk mengatasi masalah error atau URL buruk dibagian data web inti pada search console yang diakibatkan tidak melakukan optimasi gambar itu cukup mudah, dan saya telah membagikan link artikel yang membahas segala hal yang berkaitan dengan optimasi gambar pada blog.

Namun singkatnya, untuk mengatasi masalah URL buruk atau error pada data web inti karena gambar tidak terpotimasi dengan baik itu cukup mudah. 

Pertama, usahakan selalu membuat gambar dengan resolusi tidak terlalu besar. Kedua, gunakanlah gambar yang tidak terlalu memiliki banyak warna. Ketiga, gunakan format gambar png agar size gambar yang dihasilkan lebih kecil, dan yang ketiga adalah jangan lupa selalu melakukan kompress gambar terlebih dahulu sebelum menguploadnya kedalam artikel.

Untuk lebih detailnya, silahkan baca pada artikel optimasi gambar untuk postingan blog yang semua linknya sudah saya simpan pada poin nomer tiga.


Pada poin nomer empat, saya membahas penyebab adanya notifikasi URL buruk atau error dibagian data web inti pada google search console adalah karena terlalu banyak menggunakan javascript.

Untuk menyelesaikan masalah ini sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu menghindari penggunaan javascript yang berlebihan pada blog anda. Gunakanlah fitur atau menu yang memang cukup untuk blog anda, dan hapus javascript yang tidak digunakan dalam blog anda.


Sebenarnya inti dari masalah yang terjadi pada data web inti di google search console itu lebih mencakup pada kecepatan loading time blog pada versi mobile. Oleh karena itu selain mengikuti tips mengatasi URL buruk dan error dibagian data web inti ini, anda juga bisa mencoba tips mempercapat loading blog berikut ini.

Baca: Cara Mempercepat Loading Blog


Jangan Panik Saat Ada URL Buruk 

Apabila anda mengalami masalah URL buruk atau error pada bagian data web inti di google search console, maka anda tinggal melakukan apa yang saya intruksikan dalam artikel ini.

Setelah anda melakukan seperti apa yang saya instruksikan, maka saatnya anda untuk melakukan validasi. Waktu validasi tidak menentu kalau dari pengalaman saya, bisa saja hanya hitungan hari atau bahkan bisa saja lebih dari sebulan.

Apabila blog anda masih mengalami URL buruk atau error dibagian data web inti meski telah mengikuti tutorial yang saya berikan, maka anda jangan panik terlebih dahulu.

Perhatikan gambar dibawah ini:

cara mengatasi error data web inti


Gambar di atas adalah statistik kecepatan loading blog ini dengan menggunakan google speed insight. Untuk kecepatan loading versi mobile, blog ini hanya mendapatkan nilai 80, dan untuk versi desktop nilai kecepatan loading blog ini adalah 99.

Yang perlu anda ketahui adalah nilai 80 untuk load time versi mobile itu sudah cukup bagus, Sehingga tingkat error atau URL buruk pada bagian data web inti tidak terlalu banyak dan mudah di validasi ketika terjadi masalah.

Dari pengalaman saya, dulu blog ini pernah menggunakan template Viomagz yang sudah dimodifikasi mirip dengan template igniel. Hasilnya bagus, blog terlihat keren dan seolah saya adalah seorang pembuat template blog yang jago.

Namun ketika menggunakan template tersebut, kecepatan loading blog ini pada versi desktop hanya mendapatkan skor sebanyak 63, dan untuk versi mobile hanya mendapat skor 48. Akhirnya banyak artikel yang tidak terindeks oleh mesin pencari meski sudah dilakukan pengindeksan di google search console.

Setelah itu saya putuskan untuk membuat sebuah template redesign dari viomagz dengan versi saya sendiri. Tentunya saya sengaja membuatnya agar seringan mungkin dan se-SEO mungkin. 

Akhirnya setelah template ini jadi dan saya gunakan pada blog ini, alhamdulilah pada saat ini biasanya setelah melakukan publish artikel baru, maka beberapa jam atau dalam waktu satu hari sudah bisa terindex di mesin pencari.

Selain itu, tingkat error pada cakupan, breadcrumb, dan data web inti di google search console menjadi lebih sebih sedikit dan bisa di validasi dengan mudah meski terkadang memerlukan waktu cukup lama.

Saya sendiri selalu berusaha membuat blog ini bisa memiliki skor minimal 99 pada versi mobile. Namun tentu hal tersebut bukanlah hal yang mudah bagi saya yang bukan seorang pembuat template blogger.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi URL buruk atau error dibagian web inti pada google search console.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar