Mengapa Blogger Pemula Harus Pilih Blogspot? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Mengapa Blogger Pemula Harus Pilih Blogspot?

tutorial blogger pemula

Saat seseorang mulai tertarik pada dunia blogging, maka hal pertama yang akan dia cari adalah tutorial cara membuat blog. Saat dia mencairnya di internet, maka dia akan menemukan berbagai macam artikel tentang flatform blog terbaik untuk dipilih.

Biasanya flatform blog yang paling banyak dibahas adalah blogger.com dan wordpress.org karena dua flatform tersebut adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Nah, untuk Anda yang masih benar-benar pemula tentunya suka bingung untuk menentukan CMS terbaik untuk dijadikan flatform blog Anda. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan alasan mengapa blogger pemula harus menggunakan blogger.com atau yang biasa dikenal sebagai blogspot.com.

Alasan Mengapa Blogger.com Cocok Untuk Pemula

Berikut ini adalah alasan mengapa blogger.com lebih direkomendasikan untuk blogger pemula. Dan perlu diketahui bahwa semua alasan ini ditulis berdasarkan pengalaman saya.

1. Cara Buat Gampang 

Untuk bisa memiliki blog dengan CMS blogger.com sangat mudah, Anda hanya perlu memiliki email dari Gmail, setelah itu Anda bisa mulai membuat blog di blogger.com.

2. Banyak Template Pilihan 

Update terkahir pada blogger.com sudah memberikan template baru dan cukup bagus yang bisa Anda gunakan secara gratis dan kualitasnya premium.

Jadi Anda tidak perlu membeli template premium dari pihak ketiga saat awal-awal membuat blog. Namun apabila Anda ingin menggunakan template kualitas premium dari pihak ketiga, maka Anda bisa mencoba versi gratisnya yang biasanya sudah disediakan oleh pihak ketiga sebagai penjual Template.

3. Tidak Perlu Beli Domain 

Blogger.com secara otomatis akan memberikan sebuah domain blogspot.com ketika blog selesai dibuat. 

Apabila Anda adalah blogger yang benar-benar pemula, maka dengan membuat blog di blogger.com Anda sudah tidak perlu membeli domain dari pihak ketiga sebagai penyedia.

Power dari subdomain blogspot.com jangan dianggap remeh. Banyak blog dengan domain gratisan tersebut yang bertengger di halaman pertama google.

Baca: Perbedaan Wordpress.com, Wordpress.org dan Blogspot

4. Tidak Perlu Beli Hosting

Blog yang dibuat di blogger.com secara otomatis akan di hosting oleh google. Kapasitas untuk jumlah artikel kalau tidak salah itu tidak terbatas, sedankan untuk gambar saya lupa lagi.

Namun blog ini saja sudah memiliki 200-an lebih artikel (saat artikel ini ditulis), dan 99% artikel dalam blog ini menggunakan gambar. Tapi kapasitas penyimpanan Google Drive sampai saat ini masih kurang dari 1GB.

5. Gampang Terindeks 

Meski blog yang dibuat di blogger.com itu gratisan segalanya, namun untuk urusan indeksing tidak perlu khawatir. 

Blogger.com bisa membuat akun di webmaster atau search console dengan mudah, lalu bisa submit artikel disana agar semakin cepat terindeks mesin pencari.

6. Bisa Daftar AdSense 

Kelebihan blog yang dibuat di blogger.com adalah meski blog yang dibuat tidak menggunakan top level domain seperti .com, .id dan TLD lainnya, tapi untuk urusan daftar AdSense itu tidaklah susah.

Anda hanya perlu memenuhi syarat untuk bisa menjadi publisher AdSense. Setelah itu Anda bisa mendaftarkan blog Anda, dan tunggu hingga ada email Approve.

Akun AdSense yang Anda dapatkan sifatnya adalah hosted. Jika belum tau, AdSense memberikan dua kategori AdSense yaitu Hosted dan Nonhosted.

Baca: Perbedaan AdSense Bug dan Full Approve

7. Bisa Daftar MGID 

MGID adalah sebuah penyedia layanan iklan yang bisa dibilang sebagai alternatif untuk AdSense. Namun pada kenyataannya MGID sering disandingkan dengan AdSense.

Kelebihan Blog yang dibuat di blogger adalah bisa mendaftar di MGID meski tidak menggunakan TLD.

8. Tidak Kalah Saing 

WordPress memang lebih bagus jika dibandingkan dengan blogspot. Hanya saja untuk seorang blogger pemula yang tidak ingin terlebih dahulu menggunakan top level domain dan hosting berbayar, maka blogger.com adalah pilihan yang tepat.

Meski blog yang dibuat di blogger gratisan, namun banyak blog dengan subdomain blogspot yang bertengger di pageone google.


Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai alasan mengapa blogger lebih baik untuk dipilih blogger pemula. Namun apabila Anda sudah mahir ngeblognya, sebaiknya segera pindah ke wordpress atau tetap di blogspot namun gunakanlah top level domain.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar