Perbedaan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger.com - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Perbedaan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger.com

perbedaan wordpress.com dan wordpress.org
Perbedaan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger.com

Sebelum kamu membuat website atau blog, kamu perlu memperhatikan beberapa hal mendasar dan penting agar kamu tidak salah dalam memilih platform mana yang akan kamu jadikan pondasi bagi website atau blog tersebut.

Ada banyak platform yang bisa kamu pilih untuk membangun website dan blog. Diantaranya adalah WordPress.com, WordPress.org, Joomla.org, Wix.com dan Blogger.com.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger.com, agar kamu bisa menentukan platform mana yang tepat untuk dipilih sebelum membuat website atau blog. 

Perbedaan WordPress.com, WordPress.org dan Blogger.com

1. Gratis Dan Berbayar

Pada dasarnya ketiga platform tersebut memberikan akses gratis kepada siapa saja yang ingin membuat webiste atau blog dari platform mereka karena sifatnya adalah open source. Pengertian open source adalah siapa saja bisa menggunakannya, memodifikasinya dan membagikannya secara bebas.

Yang dimaksud gratis dan berbayar disini adalah ketiga platform ini menawarkan opsi gratis dan berbayar bagi penggunanya. Khusus untuk blogger, mereka menawarkan opsi gratis domain selamanya namun harus dengan subdomain .blogspot.com.

Hampir mirip dengan Blogger.com, WordPress.com juga menawarkan domain gratis selamanya, hanya saja mereka pun memberikan sub domain .wordpress.com. Jadi jika kamu memilih opsi gratis dari ketiga platform tersebut maka website atau blog kamu harus memiliki subdomain mereka. Contohnya adalah www.namakamu.wordpress.com atau www.namakamu.blogspot.com.

Untuk membuat webiste atau blog yang lebih profesional maka kamu membutuhkan domain sendiri agar website atau blog yang dibuat terlihat lebih keren dibandingkan dengan domain gratisan yang mengharuskan kamu menggunakan subdomain. 

Yang dimaksud berbayar disini adalah ketiga platform tersebut menawarkan opsi penggunaan domain dari pihak ketiga. Tentunya domain tersebut harus kamu beli meski kamu menggunakan platform blogger yang menawarkan domain gratis selamanya dengan tambahan subdomain.

Contoh extensi domain yang populer di indonesia adalah .com, .id, .net, .web.id, .my.id dan lain - lain. Jika kamu ingin nama webiste atau blog lebih unik, maka kamu bisa memanfaatkan extensi domain .online, .website, .store, .tech, dan .site. Pilihan extensi domain unik tergantung dari penyedia domain sebagai pihak ketiga

2. Hosting

WordPress.com dan Blogger.com memberikan fasilitas hosting gratis yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan versi gratis. Namun meski gratis, platform WordPress.com hanya memberikan 3GB disk space. Tentunya dengan kapasitas yang terbatas itu akan menjadi kendala saat kamu ingin membuat banyak konten di website atau blog. 

Meski sama - sama memberikan hosting gratis, Blogger.com memberikan hosting unlimited bagi penggunanya. Namun hal tersebut hanya berlaku jika pengguna mematuhi syarat tertentu seperti gambar yang di upload harus dibawah dimensi 2048 px dan video yang di upload harus kurang dari 15 menit.

Untuk WordPress.org, kamu bisa memilih hosting yang sesuai dengan pilihan. Beberapa disk space yang tersedia diantaranya adalah 3GB, 5GB, 10GB, dan Unlimited disk space. Untuk mendapatkan hosting tersebut kamu bisa membelinya di website penyedia domain dan hosting.

3. Plugin

WordPress.com tidak mengizinkan kamu untuk menginstall plugin sama sekali. Apapun jenis plugin yang kamu gunakan, baik itu gratis atau membeli, maka kamu tidak bisa memasangnya sama sekali. Jika kamu menggunakan WordPress.org, maka plugin tersebut akan diizinkan untuk di install. Baik itu versi gratis dan berbayar.

Untuk Blogger.com sangat sedikit sekali informasi tentang plugin karena pada paltformnya sendiri tidak menyediakan setting yang mengarah langsung untuk menginstall plugin. Kebanyakan pengguna Blogger.com memanfaatkan script berupa javascript, css dan html untuk menambah kualitas SEO pada website atau blognya.

4. Template

Template atau tema menjadi elemen penting untuk sebuah website dan blog. Sayangnya WordPress.com membatasi tema yang bisa digunakan oleh penggunanya. Template yang bisa digunakan dalam platform WordPress.com hanya yang tersedia dari WordPress.com. Kamu tidak bisa menggunakan template gratis dan berbayar dari pihak ketiga pada platform ini.

Sedangkan WordPress.org memberikan izin kepada penggunanya untuk menggunakan template dari WordPress.org dan dari pihak lain. Sama seperti Blogger.com yang memeberikan penggunanya akses bebas untuk mengganti template yang tersedia di Blogger.com atau pihak lain.

5. Credit

Footer credit atau powered by biasanya ada dibagian bawah pada template sebuah website atau blog. Untuk menghilangkan footer credit pada WordPress.com itu tidak bisa karena platform tersebut tidak mengizinkan footer credit tersebut di hapus.

WordPress.org mengizinkan footer credit tersebut di hapus sama seperti blogger.com. Yang menjadi perbedaan adalah Blogger.com bisa menghapus credit footer atau powered by tersebut bila pengguna menggunakan template premium dari pihak lain.

Bagi sebagian besar orang yang memiliki webiste atau blog, footer credit memang dianggap hal yang harus di hapus dari webiste atau blognya karena biasanya akan mengarahkan visitor keluar dari website atau blog.

6. SEO

SEO atau Search Engine Optimization pada website atau blog merupakan hal penting dan sangat vital. Dengan SEO yang tepat maka webiste atau blog yang kamu miliki bisa bertengger di puncak halaman pertama hasil penulusuran mesin pencari.

Seperti kamu ketahui bahwa WordPress.com tidak mengizinkan penggunanya untuk menginstall plugin apapun termasuk plugin untuk SEO. Sedangkan WordPress.org mengizinkan penggunanya untuk menginstall plugin apa saja termasuk plugin untuk SEO.

Plugin SEO membantu website dan blog untuk memiliki kemungkinan lebih besar masuk ke halaman pertama mesin pencari. Untuk Blogger.com, SEO lebih dilakukan dengan cara manual seperti penargetan kata kunci, penggunaan template fast loading dan responsive, serta settingan yang tepat di google search console dan google analytics.

7. Iklan

WordPress.com tidak mengizinkan penggunanya untuk memasang iklan dari pihak lain kecuali dari WordAds. Untuk itu jika kamu berniat membuat webiste atau blog yang ingin menampilkan iklan dari google adsense, maka WordPress.com bukan pilihan yang tepat.

Kebalikan dari WordPress.com, WordPress.org mengizinkan penggunanya untuk menggunakan iklan dari pihak lain seperti google adsense, MGID, Chitika dan penyedia iklan lainnya. 

Blogger.com pun sama, platform ini membolehkan penggunanya untuk menggunakan iklan dari google adsense, chitika, MGID dan penyedia iklan lainnya. Terlebih lagi, Blogger.com pun memberikan izin bagi penggunanya yang menggunakan versi gratis untuk memasang iklan google adsense. 

Pilih WordPress.com, WordPress.org, Atau Blogger?

Semua platform tersebut bagus dan memberikan layanan dengan opsi gratis atau berbayar. Namun perlu diperhatikan bahwa jika kamu benar - benar menjadi seorang blogger yang blognya besar, maka pilihan terbaik jatuh pada WordPress.org. 

WordPress.org tidak membatasi jumlah hosting, tidak membatasi pergantian tema (template), dan lebih leluasa menggunakan plugin sebagai tambahan optimisasi pada website atau blog.

Jika kamu seorang pemula maka WordPress.com bisa menjadi pilihan karena platform ini menawarkan domain gratis yang bisa kamu nikmati seumur hidup. Jika kamu seorang blogger pemula yang ingin langsung menghasilkan pundi - pundi dolar lewat iklan google adsense, maka Blogger.com bisa menjadi pilihan tepat.

Selain memberikan domain gratis seumur hidup, kamu juga mendapatkan hosting tak terbatas dan diizinkan untuk memasang iklan google adsense meski menggunakan subdomain.

Jika kamu ingin memiliki website dengan design yang keren tanpa harus ribet ngedesign sendiri websitenya, maka kamu bisa coba jasa desain website terbaik saat ini di https://www.sribu.com/id/simple-web-design.

Jika suka dengan artikel ini silahkan share ke sosial media kamu. Kalau berkenan membantu saya mengembangkan blog dan channel youtube saya, silahkan klik SUBSCRIBE.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar