Mimpi Kaya Cuma Dari Modal Smartphone, Bisa? - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Mimpi Kaya Cuma Dari Modal Smartphone, Bisa?

modal smartphone

Mimpi kaya cuma dari modal smartphone apakah benar-benar bisa menjadi nyata?

Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah hal yang mungkin bisa menjadi sebuah pro dan kontra dikalangan masyarakat khususnya dikalangan anak muda yang hidup di era digital seperti saat ini.

Setiap manusia yang lahir ke dunia ini pada hakikatnya pasti memiliki keinginan untuk mencapai kesuksesan. Baik itu kesuksesan yang bersifat duniawi atau kesuksesan secara spiritual.

Bentuk kesuksesan setiap orang tentu berbeda-beda tergantung dari tujuannya masing-masing. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah bentuk kesuksesan yang tujuan utamanya adalah kekayaan yang bersifat material seperti memiliki banyak uang, emas, tanah, dan yang lainnya.

Dalam judul artikel ini tersemat kata "kaya cuma dari modal smartphone" yang menjadi topik utama dalam artikel ini. Tapi sebelum masuk ke pembahasan apakah mungkin kita bisa menjadi kaya cuma dari modal smartphone, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu smartphone.

Apa itu Smartphone?

Dikutip dari kliknkilik.com, Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi dan memiliki fungsi yang menyerupai komputer. 

Smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. 

Smartphone juga merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. 

Arti singkat smartphone yang mungkin lebih mudah dipahami kebanyakan orang adalah sebuah perangkat handphone yang memiliki fitur canggih yang bisa menunjang kebutuhan berkomunikasi dengan orang lain serta menunjang kebutuhan digital lainnya.

Sudah tau kan arti smartphone, nah sekarang kita cari tahu apakah benar kalau kita bisa menjadi kaya hanya dengan bermodalkan smartphone?

Mimpi Kaya Dari Modal Smartphone

Kamu tahu tidak bahwa sebagian besar orang di Indonesia sudah menggunakan smartphone. Hal ini diperkuat dengan data dari kemenkominfo yang menyatakan bahwa 89% penduduk Indonesia sudah menggunakan smartphone di tahun 2021.

Artinya dengan adanya peningkatan pengguna smartphone yang cukup pesat, maka peluang untuk menjadi kaya dari modal smartphone saja menjadi semakin terbuka.

Namun apakah kamu dan saya bisa menjadi orang yang kaya meski cuma bermodalkan smartphone?

Jawabannya adalah bisa iya dan bisa juga tidak. Semua itu tergantung pada tingkat ke uletan dalam berusaha dan keberuntungan. Namun tentunya jika memang kita ada niatan untuk menjadi orang kaya cuma dari modal smartphone, maka kamu dan saya harus mencoba cara-cara menjadi kaya meski hanya modal smartphone berikut ini.

1. Jualan Produk 

Peluang untuk menjadi orang kaya dari modal smartphone sangat banyak, salah satunya adalah menjual produk yang banyak dicari oleh orang. Sebelum kamu memulai menjual produk secara digital lewat smartphone, kamu harus tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan di jual dan pikirkan juga strategi untuk menjangkau calon buyer yang menjadi target.

Jika produk yang kamu jual adalah berupa barang, maka kamu harus belajar memanfaatkan media sosial sebagai marketplace untuk menjangkau calon pembeli.

2. Jualan Produk Digital

Saat ini 89% penduduk Indonesia sudah menggunakan smartphone, jika kita asumsikan 30% dari jumlah pengguna smartphone tersebut adalah orang-orang yang membutuhkan produk digital, maka kita bisa mengambil keuntungan tersebut dengan berjualan produk digital.

Beberapa produk digital yang bisa kamu jual lewat samrtphone diantaranya E-book, Hosting, Domain, Email, Subscriber, template, dan sebagainya.

Saya sendiri sedang mencoba peruntungan berjualan subscriber youtube di blog ini. Jika mau melihat silahkan kunjungi halaman jualan subscribe di blog ini.

3. Trading

Saat ini perkembangan trading di smartphone sangat pesat, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya aplikasi trading yang bisa kamu unduh di appstore maupun playstore. Beberapa aplikasi trading yang cukup populer di Indonesia adalah Binomo, Forex, OktaFX, dan Olymp Trade. 

Dilansir dari kamus.tokopedia.com, dalam bahasa Inggris trade memiliki arti bertukar, atau melakukan pertukaran baik barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lainnya. Kegiatan trading pada masa lalu dikenal sebagai barter, hingga ditemukannya alat tukar yang terstandarisasi (berupa mata uang). Kini, aktivitas trading berkembang juga menjadi pasar uang.

Berbeda dengan berjualan produk secara digital yang kamu bisa membuat produknya sendiri, trading mengharuskan kamu menyiapkan modal terlebih dahulu. Selain itu kamu juga harus menyiapakan menejemen resiko agar saat gagal tidak kehilangan uang.

4. Menjadi Gaming Streamer

Salah satu cara menjadi orang kaya yang hanya bermodalkan smartphone adalah menjadi streamer gaming. Saat ini jika kamu mencari informasi tentang cara menjadi streamer gaming maka kamu akan menemukan informasi bahwa ada beberapa perangkat yang harus disiapkan sebelum menjadi streamer.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk menjadi streamer pemula yang tidak memiliki modal besar. Kamu cukup memiliki 2 smartphone saja, smartphone 1 adalah untuk bermain game dan smartphone 2 adalah untuk merekam smartphone 1 yang akan disiarkan secara langsung.

Kamu bisa memilih platfrom mana yang akan kamu jadikan sebagai tempat streaming. Namun yang paling populer saat ini adalah di facebook.

5. Menjadi Konten Kreator

Konten kreator identik dengan youtuber, namun tahukan kamu bahwa saat ini menjadi seorang konten creator tidaklah selalu harus di youtube. Beberapa aplikasi seperti facebook dan tiktok bisa kamu jadikan sebagai penghasil dollar dari setiap konten yang kamu buat.

Salah satu konten kreator facebook yang sukses adalah Nasdaily, dan salah satu konten kreator tiktok yang sukses adalah Khaby Lame.

Namun jika kamu ingin menjadi seorang konten kreator youtube atau youtuber, maka kamu bisa memanfaatkan smartphone kamu sebaik mungkin.

Memang menjadi seorang youtuber itu tidak mudah dan tidak murah. Untuk membuat konten yang bagus tentu memerlukan berbagai perangkat yang dapat menunjang pekerjaan seorang konten kreator.

Namun kamu jangan berkecil hati karena saat ini hampir setiap smartphone sudah memiliki kamera yang bagus dan sudah banyak aplikasi pengedit video yang bisa digunakan secara gratis.

6. Unduh Aplikasi Penghasil Uang

Salah satu cara untuk menjadi orang kaya meski hanya bermodalkan smartphone adalah dengan menginstal aplikasi penghasil uang.

Apakah aplikasi macam ini terbukti membayar?

Ya, sebagian besar aplikasi ini terbukti membayar, namun kamu juga harus berhati-hati dengan aplikasi scam yang setelah kamu berhasil mengumpulkan uang atau poin, maka uang dan poin tersebut tidak bisa di cairkan.

Dari pengalaman saya pribadi, dulu saya pernah withdraw dari aplikasi Whaff Reward senilai $10, yang belum lama ini saya sudah withdraw dari Facebook Viewpoints sebesar $3 dan saya sedang mencoba aplikasi lain yaitu appKarma dan Current.

Memang penghasilan aplikasi-aplikasi tersebut terbilang kecil, namun jika kamu cukup pintar maka bukan tidak mungkin kamu bisa gajihan $100 dollar perbulan dari aplikasi tersebut.

Untuk artikel trik rahasia mendapatkan banyak poin dari appKarma akan saya bahas di artikel berikutnya ya.

7. Smartphone Fotografer

Pada saat ini hampir semua smartphone berlomba menyediakan kamera terbaik untuk penggunanya. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan kamera tersebut untuk menjadi seorang fotografer.

Saat ini kamu bisa mengikuti kompetisi dan menjual karya fotografi mu ke sebuah aplikasi benama Foap. Disana kamu bisa mengupload foto unik yang kamu ambil yang nantinya akan di nilai oleh pengguna lainnya.

Kelebihan aplikasi ini adalah jika kamu berhasil memenangkan kompetisi maka kau berhak mendapatkan hadiah yang nominalnya bergam. Namun biasanya adalah $100 dollar. 

Selain itu kamu juga bisa menjual foto jika ada orang yang berniat membelinya. 

Agar bisa menjadi juara dalam kompetisi atau bisa menjual foto di Foap maka kamu wajib mengasah kemampuan fotografi smartphone mu. Semakin untuk foto yang dihasilkan, semakin besar kemungkinan foto kamu di beli orang atau menjuarai kompetisi yang sedang berjalan.

Kesimpulan

Beberapa cara di atas bisa menjadikan mimpi kita menjadi kaya meski cuma bermodalkan smartphone menjadi kenyataan. Perlu diingat bahwa kesuksesan itu bisa diraih dengan kerja keras. Oleh karena itu jika kamu adalah orang yang bertipe instanable maka mungkin semua cara di atas tidak cocok untuk kamu.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar