Tips Membuat Artikel Berkualitas di Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Membuat Artikel Berkualitas di Blogger


Artikel Berkualitas

Update kali ini saya akan memberikan tips cara membuat artikel berkualitas yang disukai pembaca, dan tentunya bisa membuat blog sobat makin ramai pengunjung. 

Setelah sobat selesai mendaftar blogger, lalu telah membuat navigasi halaman dan navigasi menu, kini saatnya sobat melanjutkan ke tahap pembuatan artikel berkualitas.

Apa Itu Artikel Berkualitas 

Artikel berkualitas adalah yang memiliki nilai tinggi di mata pembaca. Nilai tinggi tersebut bisa di dapatkan jika artikel ditulis secara ringkas, padat, namun tetap memiliki penjelasan yang tepat serta memiliki solusi untuk memecahkan masalah.

Penjelasan yang terlalu berbelit-belit karena menarget jumlah kata, bisa membuat pembaca merasa bingung sehingga kemungkinan mereka meninggalkan blog sobat dan lebih memilih blog lain yang memiliki penjelasan singkat, padat, serta solusi untuk memecahkan masalah mereka.

Selain memiliki nilai tinggi di mata pembaca, artikel berkualitas juga harus memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari. Namun sobat jangan terfokus pada hal ini, teknik seo-friendly pada penulisan artikel memang perlu dikuasai, tapi penulisan yang mudah dipahami pembaca yang real adalah hal utama, karena yang ditarget untuk membaca artikel adalah manusia, bukan bot mesin pencari.

Hal yang Harus Dipahami Saat Membuat Artikel Berkualitas

1. Struktur Artikel yang Baik dan Benar

Menulis artikel bukah hanya soal merangkai kata, sobat perlu membuat struktur yang baik dan benar agar pembaca bisa mengikuti apa yang dijelaskan tanpa kebingungan menetukan mana penjelasan dan mana solusinya. 

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah menentukan tema yang manarik sesuai topik dan niche utama pada blog. Kedua, tetapkan tujuan atau goal utama penulisan artikel. Ketiga, rumusan ide pokok dan pemecahan masalah yang dicari pembaca. Keempat, kembangkan pembahasan sesuai jenis artikel. Kelima, buat kesimpulan.

2. Hindari Penghamburan kata

Blogger newby pasti pernah mencari kata kunci "cara mudah diterima google adsense" . Dari beberapa artikel yang telah saya baca, salah satunya memiliki ulasan "jika ingin  diterima google adsense maka jumlah kata dalam artikel harus mencapai 1000 kata.

Hal tersebut memicu blogger awam untuk membuat artikel sepanjang mungkin meski sebenarnya penjelasan pada artikel yang dibahas bisa ditulis secara ringkas dan padat. Namun karena sudah termakan oleh ulasan wajib 1000 kata, maka penulisannya sengaja dipanjangkan agar bisa mudah diterima google adsense.

Perlu digaris bawahi bahwa google adsense tidak melihat poin banyaknya jumlah kata saja. Artikel yang pendek namun memiliki nilai tinggi tentu dipertimbangkan oleh mereka, selain itu jumlah traffic, dukungan template dan index mesin pencari yang baik juga menjadi penilaian sebuah blog untuk diterima google adsense.

Jadi stop membuat artikel panjang namun isinya berbelit-belit, karena sebenarnya pembaca akan malas melihat tulisan panjang namun tidak memberi solusi. Lebih baik sobat membuat artikel terstruktur yang meski isinya hanya 500 kata namun memiliki penjelasan ringkas, padat, dan memberi solusi.

3. SEO-Friendly

Meski kita mengutamakan cara penulisan yang lebih mudah dipahami pembaca yang benar-benar manusia, namun teknik SEO-frendly tetap harus dikuasi. Cakupan bahsan SEO-friendly cukup banyak sehingga saya hanya akan mengulasnya sedikit saja.

Contoh artikel yang SEO-friendly adalah yang teroptimasi di versi desktop dan versi mobile. Usahakan kecepatan loading di versi mobile harus sama cepatnya seperti versi desktop. Semakin cepat loading sebuah halaman artikel, maka pembaca dan search engine akan semakin menyukai blog kita.

Pembahasan tentang SEO-friendly yang lebih lengkap akan saya buat di artikel berikutnya.

Kesimpulan

Membuat artikel berkualitas tidak semudah menulis secara spontan, jika sobat ingin membuat artikel yang bernilai tinggi dan membuat pembaca merasa puas, maka persiapkan terlebih dahulu topik yang akan dibahas, siapkan solusi untuk memecahkan masalah pembaca dan kembangkan bahasan yang berkaitan dengan topik.

Semoga artikel ini bermnafaat, wassalam

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar