Cara Membuat Menu Header di Template Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Menu Header di Template Blogger

Cara Membuat Menu blogger

Update artikel kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai navigasi pada blog ya sob. Setelah sobat selesai membaca artikel tentang cara membuat navigasi blog, sekarang kita akan membahas cara membuat menu navigasi header pada blogger.

Pada artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan tentang cara membuat navigasi halaman yang berfungsi sebagai alat penunjuk bagi pengunjung jika ingin mengetahui tentang blog kita. 

Beberapa halaman yang wajib menjadi navigasi awal pada blog adalah halaman about, contact, disclaimer, privacy policy dan sitemap. Semua fungsi halaman tersebut sudah saya jelaskan secara detail disini.

Setelah selesai membuat navigasi halaman, selanjutnya kita harus melengkapi navigasi blog dengan menu header

1. Fungsi Menu Header

Menu hedaer berfungsi sebagai navigasi bagi pengunjung, dengan adanya menu header pengujung dibuat lebih merasa simple dan cepat saat ingin mencari informasi yang dibutuhkan. 

Dibawah ini saya sertakan gambar sebagai contoh agar sobat lebih mudah memahami pembahasan mengenai menu header :

Menu Header Blogger

Pada gamabar terlihat ada dua header yaitu header 1 dan header 2. Header 1 tidak memiliki menu, sedangkan header 2 sudah ada menu dan dilengkapi dengan sub-menu. Perbedaan ini akan menentukan kenyamanan pengunjung pada blog.

Contoh kasus :
Ada pengunjung yang ingin mencari informasi seputar cara menghasilkan uang dari internet. Jika blog sobat tidak memiliki menu seperti gambar nomor 1, maka pengunjung akan kesulitan untuk mencari informasi yang dibutuhkan, dan mungkin akan lebih memilih blog lain untuk dibaca.

Sedangkan jika blog sobat sudah memiliki menu seperti gambar nomor 2, pengunjung akan lebih dimanjakan karena mereka bisa langsung mencari informasi yang dibutuhkan secara spesifik. 

Seperti contoh kasus sebelumnya, ada pengunung yang mencari informasi mengenai cara menghasilkan uang dari internet. Ketika blog sobat sudah memiliki menu seperti gambar nomor 2, maka pengunjung bisa langsung memilih menu Blogging > Adsense.

Pada menu adsense ada berbagai artikel tentang cara menghasilkan uang dari internet. Hal tersebut sudah menjadi poin lebih bagi blog karena memiliki navigasi yang jelas. Semakin jelas navigasi dan menu header, semakin nyaman pula pengunung blog. 

Timbal balik dari pengunjung yang merasa senang karena blog memiliki navigasi yang jelas dan informasi yang tepat adalah pengunjung akan merasa betah dan sering mengunjungi blog kita, bahkan mungkin saja pengunjung akan berlangganan di blog kita.


2. Cara Membuat Menu Header 

Setiap template blogger secara default sudah memiliki header, namun biasanya hanya tertera kata menu dan sub-menu. Untuk mengubahnya sobat hanya tinggal masuk ke edit html untuk merubah kata menu dan sub-menu saja.

edit html untuk ubah menu header blogger
Cari kode :

<li><a href='#' itemprop='url'><span itemprop='name'>Menu</span></a></li>

Untuk mempermudah pencarian, sobat tinggal tekan ctrl+f lalu copy & paste kode diatas pada kolom ctrl+f tersebut. 

Setelah ditemukan sobat tinggal mengganti kata Menu menjadi kata yang diinginkan. Klik save atau simpan tema dan lihat hasilnya.

Setelah berhasil merubah kata Menu, sobat tinggal memasukan link yang sesuai. caranya sobat masukan link pada bagian  #.


3. Perbedaan Penemapatan Link Navigasi Halaman & Menu

Penting diketahu, penempatan link pada navigasi halaman dan menu sangat berbeda ya sob. Untuk navigasi halaman, maka sobat hanya perlu memasukan link halaman saja.

Contoh :
<li><a href='https://www.blogsobat.com/p/blog-page.html' itemprop='url'><span itemprop='name'>About</span></a></li>

Link yang saya tulis dengan warna merah, menunjukan link yang langsung mengarah ke sebuah halaman. Halaman tersebut bisa about, contact, disclaimer, dan yang lainnya sesuai keinginan sobat.

Sedangkan untuk menyimpan link postingan, sobat harus menyisipkan link label pada bagian #

Contoh :

<li><a href='https://www.blogsobat.com/search/label/Computer' itemprop='url'><span itemprop='name'>Computer</span></a></li>

Jika ada pengunjung yang mencari informasi mengenai computer, maka saat menu computer di klik, akan langung mengarah ke semua artikel yang sudah diberi label Computer. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan wasalam.
Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar