Tutorial Blogger Pemula: Hal Yang Wajib Diketahui dan Dilakukan Oleh Blogger Pemula - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tutorial Blogger Pemula: Hal Yang Wajib Diketahui dan Dilakukan Oleh Blogger Pemula

tutorial blogger pemula

Menjadi seorang blogger yang sukses merupakan sebuah impian bagi setiap blogger. Namun untuk bisa mendapatkan kata sukses tidaklah semudah membalikan telapak tangan, perlu perjuangan, perlu kedisipilinan dan perlu faktor keberuntungan untuk bisa menggapai kesuksesan tersebut.

Oleh karena itu, bagi Anda para blogger pemula yang memiliki impian untuk bisa sukses dari ngeblog, maka berikut ini ada beberapa hal wajib yang dilakukan oleh blogger pemula agar bisa mendatangkan cuan.

Tapi sebelum itu, mari kita bahas dulu tentang beberapa kisah blogger asal Indonesia yang sukses menjadi blogger besar.


Blogger Pemula Wajib Tahu 3 Blogger Sukses Indonesia

Untuk memotivasi semangat bagi kita para blogger pemula dalam menekuni pekerjaan blogging, maka berikut ini Saya tuliskan kisah 3 blogger sukses asal Indonesia.

1. Kevin Anggara

hal wajib diketahui blogger pemula
Sumber: www.kevinanggara.com

Kevin anggara adalah seorang blogger yang mulai aktif ngeblog pada tahun 2011. Dia lahir pada 16 Maret 1997 dan merupakan pemilik blog kevinanggara.com.

Saat ini Kevin Anggara lebih aktif menjadi konten kreator di Youtube, sebagai pemain film, dan pengisi acara seminar. Namun Anda tetap bisa melihat blog dari kevin Anggara disana dan melihat konten-kontennya disana.


2. Raditya Dika

hal wajib diketahui blogger pemula
Sumber: Inews.id

Raditya Dika merupakan contoh blogger sukses di Indonesia. Jika Anda belum tau, Raditya Dika memulai karirnya sebagai seorang blogger sebelum menjadi komedian, aktris, sutradara, dan penulis buku.

Raditya Dika diketahui pernah mendapatkan penghargaan bergengsi dalam dunia blogging, yaitu Indonesia Blog Award tahun 2005 dan The Online Inspiring pada tahun 2009. 

Meski saat ini Raditya Dika lebih aktif di televisi dan Youtube, namun Anda tetap bisa berkunjung ke blog mas Radit yaitu radityadika.com.


3. Sugeng Riyadi

Sumber: sugeng.id

Sugeng Riyadi atau lebih dikenal sebagai mas sugeng adalah seorang blogger yang terbilang sukses di Indonesia. Beliau mulai menekuni dunia blogging pada tahun 2011 dan diketahui beliau muali ngeblog itu hanya menggunakan handphone Nokia C2.

Blog mas Sugeng (sugeng.id) membahas tentang tutorial blogger untuk pemula. Selain itu, beliau juga menjual template buatannya sendiri di blognya tersebut.

Template yang paling terenal buatan mas Sugeng dan banyak digunakan oleh blogger di Indonesia adalah Viomagz. Dan belum lama ini beliau merilis sebuah template baru bernama Linkmagz dan Kutoko yang bisa Anda beli dengan harga terjangkau di blognya.


Sebenarnya masih banyak lagi blogger sukses asal Indonesia yang tidak dibahas dalam artikel ini. Hal itu karena yang menjadi pembahasan utama pada artikel kali ini adalah hal-hal yang wajib diketahui oleh blogger pemula.

Oleh karena itu, semoga kisah 3 orang blogger sukses tersebut bisa memotivasi kita para blogger pemula agar terus berusaha menjadi blogger sukses.

Nah, setelah Anda mengetahui 3 blogger sukses asal Indonesia tersebut, kini saatnya Anda mengtahui hal-hal yang wajib diketahui dan dilakukan oleh blogger pemula. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diketahui oleh blogger pemula.


Hal Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula


 

1. Tau Flatform Blog

Saat seseorang ingin menjadi blogger, biasanya dirinya akan menemukan kesulitan ketika harus menentukan flatform mana yang terbaik untuk digunakan pada blognya. 

Di Indonesia sendiri flatform blog yang paling populer dan banyak digunakan adalah Wordpress dan Blogger. Padalah, saat ini sudah banyak sekali flatform blog yang bisa dimanfaatkan untuk membuat blog.

Berikut ini adalah daftar flatform blog yang bisa menjadi pilihan tepat untuk blogger pemula.

  1. Wordpress.com (gratis)
  2. Medium.com (gratis)
  3. Tumblr (gratis)
  4. Wattpad (gratis)
  5. Wix.com (gratis)
  6. Blogger.com (gratis)
  7. Wordpress.org (berbayar)

Semua flatform tersebut memiliki kelebihan dan kekurang masingh-masing. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi blogger pemula untuk memilih flatform yang menurutnya paling mudah untuk digunakan.


2. Tau Identitas Blog

Sebelum membuat blog, pastikan terlebih dahulu identitas blog yang akan dibuat. Seperti pada pembahasan sebelumnya tentang blogger sukses di Indonesia, kebanyakan blogger sukses tersebut membuat nama domain dengan nama sendiri, seperti kevinanggara.com (Kevin Anggara), radityadika.com (Raditya Dika), dan sugeng.id (Sugeng Riyadi).

Ketiga blogger tersebut membuat blog dengan identitas personal. Nah, jika Anda ingin membuat blog yang membahas tentang diri Anda, maka sebaiknya gunakan nama Anda sendiri pada nama domainnya seperti ketiga blogger sukses tersebut.

Namun, apabila Anda ingin membuat blog dengan identitas suatu brand, maka itu artinya Anda bisa membuat nama domain dengan judul brand atau korporasi, contohnya seperti detik.com, kompas.com, dan nama lainnya.  


3. Tau Ngeblog Itu Tidak Mudah Tapi Tidak Sulit

Seorang blogger pemula harus tau bahwa ngeblog itu tidaklah mudah, apalagi jika tujuan dari membuat blog adalah untuk mencari cuan. Tapi ngeblog itu juga tidak sulit, Anda cukup daftar di blogger.com, pilih nama domain gratis, membuat artikel, publish, submit di Google Seacrh Console, dan artikel sudah muncul di google.

Bagi orang yang membuat blog untuk tujuan publikasi karya atau hanya sekedar ingin berkontribusi dalam berbagi ilmu lewat tulisan, maka ngeblog itu tidaklah sulit. Cukup dengan karya yang ditulis sudah muncul di google, rasanya hati sudah senang meski yang membaca hanya sedikit orang.

Tapi beda halnya dengan orang yang berniat mencari cuan dari blog. Rasanya ngeblog itu akan lebih sulit karena yang dipikirkan adalah cuan dan cuan. Sedangkan untuk bisa mendapatkan uang dari iklan saja, syaratnya adalah blog harus ramai pengunjung. Untuk ukuran blogger yang masih pemula, tentu mendatangkan banyak pengunjung ke blog bukan perkara mudah.


4. Blog Bisa Mendatangkan Cuan

Blogger pemula harus tau bahwa blog itu bisa memberikan penghasilan. Berikut ini adalah beberapa cara membuat blog mendatangkan cuan bagi pemiliknya.

  1. Mendaftar Google AdSense
  2. Jualan produk 
  3. Program afiliasi
  4. Jualan backlink

Masih banyak lagi cara mendapatkan cuan dari blog yang bisa kamu cari tau sendiri di google.


5. Bisa Menjadi Media Self Branding

Selain bisa mendatangkan cuan, blog juga bisa menjadi media untuk self branding. Keuntungan memiliki blog untuk self branding adalah Anda memiliki nilai plus dibandingkan orang lain.

Banyangkan, orang lain yang tidak memiliki blog harus capek-capek membuat CV ketika ingin melamar pekerjaan. Sedangkan Anda yang memiliki blog cukup hanya memberikan URL domain kepada perusahaan tempat Anda melamar. 

Ini tentu menjadi nilai plus bagi diri Anda di masa depan.


6. Bisa Menjadi Usaha Sampingan

Semua orang sukses pasti berkara bahwa untuk bisa menjadi orang kaya itu harus memiliki banyak penghasilan. Oleh karena itu jika Anda ingin memiliki penghasilan sampingan dari blog, maka Anda harus membuat blog yang bagus dan banyak dikunjungi orang.

Dari beberapa artikel serta video yang saya lihat di youtube, seorang blogger itu bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah dalam satu bulan. 

Untuk mencapai tujuan tersebut tentu tidak mudah, namun bukan hal yang tidak mungkin untuk diraih apabila kita terus mau berusaha.


Ok, itulah ha-hal yang harus diketahui oleh blogger pemula. Jika Anda merasa informasi di atas masih kurang, maka silahkan tambahkan di kolom komentar. Jika relevan dengan artikel yang dibahas, maka akan saya tambahkan menjadi poin nomor 7 dan seterusnya.

Selanjutnya, kita akan masuk ke pembahasan hal apa saja yang harus dilakukan oleh blogger pemula. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dilakukan blogger pemula.


Hal Yang Wajib Dilakukan Blogger Pemula

1. Menentukan Tujuan Membuat Blog

Pada dasarnya seseorang yang ingin membuat blog memiliki motivasi tersendiri. Dan pada umumnya ada dua motivasi yang mendorong seseorang untuk membuat blog. Berikut ini adalah dua jenis motivasi yang membuat seseorang memutuskan untuk membuat blog.

Tertarik Membuat Blog Karena Bisa Menghasilkan Uang

Motif pertama dan yang paling sering ditemukan pada seseorang yang membuat blog adalah karena tertarik blog bisa menghasilkan uang. 

Informasi ini bisa dia dapatkan dari mana saja dan informasi tersebut tidak salah, karena pada dasarnya blog memang bisa menghasilkan uang. Namun, untuk bisa mencapai tahapan blog bisa menghasilkan uang tentu tidak mudah.

Oleh karena itu, jika tujuan Anda membuat blog adalah karena tertarik blog bisa menghasilkan uang, maka Anda harus belajar lebih giat dalam mencari ilmu blogging, konsisten, disiplin, dan terus berinovasi agar blog memiliki banyak pengunjung.

Syarat utama blog bisa mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya adalah blog tersebut harus memiliki banyak pengunjung. Karena dengan banyak pengunjung tersebut maka iklan pada blog akan sering dilihat dan diklik, produk yang dijual bisa dilihat banyak orang, dan bisa bekerja sama dengan orang lain karena blog Anda memiliki banyak pengunjung.

Tertarik Membuat Blog Hanya Untuk Mempublikasikan Karya Atau Hanya Iseng

Motif yang kedua yang mendorong seseorang membuat blog adalah ingin mempublikasikan karya atau hanya iseng-iseng saja. Orang seperti ini biasanya akan lebih maju lagi dalam mengoptimalkan blognya karena dia konsisten pada konten bukan pada uang.

Berbeda halnya dengan orang yang membuat blog karena termotivasi mencari cuan dari blog. Biasanya yang ada di otaknya hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog tanpa memikirkan konten yang baik untuk blog. 


2. Menentukan Flatform Blog

Sebelum membuat blog, Anda wajib menentukan tujuan pembuatan blog tersebut untuk apa. Setelah itu, Anda juga wajib menentukan flatform blog mana yang terbaik menurut Anda. 

Di Indonesia, flatform blog yang paling sering dugunakan oleh blogger pemula adalah blogger.com (blogspot) dan wordpress. Kedua flatform ini memiliki kelebihan dan kekurang pada masaing-masingnya, oleh karena itu silahkan Anda tentukan mana flatform terbaik dan paling mudah Anda pelajari.

Sebagai rekomendasi, silahkan Anda baca artikel tentang perbedaan wordpress.com, wordpress.org dan blogger.com.


3. Menetukan Jenis dan Nama Domain

Hal yang harus dilakukan seorang blogger pemula adalah menentukan jenis dan nama domain. Keduanya ini sangat penting karena menentukan identitas serta niche yang akan diangkat dan menjadi topik pembahasa utama pada blog, serta menentukan keprofesionalan blog dimata orang dan mesin pencari.

Menentukan Jenis Domain

Umunya ada dua jenis domain yang bisa digunakan pada blog, yaitu domain gratisan dan top level domain. 

Domain gratisan bisa langsung Anda dapatkan ketika membuat blog di blogger.com dan wordpress.com. Namun karena domain ini gratis, maka domain yang Anda dapatkan akan memiliki subdomain. 

Jika Anda membuatnya di blogger, maka Anda akan mendapatkan domain gratis namadomain.blogspot.com. Dan jika Anda membuat blog di wordpress.com, maka Anda akan mendapatkan domain gratis namadomain.wordpress.com.

Meski gratisan domain ini tetap memiliki power untuk bersaing di halaman utama mesin pencari. Buktinya, jika Anda mengetik kata kunci "cara agar blog banyak pengunjung" di google, maka Anda akan melihat sebuah blog bernama strukturkode.blogspot.com ada di posisi ke enam di halaman pertama mesin pencari google.

Wow, luar biasa bukan. Tapi meski bisa bersaing di google, blog yang menggunakan subdomain gratisan terkesan kurang profesional. Terlebih blog yang dibuat masih sangat baru dan belum dikenal banyak orang karena kontennya yang bermanfaat.

Nah, untuk membuat blog Anda terlihat lebih profesional maka sebaiknya gunakan top level domain. Saat ini Anda bisa mendapatkan domain dengan harga sangat murah yaitu hanya 12 ribuan saja.

Saya sendiri menggunakan domain murah dengan ekstenis subdomain .my.id. Tapi untuk urusan power SEO di mesin pencari, domain ini tidak kalah saing kok. Sebagai bukti, jika Anda mengetik kata kunci "cara atasi artikel sulit terindex" atau "cara atasi artikel susah terindex" , maka Anda akan mendapati artikel dengan judul 6 Cara Atasi Artikel Sulit Terindex di Googel dari blog ini berada diposisi pertama atau kedua.

hal yang wajib dilakukan blogger pemula

Jika Anda disuruh memilih, maka Anda akan memilih menggunakan domain gratisan atau top level domain dengan harga sangat murah dan bisa bersaing di halaman pertama mesin pencari?

Silahkan Anda tentuka sendiri!

Baca: Apa Domain .my.id Bisa Diterima AdSense?

Menentukan Nama Domain

Nama domain sangat penting untuk ditentukan sebelum membuat blog, oleh karena itu banyak blogger pemula yang sering kebingungan dalam menentukan nama domain untuk blognya. 

Berdasarkan informasi yang saya baca dibeberapa blog dan website, sangat direkomendasikan untuk membuat nama domain yang pendek karena mudah diingat dan mudah ditulis oleh orang. Contohnya seperti Hipwee (hipwee.com), Kompas (kompas.com), Detik (detik.com) dan lain-lain.

Tapi jika Anda merasa kebingungan untuk membuat nama domain, maka sebaiknya gunakan saja nama Anda sendiri. Contoh blog yang menggunakan nama sendiri adalah Raditya Dika (radityadika.com), Sugeng Riyadi (sugeng.id), Ikhsan (maxikhsan.my.id).

Meski nama domain blog Anda menggunakan nama Anda sendiri, tapi untuk isi kontennya tetap bisa mengangkat niche apapun terserah Anda. Hanya saja, banyak pakar SEO yang bilang bahwa keyword on domain bisa membantu mengangkat page rank di hasil pencarian (SERP)

Contoh keyword on domain itu seperti ini, Anda membuat blog yang membahas tentang daftar harga mobil, maka domain yang direkomendasikan adalah daftarhargamobil.com. Atau jika domain tersebut dirasa terlalu panjang, maka Anda bisa membuatnya menjadi hargamobil.com.

Paham?

  • Saya anggap Anda sudah paham ya.

Lalu bagaimana dengan nama domain yang menggunakan nama pribadi. Apakah berpengaruh terhadap page rank?

Meski blog Anda menggunakan domain dengan nama sendiri, tapi apabila kata kunci yang diterapkan pada blog Anda diimplementasikan dengan tepat, maka hasilnya tetap bagus di hasil pencarian google. 

Mau bukti?

Lihat gambar di bawah ini.

Coba Anda ketikan kata kunci "tutorial blogger pemula", saat Anda klik cari, maka blog yang muncul diposisi paling atas adalah blog mas Sugeng yaitu sugeng.id. 

Itu membuktikan bahwa nama domain itu tidak terlalu berpengaruh pada target keyword yang ada pada blog. Oleh karena itu Anda tidak usah ragu untuk membuat domain dengan nama sendiri.


4. Belajar Membuat Konten

Dalam konteks menjadi seorang blogger atau konten kreator, maka Anda harus memiliki pemikiran bahwa konten is king, baru SEO belakangan. Untuk ukuran blogger pemula hal itu tidak ada salahnya, karena saat seseorang berhasil membuat blog, maka tahapan selanjutnya adalah membuat konten untuk isi didalam blog. 

Konten utama pada blog adalah artikel, oleh karena itu blogger pemula harus terus belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Memang menulis artikel di blog terlihat mudah, cukup mengetik di PC, laptop, atau smartphone, maka artikel sudah jadi dan siap dipublish.

Tapi sebenarnya ada kaidah-kaidah yang harus dipahami seorang blogger ketika membuat artikel. Contoh sederhanya adalah penggunaan tag H1, H2, H3, dan seterusnya, penempatan kata kunci yang tepat, serta pemahaman SEO ketika membuat artikel.

Jika dibaca sekali, mungkin Anda akan merasa pusing harus belajar ini itu tentang SEO yang ribet. Tapi jika Anda mempelajarinya secara perlahan, maka Anda akan bisa memahaminya sedikit demi sedikit.

Semakin sering Anda membuat konten di blog, semakin paham dan tau juga Anda bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar, cara mengoptimasi artikel agar dibaca banyak pengunjung, dan bagaimana cara membuat artikel yang baru dibuat bisa langsung bersaing di halaman pertama google.

Baca: Cara Membuat Artikel Berkualitas

5. Belajar SEO

Hal yang wajib dilakukan oleh seorang blogger adalah belajar SEO (search engine optimization). Hal ini tidak hanya berlaku bagi blogger pemula saja, blogger yang sudah paham SEO pun harus tetap belajar tentang hal ini karena akan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Berikut ini beberapa dasar SEO yang bisa dipraktikan secara langsung.

Mendaftarkan Blog ke Tools Search Engine

Di Indonesia, search engine yang cukup populer selain google.com adalah yahoo.com. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya masih ada tools search engine lain yang bisa dimanfaatkan blog Anda. 

Mendaftarkan blog ke mesin pencari adalah yang penting, karena mesin pencari adalah tempat dimana orang mencari informasi, dan tools mesin pencari merupakan alat yang akan membuat blog muncul di mesin pencarian.

Berikut ini beberapa tool search engine yang Anda wajib daftar disana. 

1. Google Seacrh Console

Google search console atau yang dulu dikenal sebagai google webmaster adalah salah satu alat yang wajib blog Anda daftar disana. 

Pada search console terdapat menu sitemap yang berfungsi untuk memberitahu mesin pencari apa saja dan berapa jumlah konten yang ada pada blog. Salah satu contoh sitemap yang bisa Anda masukan di search console adalah sitemap.xml.

Selain itu pada search console terdapat menu inspeksi yang berfungsi untuk mensubmit URL artikel ke mesin pencari. Dengan menggunakan tool google search console maka blog dan konten yang ada didalam blog Anda pasti akan muncul ketika dicari di google.

2. Bing Webmaster Tools

Bing webmaster tools adalah alat yang disediakan microsoft untuk para blogger dan web develover. Jika Anda belum tau, bing adalah salah satu mesin pencari buatan microsoft yang sangat bagus.

Dengan memanfaatkan bing webmaster tools, maka blog Anda tidak hanya muncul di google saja, tapi blog Anda juga akan tampil pada mesin pencarian bing.

3. Yandex Webmaster

Yandex adalah mesin pencari yang digunakan oleh Rusia. Tapi meski mesin pencari ini dibuat dan digunakan di Rusia, pihak yandex tetap memberikan izin bagi blog yang berasal dari mana saja.

Tools yandex webmaster bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kunjungan dari orang Rusia. Tentu saja, semakin banyak pengunjung yang Anda dapatkan, maka semakin bagus juga kualitas blog Anda.

Melakukan Optimasi SEO Pada Blog

SEO itu selalu berubah-ubah dan terus berkembang, oleh karena itu setiap blogger harus bisa melakukan optimasi SEO pada blognya.

Pada artikel ini saya tidak akan membahas tentang optimasi SEO secara lengkap karena saya sudah pernah membuat artikel cara optimasi SEO template Viomagz. Selain itu, saya juga sudah membuat artikel tentang tutorial SEO untuk blogger pemula yang bisa Anda baca diartikel berikut ini.

Baca: Seo Blogger Untuk Pemula


6. Konsisten

Hal yang wajib dilakukan blogger pemula yang keenam adalah konsiten. Jika Anda ingin berhasil dan sukses dari blog, maka Anda harus menjaga konsistensi Anda dalam ngeblog, mulai dari belajar membuat konten, konsisten belajar membuat artikel, konsisten belajar SEO, konsiten terus mempelajari kesalah yang dilakukan pada blog dan berusaha memperbaikinya.

Banyak blogger pemula yang bilang bahwa hal yang paling sulit dilakukan dalam ngeblog adalah menjaga konsistensi. Memang itu benar, saya pun pernah merasakannya. Tapi sekali lagi saya tekankan, apabila motivasi membuat blog untuk mencari cuan secepatnya, maka pasti Anda akan tidak konsisten, apalagi jika blog tidak kunjung memberikan penghasilan. Oleh karena itu, buatlah blog dengan tujuan untuk berbagi ilmu dan atau hanya untuk menyalurkan hobi menulis.

Semakin banyak konten yang Anda buat pada blog, maka semakin sayang juga Anda pada blog Anda. Nah, untuk mengatasi stack yang membuat Anda jadi tidak konsisten membuat konten, silahkan baca artikel hal yang harus dilakukan seorang blogger ketika stack tidak ada ide untuk menulis.   


Penutup

Menjadi seorang blogger sukses tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Perlu proses dan perjuangan luar biasa untuk bisa meraihnya. Saya sendiri belum menjadi seorang blogger sukses, tapi memiliki keinginan kuat untuk menjadi seorang blogger sukses yang bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta perbulan dari ngeblog.

Semua tips yang ditulis dalam artikel ini pure merupakan hasil pemikiran saya berdasarkan pengalaman. Tapi saya juga mengambil referensi dari blog lain demi melengkapi informasi yang diberikan dalam artikel ini.

Semoga bernamfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar