Cara Agar Artikel Blog Muncul di Pencarian Google - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Agar Artikel Blog Muncul di Pencarian Google

cara agar artikel muncul di google

Salah satu kendala yang pasti pernah dirasakan semua blogger pemula adalah artikel tidak muncul pada hasil pencarian google. 

Nah, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan artikel tidak muncul pada hasil pencarian google? 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan artikel tidak muncul di hasil pencarian google.


Penyebab Artikel Tidak Muncul di Google 

1. Blog Masih Baru 

Semua blogger pemula pasti pernah membuat artikel pada blog barunya dan langsung mempublikasikannya. Namun, setelah dicari di Google artikelnya tidak muncul sama sekali. 

Ini merupakan hal normal, karena setiap blogger pemula pasti belum tau cara melakukan indexing artikel ke mesin pencari.


2. Artikel Terlalu Pendek 

Salah satu faktor yang membuat artikel tidak terindeks di mesin pencari google adalah jumlah kata pada artikel sangat sedikit, sehingga google menganggapnya sebagai not important content. 

Menurut beberapa sumber yang saya baca, jumlah kata yang direkomendasikan pada sebuah artikel adalah minimal 500 atau 700 kata, sedangkan yang lebih direkomendasikan adalah 1000 sampai 1500 kata. 


3. Struktur Data Template Tidak Baik 

Struktur data pada template sangat berpengaruh pada cara kerja indexing artikel ke mesin pencari.

Berdasarkan pengalaman, saya pernah menggunakan template Viomagz redesign yang memiliki tampilan seperti template Ignilplex.

Tapi ternyata struktur pada template tersebut tidak baik, sehingga setiap artikel yang saya buat tidak bisa muncul di pencarian google. 


4. Belum Menggunakan Robot.txt 

Robot.txt adalah sebuah script yang berisi perintah pada bot mesin pencari untuk memilah halaman mana saja yang boleh dan tidak boleh di indeks mesin pencari. 

Berikut ini adalah contoh robot.txt yang umum digunakan setiap blogger. 

User-agent: Mediapartners-Google 
Disallow:

User-agent: *
Allow: /

Sitemap: https://www.bloganda.my.id/sitemap.xml

Silahkan Anda ganti "bloganda.my.id" dengan nama domain Anda. 


5. Belum Mendaftar Search Console

Faktor utama artikel pada blog tidak muncul di google adalah karena belum mendaftarkan blog ke google search console.

Perlu diketahui bahwa google search console adalah sebuah alat yang disediakan oleh google secara gratis untuk mempermudah proses indexing, dan untuk menyelesaikan masalah- masalah yang terjadi pada blog atau website.


6. Masih Dalam Google Sandbox

Google sandbox adalah sebuah perintah fileterisasi oleh google pada setiap blog baru atau yang terkena hukuman ketika mempublikasikan artikel baru.

Untuk blog baru, smakin banyak artikel yang dibuat, maka semakin banyak juga artikel yang akan terindeks dan muncul dihasil pencarian google. Sedangkan untuk situ yang terkena hukuman, artikel baru akan lebih sulit terindeks, serta artikel yang lama akan mengalami down rank atau deindex.

Untuk menghindari hal tersebut, silahkan baca pengalaman dan cara mengatasi hukuman google sandbox yang pernah saya alami.


Cara Agar Artikel Muncul di Google 

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan agar artikel muncul di google. 

1. Buat Artikel Original 

Google sangat merekomendasikan artikel yang dibuat pada suatu blog adalah original hasil tulisan sendiri, dan bukan hasil copy paste dari blog lain. 

Sebisa mungkin buat artikel yang lengkap dengan penambahan data seperti gambar, infografis, statistik, dan lain-lain. 

2. Buat Minimal 5 Postingan 

Jika blog Anda masih baru dan belum memiliki konten, maka sebaiknya buatlah terlebih dahulu minimal 5 postingan.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan mesin crawl google untuk mengindeks semua konten yang ada pada blog. 

3. Daftar Google Search Console

Setelah blog Anda memiliki halaman About, Contact, Disclaimer, Privacy Police, dan 5 postingan, maka selanjutnya Anda wajib mendaftarkan blog ke google search console. 

Untuk lengkapnya, silahkan baca artikel cara membuat sitemap di search console yang sudah tersedia di blog ini.

4. Inspeksi URL Artikel 

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan agar artikel muncul di google adalah melakukan inspeksi URL secara manual di google search console.

Silahkan Anda pergi ke menu "Inspeksi URL", lalu setelah itu Anda masukan URL artikel yang telah dibuat dan dipublish pada kolom inspeksi, lalu klik enter. 

Untuk mendapatkan URL postingan, Anda cukup buka blog Anda, lalu klik kanan pada judul artikel yang ingin diambil URL-nya, setelah itu pilih Copy link address. 

Setelah Anda memasukannya pada menu Inspeksi URL, sebaiknya anda memiliki dua pilihan, yaitu test live dan minta pengindeksan. Silahkan Anda pilih mana yang menurut Anda paling efektif pada blog Anda. 


Kesimpulan 

Pada dasarnya artikel yang dibuat di blog pasti akan terindeks meski tidak didaftarkan di google search console. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk artikel tersebut muncul di google akan sangat-sangat lama.

Tidak ada aturan baku berapa jumlah kata pada artikel, karena dari pengalaman saya, di blog ini ada juga artikel yang sangat pendek dan jumlah katanya tidak lebih dari 200.

Tapi sebagai rekomendasi, sebaiknya tulis artikel dengan jumlah kata minimal 500 kata, dan maximal 1000 kata. 

Nah terakhir, alat gratis yang diberikan google untuk membantu mengindeks dan menyelesaikan masalah pada blog ini wajib dimanfaatkan.

Semakin Anda paham cara menggunakan search console, maka semakin mudah juga Anda untuk membuat artikel muncul di google.

Semoga bermanfaat.


Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar