Facebook Marketing: Cara Promosi di Facebook Untuk Pemula - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Facebook Marketing: Cara Promosi di Facebook Untuk Pemula

cara promosi di facebook

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial terbesar di dunia. Oleh karena itu, ketika Anda membuat akun di facebook, maka Anda akan menemukan banyak sekali orang yang Anda kenal dan juga tidak Anda kenal.

Bagi orang yang hanya ingin mengabadikan momen lewat foto, facebook bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sharing dan menyimpan dokumentasi gambar tanpa batas ruang penyimpanan. Selain itu facebook juga bisa dimanfaatkan untuk membuat status yang isinya bisa berupa opini (tulisan), mame (gambar), dan lain-lain.

Nah, bagi seorang pebisnis yang memiliki produk, jasa, atau orang yang ingin melakukan self branding, maka peran facebook bukan hanya sekedar tempat untuk membagikan gambar dan status saja, karena facebook bisa juga digunakan sebagai media yang untuk promosi dan menikatkan brand rating.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan ketika ingin melakukan promosi di facebook.


4 Tools Untuk Promosi di Facebook

1. Akun Pribadi 

cara promosi di facebook

Alat pertama yang harus Anda miliki untuk mulai menjalankan facebook marketing adalah akun pribadi. Oleh karena itu, jika Anda belum memiliki akun facebook maka segeralah mendaftar terlebih dahulu.

Meski sifatnya pribadi (bukan bisnis), namun jenis akun ini bisa juga digunakan sebagai alat untuk promosi. Hal itu karena akun facebook pribadi juga bisa dilihat isi postnya oleh orang-orang yang telah berteman dengan Anda. 

Namun perlu dicatat, Anda harus menyeting postingan yang dibuat sebagai publik, bukan hanya bisa dilihat oleh teman, dan atau hanya bisa dilihat oleh pribadi saja.

Kelebihan Akun Pribadi Facebook Untuk Promosi 

  • Bisa dilihat secara langsung oleh orang yang berteman.
  • Bisa dilihat secara langsung oleh orang yang tidak berteman lewat profile.
  • Gratis

Kekurangan Promosi di Akun Pribadi

  • Promosi tidak tertarget secara tepat.
  • Terbatas dengan aturan profil (maksimal 5000 teman).
  • Tidak muncul disemua beranda teman.


2. Fanspage

cara promosi di facebook

Fanspage atau facebook pages adalah sebuah akun facebook yang bebentuk halaman. Tidak ada batasan jumlah pengikut dalam fanspage ini. Namun tentu bukan perkara mudah untuk bisa mendapatkan banyak pengikut secara organik.

Nah, fanspage adalah salah satu media yang sangat tepat untuk promosi. Banyak contoh fanspage yang bisa Anda temukan di facebook yang isinya merupakan promosi produk barang, jasa, atau self branding.

Namun perlu diingat, facebook sendiri membuat algoritmanya untuk mempriorotaskan konten dari keluarga dan teman-teman pengguna. Oleh karena itu tidak semua konten promosi Anda di fanspage akan muncul di beranda pengikuti.

Kelebihan Promosi Dengan Fanspage

  • Menjangkau lebih banyak pengguna facebook.
  • Gratis.

Kekurangan Promosi di Fanspage

  • Tidak semua konten promo akan tampil di beranda pengikut.
  • Tidak mudah untuk mendapatkan banyak pengikut secara organik.


3. Groups

cara promosi di facebook

Group facebook adalah salah satu media yang paling direkomendasikan untuk promosi. Hal itu karena rata-rata grup facebook yang besar bisa memiliki jutaan anggota. Oleh karena itu jika Anda melakukan promosi disana, maka jelas promosi yang Anda buat akan dilihat banyak orang.

Kelebihan Promosi di Group Facebook

  • Menjangkau lebih banyak orang
  • Gratis

Kekurangan Promosi di Group Facebook

  • Ada peraturan khusus dari admin grup.
  • Tidak bebas melakukan post promosi.
  • Bisa dikeluarkan admin sewaktu-waktu.


4. Facebook Ads

cara promosi di facebook

Tools yang bisa Anda manfaatkan saat melakukan promosi di facebook adalah facebook ads. Sifat facebook ads hampir sama dengan google ads, hanya saja facebook ads akan tampil pada beranda facebook.

Facebook ads ini sangat bagus untuk digunakan ketika Anda ingin melakukan promosi. Hal itu karena facebook ads bisa menarget audiens dengan tepat. Contoh, saya suka mencari informasi seputar dunia blogging di google. Nah, iklan yang keluar di halaman beranda facebook saya tidak jauh dari jasa jual beli backlink, tools SEO, dan diskon membeli domain dan hosting.

Oleh karena itu facebook ads ini sangat tepat untuk dijadikan alat pendukung ketika kita ingin meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awernes, karena dapat menentukan audien secara tepat.

Kelebihan Menggunakan Ads Untuk Facebook Marketing

  • Menjangkau lebih banyak pengguna facebook.
  • Target pengguna yang melihat iklan 99% tepat sasaran.
  • Tidak perlu ribet membuat fanspage atau grup.  

Kekurangan Facebook Marketing Menggunakan Ads

  • Perlu biaya


Ok, setelah Anda mengetahui empat tool yang diperlukan untuk facebook marketing, kini saatnya Anda mengetahui cara promosi di facebook dengan mudah.


Cara Promosi di Facebook Untuk Pemula

Ada dua jenis promosi yang bisa Anda lakukan di facebook, yaitu promosi gratis dan promosi berbayar. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menjalankan facebook marketing sebaiknya ketahui terlebih dahulu khalayak Anda, agar program facebook marketing yang Anda jalankan tidak salah sasaran.

Contoh Promosi Gratis di Facebook

1. Membuat Infografis

Infografis adalah sebuah gambar yang isinya merupakan rangkuman atau kesimpulan dari suatu pembahasan. Contoh, saya sering melakukan promosi blog ini di facebook dengan membuat infografis yang menarik dan dishare ke facebook.

cara promosi di facebook
Sumber: Galleri iklan

2. Share Konten Blog Atau Website

Cara promosi gratis di facebook yang kedua adalah dengan membagikan produk atau jasa yang sudah dibuat di blog atau website ke profil facebook, grup, atau halaman (fanspage).

Meski algoritma facebook tidak akan menampilkan postingan share tersebut kebanyak orang, namun Anda tetap bisa mendapatkan perhatian orang meski jumlahnya tidak banyak.


3. Ajak Teman Facebook Untuk Promosi

Agar facebook marekting yang dilakukan memberikan hasil maksimal, maka Anda bisa mengajak teman Anda yang memiliki facebook untuk melakukan share infografis yang sudah Anda buat, atau bisa juga share konten yang Ada di blog atau website Anda.

Cara ini bisa meningkatkan jumlah pengguna facebook melihat promosi yang Anda buat.


Contoh Promosi Berbayar 

1. Beriklan di Facebook Ads

Ketika Anda ingin menjalankan facebook marketing secara maksimal di facebook, maka tools terbaik yang bisa membuat promo Anda dilihat banyak pengguna facebook secara instan adalah dengan memanfaatkan facebook ads.

Cara ini lebih efektif jika dibandingkan dengan promosi gratisan, karena dapat menargetkan iklan kepada pengguna facebook yang tepat. Namun, untuk memanfaatkan tools ini tentu anda harus menyiapkan dana, karena beriklan di facebook ads akan dikenakan biaya.

2. Gunakan Jasa Komentar

Saat Anda sedang melakukan promosi di facebook, maka cara yang paling efektif untuk meningkatkan trust pengguna adalah memperbanyak jumlah komentar pada konten promosi Anda.

Saat Anda kesulitan mendapatkan komentar organik di facebook, maka Anda bisa mencoba menggunakan jasa komentar terbaik dari rajakomen.com. 

Jika Anda belum tau, rajakomen.com adalah sebuah marketplace yang mempertemukan freelancer dengan para pemilik akun media sosial seperti facebook, instagram, playstore, tiktok, twitter, youtube, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak dan semakin relevan komentar yang Anda dapatkan di facebook, maka semakin bagus juga dampaknya pada promosi yang Anda lakukan.


Praktek Facebook Marketing Untuk Pemula

Berikut ini adalah praktik sederhana facebook marketing yang bisa dilakukan oleh pemula.

1. Fokus Penargetan Audiens

Sebelum Anda memulai mempromosikan sesuatu di facebook, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengguna facebook yang mana yang menjadi target Anda.

Jangan sampai Anda mempromosikan produk A, namun malah dilihat oleh pengguna facebook yang tertarik pada produk B. Oleh karena itu fokuskan promosi Anda di facebook pada pengguna yang tepat.

2. Campurkan Konten Biasa Dan Konten Jualan

Promosi yang Anda lakukan adalah untuk meningkatkan penjualan, ya, itu benar sekali. Tapi Anda juga lebih baik mencampurkan konten biasa pada praktiknya. Jangan sampai pengguna facebook yang Anda targetkan malah kabur karena melihat spam promosi yang Anda lakukan.

Anda bisa melakukan mix konten promosi penjualan dengan postingan tenstimoni dari pembeli, atau menjelaskan kelebihan luar biasa dari produk yang Anda jual.

3. Berikan Konten Terbaik 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada facebook marketing yang dilakukan, maka buatlah konten terbaik untuk diberikan kepada pengguna facebook yang ditarget.

Semakin bagus konten yang Anda berikan, semakin bagus juga untuk promosi yang Anda lakukan di facebook.

4. Posting Konten Pada Waktu Yang Tepat

Tidak ada acuan pasti kapan waktu yang tepat untuk memposting konten promosi yang dibuat. Hal itu karena setiap orang yang ada di facebook akan silih berganti onile dan offline. 

Namun Anda bisa meilhat waktu terbaik untuk memposting konten promosi Anda dengan melihat tool page insight. Anda bisa mempelajari data pengguna yang online dan offline pada waktu tertentu.

5. Membangun Komunkasi Yang Baik

Saat konten promosi Anda mendapatkan respon, maka hal yang harus Anda lakukan adalah membangun komunikasi dengan pengguna yang berkomentar. Hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui apa keinginan dari pengguna yang melihat promosi Anda.

Dengan membangun komunikasi yang baik dengan audiens, maka besar kemungkinan produk yang dijual akan laris manis.


Masih banyak lagi hal yang bisa dipelajari pada facebook marketing ini. Anda bisa mencoba ide baru untuk membuat promosi yang dilakukan di facebook ini lebih berhasil.

Untuk pemula, memang facebook marketing ini cukup membingungkan. Namun jika Anda gigih dalam mempelajarinya, maka Anda akan menjadi seorang facebook marketer yang handal.

Belajar promosi di facebook itu gratisk kok, jadi kalau Anda mau sukses melakukan promosi di facebook, maka sering-seringlah belajar.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar