Cara Menjadi Blogger Sukses, Terus Belajar dan Kerja Cerdas! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Menjadi Blogger Sukses, Terus Belajar dan Kerja Cerdas!

blogger sukses

Menjadi seorang blogger itu tidak menjamin anda akan sukses secara materi, namun apabila anda adalah seorang yang memang bertekad kuat untuk bisa menjadi seorang blogger sukses, maka hal itu pasti bisa dicapai, dengan syarat anda harus bekerja lebih keras, lebih giat dan lebih cerdas.

Nah dalam artikel ini, saya akan memberikan kiat-kiat menjadi seorang blogger yang sukses baik di dunia maupun di akhirat.

Namun sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam tentang cara dan tips menjadi blogger sukses, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu blog, apa fungsi blog, bagamana cara membuat blog, tujuan membuat blog dan bagaimana mencapai kesuksesan lewat blog.

Apa Itu Blog?

Dikutip dari hostinger.co.id, blog adalah sebuah website atau jurnal online yang membuat beragam informasi berupa, artikel, foto, atau video, yang diperbarui secara rutin.

Pada umumnya, blog dibuat oleh seseorang atau beberapa orang yang memiliki minat menulis dengan tujuan memberikan konten informasi berupa tulisan.

Apa itu blogger?

Blogger adalah sebutan untuk orang yang mengelola atau memiliki blog. Blogger juga merupakan sebuah nama layanan gratis dari Google yaitu blogger.com, atau yang lebih dikenal dengan nama blogspot.com

Apa itu blogging?

Blogging merupakan aktifitas yang dilakukan dalam blog oleh pemiliki blog. Aktifitas tersebut bisa berupa pembuatan artikel, penambahan elemen, atau aktifitas apa saja yang bersifat memberikan penambahan pada blog.


Fungsi Blog

Pada umumnya blog berfungsi sebagai media online yang isi kontennya bisa berupa tulisan, foto atau video, yang dipublikasi lewat internet oleh pengelola blog. Namun sebenarnya masih banyak fungsi lain dari blog ini, dan beberapa diantaranya akan saya jelaskan dibawah ini.

Menjadi Media Online

Pada zaman dahulu, kita mungkin mengenal koran dan majalah sebagai media cetak yang isi kontennya berupa berita atau hal lain dalam bentuk tulisan yang dicetak pada kertas.

Namun pada saat ini kita sudah jarang menemukan koran atau majalah, karena pada masa ini semua orang sedang melakukan transisi digitalisasi, sehingga media cetak semakin terkalahkan pamornya oleh media online yang lebih mudah diakses kapan saja dan dimana saja lewat gadget.

Pada era digital seperti sekarang, blog berfungsi menjadi media online yang mudah diakses oleh setiap orang lewat gadget. Selain itu karena sifatnya adalah media online, maka pemilik blog harus bisa mendesign blognya sebaik mungkin agar lebih mudah di akses, dan juga pengelola harus memberikan konten yang berkualitas pada blognya.  

Menjadi media promosi

Blog bisa menjadi media yang tepat untuk melakukan promosi, karena sifatnya online dan mudah ditemukan siapa saja orang yang berselancar internet. Blog akan lebih efektif digunakan untuk promosi apabila sudah memiliki banyak visitor.

Beberapa contoh promosi yang sering dijumpai dalam blog adalah obat herbal, perumahan, jasa, dan lain-lain.

Menjadi online shop

Blog selain bisa menjadi media tulis elektronik juga bisa menjadi toko online. Didalam blog, kita menjual produk fisik atau produk digital. Selain itu anda juga bisa berjualan jasa didalam blog.

Tempat menyalurkan hobi menulis

Orang yang suka menulis maka akan sangat tepat jika memiliki blog, Karena dengan memiliki blog maka maka orang tersebut bisa mempublikasikan tulisannya ke seluruh dunia lewat internet.

Menjadi ladang penghasilan

Blog bisa menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan, karena dalam blog selain kita bisa berjualan produk, kita juga bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan. 

Tempat mempublikasi karya

Blog berfungsi juga untuk mempublikasikan karya agar bisa dilihat banyak orang. Karya tersebut bisa berupa karya tulis, fotografi, design, video dan karya lainnya.


Cara Membuat Blog

Jika anda berminat menjadi seorang blogger, maka ada dua flatform blog yang paling populer dan bisa anda gunakan keduannya secara gratis. Flatform tersebut adalah blogger.com dan Wordpress.com atau wordpress.org.

Secara keunggulan, wordpress dikenal lebih baik dibandingkan dengan blogger. Hal itu terjadi karena di wordpress, anda memiliki opsi untuk memasukan berbagai plugin yang bisa menambah optimasi blog.

Sedangkan di blogger.com, anda tidak bisa menambahkan plugin karena tidak ada tool untuk menambah optimasi blog. Artinya, anda hanya bisa melakukan optimasi secara manual lewat coding html.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca artikel dibwah ini!

Perbedaan Wordpress.com, Wordpress.org dan Blogger.com

Dalam artikel kali ini saya hanya akan menjelaskan secara singkat cara daftar di blogger.com.

1. Buat akun google

Salah satu syarat untuk bisa mendaftar di blogger.com adalah anda harus memiliki email dengan domain @gmail.com, setelah itu barulah anda bisa membuat email secara gratis di google.com.

2. Buka blogger.com

Setelah anda memiliki akun gmail, selanjutnya anda tinggal membuka blogger.com. 

3. Buat nama domain

Masukan nama domain yang anda inginkan kedalam kolom nama blog, kemudian masukan nama domain kedalam kolom URL domain.

Apabila nama domain tersedia, maka anda bisa tinggal memilih tema, dan klik buat. dan perlu diingat bahwa setiap domain yang dibuat di blogger harus berekstensi blogspot.com atau blogspot.co.id terlebih dahulu.

Untuk bisa menggunakan top level domain atau TLD, maka anda harus membeli domain tersebut ke website penyedia layanan domain.

Tujuan Membuat Blog

Setiap orang yang membuat blog pasti memiliki tujuan tertentu. Saya sendiri membuat blog ini bertujuan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Alasan lain seseorang membuat blog bisa juga karena mungkin hanya sekedar menyalurkan hobi menulis, atau hanya ingin karyanya terpublikasi dan bisa dinikmati banyak orang.

Untuk alasan lainnya, silahkan anda tulis dikolom komentar ya!


Cara Jadi Blogger Sukses

Untuk bisa menjadi seorang blogger sukses, tentu kita harus bekerja lebih keras, dan bekerja cerdas. Bekerja keras yang saya maksud disini adalah kita harus terus berusaha memberikan konten terbaik bagi pengunjung blog. Dan yang dimaksud dengan kerja cerdas adalah kita harus lebih kreatif dan membuat sesuatu yang berbeda dari blog lain, dan itu harus disukai banyak orang.

1. Motivasi harus kuat

Jika motivasi anda kuat, maka saat blog anda sepi pengunjung pun, anda akan tetap semangat membuat artikel atau mempublikasikan konten-konten bermanfaat pada blog anda.

Untuk bisa mendapatkan motivasi lebih, ketika anda melihat blog anda belum sebesar blog sebelah, maka anda harus tiru cara blog tersebut agar bisa menjadi sebesar itu, lalu memodifikasinya dengan menambahkan hal-hal unik lain yang bisa menarik pengunjung.

Semakin kuat motivasi anda, semakin besar pula kemungkinan blog anda menjadi besar dan bisa mendatangkan kesuksesan bagi anda.

2. Terus belajar

Untuk menjadi seorang blogger sukses, maka anda harus menanamkan rasa tidak pernah puas dengan ilmu blogging yang anda miliki. Perlu anda ketahui bahwa menjadi seorang blogger itu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipahami agar blog yang anda kelola bisa menjadi blog besar.

Hal yang paling dasar dan harus anda ketahui ketika menjadi seorang blogger adalah cara membuat blog yang benar, cara membuat artikel yang benar, cara indexing artikel agar muncul di google, cara memahami SEO (search engine optimization) yang bisa berubah kapan saja, cara menentukan keyword (kata kunci) pada artikel, dan masih banyak lagi.

Semakin dalam anda mencari ilmu blogging, semakin banyak pula ilmu blogging yang anda miliki, dan hal itu akan semakin mendekatkan anda pada kata sukses jadi blogger.

3. Disiplin

Disipilin yang saya maksud disini adalah ketika anda benar-benar ingin menjadi seorang blogger sukses, maka anda juga harus disiplin pula terhadap perilaku blog anda. Contohnya adalah anda disiplin dalam pembuatan artikel secara berkala, karena semakin banyak konten pada blog anda, semakin banyak pula pengunjung blog anda, dan semakin banyak pengunjung blog, semakin besar pula blog anda.

4. Jualan Produk

Kesuksesan seorang blogger tidak harus selalu dari iklan Google AdSense, jika anda ingin sukses menjadi seorang blogger, maka anda harus bisa menjual produk.

Produk yang dijual bisa berupa produk fisik, produk digital dan jasa. Intinya anda harus memanfaatkan blog anda untuk bisa mendapatkan cuan tambahan.

5. Pasang Iklan

Selain berjualan, anda juga bisa memanfaatkan blog untuk memasang iklan. Pada umumnya kebanyakan blogger lebih memilih iklan dari Google AdSense, namun apabila anda memiliki pengunjung blog yang banyak, maka anda bisa membuat slot iklan kosong untuk anda jual kepada orang yang ingin memasang iklan di blog anda.

6. Bangun komunitas

Untuk membuat anda menjadi seorang blogger sukses, maka anda harus membangun komunitas yang isi dari komunitas itu merupakan pengunjung yang setia terhadap blog anda, atau orang-orang yang menunggu setiap konten yang anda publikasi.

Semakin besar komunitas yang anda bangun, semakin besar pula blog anda dimata pengguna internet, dan semakin blog anda dikenal banyak orang, semakin besar pula kesempatan anda untuk menjadi seorang blogger sukses.

7. Jangan malu

Salah satu tantangan ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger adalah ledekan dari orang lain, khususnya teman-teman anda. Untuk bisa memiliki penghasilan tetap dari blog itu dibutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga terkadang teman-teman anda menyepelekan pekerjaan ini.

Poin ketujuh ini merupakan pengalaman saya pribadi, namun meski banyak orang menyepelekan pekerjaan saya ini, saya tetap yakin akan menjadi seorang blogger yang sukses.

Baca: Tutorial Blogger Pemula

Penutup

Sebenarnya akan lebih elok apabila artikel cara menjadi blogger sukses ini dibuat oleh seorang blogger yang memang sudah sukses. Namun karena saya adalah seorang blogger yang bermimpi mempunyai blog besar, dikenal banyak orang dan sukses, maka saya ingin berbagi tips dan cara yang saya lakukan.

Harapan saya dengan memberikan artikel cara menjadi blogger sukses yang sedang saya kerjakan ini semoga bisa menjadi motivasi bagi anda dan bisa menjadi arah untuk anda yang memiliki mimpi sama seperti saya, yaitu menjadi seorang blogger yang sukses.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar