VGA GT9600 Bekas dan No Display, dicuci Auto Nyala Lagi! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

VGA GT9600 Bekas dan No Display, dicuci Auto Nyala Lagi!

vga gt9600 no display

Untuk sebagian orang yang memiliki VGA rusak, mungkin mereka lebih memilih mengganti VGA rusaknya dengan VGA baru. Namun untuk sebagian orang, memilih untuk mencoba memperbaiki VGA rusak dengan cara extream pun bisa dilakukan.

Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki VGA GT9600 yang rusak no display dengan cara di cuci.

Sebenarnya artikel tentang cara memperbaiki VGA rusak dengan cara dicuci sudah saya tulis dalam blog ini, silahkan baca artikelnya disini.

Namun karena saya kembali menemukan masalah yang sama, jadi saya putuskan untuk membuat artikelnya kembali.

VGA rusak yang saya cuci kali ini adalah Nvidia GT9600 yang sudah dianggap rusak karena no display. Jadi saat itu saya sedang bermain ke lab komputer ditempat saya kerja, dan saat itu saya menemukan sebuah VGA yang sudah tidak terpakai dan berdebu.

Lantas saya menanyakan pada teman kerja saya yang menjadi kepala lab komputer tersebut, apakah VGA itu boleh untuk saya, karena saya mau mencoba memperbaikinya.

Setelah VGA itu diberikan kepada saya, barulah saya membawanya kermuah dan mencoba memperbaikinya. Sebelum masuk ke proses mencuci VGA, saya cek terlebih dahulu VGA tersebut dengan memasangnya pada komputer saya.

Namun setelah di cek ternyata VGA tidak merespon sama sekali, jangankan no display, kipas atau fan VGA saja tidak hidup, dan itu berarti VGA dalam keadaan mati total.

Namun saya tidak langsung berkecil hati karena masih ada cara extream yang belum saya coba, yaitu mencuci VGA GT9600 ini dengan deterjen. 

Alat Yang Diperlukan

1. Obeng

Sebelum saya membongkar VGA GT9600 yang mati total ini, maka saya persiapkan terlebih dahulu obeng set yang bisa berguna untuk membuka backplate dan kipas atau fan dari VGA.

2. Thermal Paste

Karena VGA rusak tersebut akan dicuci sampai bersih, maka otomatis pasta thermal pada processor VGA akan ikut tercuci, oleh karena itu saya siapkan thermal paste untuk pengganti thermal yang lama ketika VGA sudah selesai proses pencucian dan siap dicoba.

3. Panci & Sabun

Sebenarnya untuk alat satu ini sih bisa opsional, bisa saja saya menggunakan ember atau peralatan lain. Namun panci memiliki luas yang lebar, sehingga lebih enak ketika digunakan untuk mencuci VGA.

Sabun deterjen disini berguna untuk mengangkat semua kotoran dan debu yang menempel pada VGA. Sehingga VGA akan menjadi bersih dan bisa menyalurkan elektronik secara lancar tanpa terhambat debu atau kotoran yang menempel.

4. Sikat Cuci Baju

Sikat cuci baju diperlukan untuk membersihkan semua area yang terdapat pada VGA, karena kemungkinan ada noda yang sulit dibersihkan seperti korosi atau debu yang sudah menempel sejak lama.

Cara Mencuci VGA GT9600 

1. Bongkar VGA

Bongkar part VGA yang tidak perlu dicuci seperti backplate dan kipas VGA. Setelah itu pisahkan board intinya saja untuk dibersihkan dengan cara dicuci.

2. Siapkan Air dengan Sabun Deterjen

Setelah VGA dibongkar, maka selanjutnya bersiap untuk menyiapkan air yang sudah diberi deterjen sampai berbusa. Lalu, masukan board VGA kedalam air tersebut dan diamkan selama 10 sampai 20 menit.

Proses ini saya lakukan untuk memperudah proses pembersihan kotoran dan debu yang menempel pada board VGA.

3. Sikat VGA Sampai Bersih

Setelah menunggu kurang lebih 20 menit, bersihkan VGA tersebut dengan cara disikat secara merata ke semua bagian VGA. Saya sendiri pernah membilas VGA rusak sampai 2 kali karena ingin benar-benar bersih.

4. Jemur VGA

Jemur VGA sampai benar-benar kering, kalau anda memiliki hair dryer akan sangat membantu proses pengeringan. Namun karena saya tidak memilikinya, maka saya hanya menjemur VGA tersebut dari pagi sampai sore.

5. Coba VGA

Setelah proses pengeringan selesai, saatnya memasang kembali part yang telah kita pisahkan, yaitu backplate dan fan atau kipas VGA. Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu anda memberikan thermal paste pada processor VGA.

Dengan cara tersebut akhirnya VGA GT9600 yang dikira orang sudah mati total ternyata bisa hidup lagi secara normal. Bahkan VGA tersebut masih siap diajak main game PES 2013.

Nah itulah pengalaman saya dalam memperbaiki VGA Nvidia GT9600 dengan cara di cuci. 

Semoga bermanfaat dan wasalam.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar