22 Sumber Backlink Gratis dan Berkualitas Untuk Blog - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

22 Sumber Backlink Gratis dan Berkualitas Untuk Blog

cara mendapatkan backlink gratis

SEO atau search engine optimization pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page.  Kedua jenis teknik SEO ini sangat penting untuk diaplikasikan pada blog agar bisa menarik banyak kunjungan blog.

Salah satu teknik SEO off page yang penting untuk diaplikasikan pada blog adalah link building, dan salah satu contoh teknik link building adalah mencari backlink berkualitas dari blog atau website lain yang memiliki reputasi baik di mesin pencari.

Nah, berikut ini mari kita bahas bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas dari blog atau website lain. Tapi sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa backlink itu sangat penting bagi sebuah blog. 


Mengapa Backlink Penting?

Sampai saat ini kekuatan backlink masih sangat baik untuk mengangkat posisi agar berada diposisi pertama mesin pencari.  Namun. ada backlink sendiri memiliki nilai tertentu dimata google.

Apabila backlink yang didapatkan relevan dengan tema blog, maka nilainya akan semakin bagus. Tapi apabila backlink tidak relevan dengan niche atau tema pembahasan blog, maka nilainya kurang bagus.

Selain itu, saat ini google sendiri telah membuat sebuah update di mesin pencarinya. Sehingga apabila suatu blog terindikasi melakukan spam backlink, alhasil blog yang terindikasi tersebut bukan mendapatkan peringkat yang baik, tapi malah akan membuat blog semakin menurun dan bisa saja menghilang dari pencarian google (SERP).

Jadi, backlink itu memang penting untuk dicari, tapi backlink yang bagus adalah backlink yang relevan dan didapatkan secara natural. Sehingga google tidak akan menganggapnya sebagai backlink spam.

Lalu bagaimana pola backlink berkualitas yang baik untuk blog?


Pola Backlink Yang Baik Untuk Blog 

backlink berkualitas untuk blog

Gambar di atas merupakan infografis yang menjelaskan bagaimana pola backlink yang baik untuk blog. 

Perhatikan dengan seksama!

Blog utama adalah blog yang akan mendapatkan backlink dari blog atau website yang menjadi sumber backlink. Kebanyakan para pakar SEO menyebutnya dengan link pyramid atau tier backlink.

Blog Backlink adalah blog atau website yang menjadi seumber backlink. Pada umumnya ada dua cara bagaimana blog utama bisa mendapatkan backlink. Pertama, pemiliki blog sengaja menanamkan backlink pada blog atau website sumber backlink. Kedua, blog sumber backlink sengaja menanamkan link blog kita sebagai referensi. 

Google adalah tujuan utama dari pengapilkasian SEO off page link building ini. Semakin relevan sumber backlink dengan link yang ditanam, semakin bagus juga nilai backlink tersebut dimata google.

Oleh karena itu, banyak pakar SEO yang berpendapat bahwa cara paling cepat dan ampuh untuk meningkatkan posisi blog ke halaman pertama mesin pencari google adalah dengan mencari backlink berkualitas.

Nah, bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas. Apakah sulit?


Sumber Backlink Berkualitas Gratis

Berikut ini adalah sumber backlink berkualitas dan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan posisi blog.

1. Kompasiana.com

Kompasiana adalah sebuah website yang mengusung selogan media warga (citizen media). Di Kompasiana kita bisa menulis artikel dan menautkan backlink yang relevan dengan artikel yang ada pada blog kita.

Saat dicek menggunakan moz bar, atribut backlink di kompasiana adalah nofollow. Tapi backlink dari kompasiana ini terbaca di moz.com dan aherfs.com.

Untuk bisa mendapatkan backlink dari kompasiana cukup sulit, karena adminnya akan mengganti tautan yang kita berikan dengan tautan internal dari kompasiana itu sendiri. Namun, masih ada cara yang bisa membuat tautan yang kita berika tidak dihapus. Jika ingin tau caranya, silahkan baca artikel cara mendapatkan backlink dari kompasiana.

  • Domain rating: 81 (moz.com)
  • Atribut tautan: Nofollow (Mozbar)


2. Republika.co.id

sumber backlink gratis

Salah satu sumber backlink gratis yang bisa dimanfaatkan para blogger untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah republika.co.id. Namun untuk mendapatkannya kita harus mendaftar terlebih dahulu di retizen.republika.co.id dan menulis artikel disana.

Jangan lupa, untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari republika.co.id melalui retizen, maka kita harus selalu menautkan link relevan yang mengarah ke blog kita.

  • Domain authority: 87 (moz.com)
  • Atribut tautan: Nofollow


3. Hipwee.com

Hipwee.com merupakan flatform digital yang secara spesifik menarget kaum muda generasi milenial dan Z. Di hipwee.com, kita bisa membuat artikel dan menautkan link yang mengarah ke blog kita.

Tapi perlu diketahui bahwa link yang diperbolehkan ditautkan di hipwee bukan dalam text (kontekstual) melainkan link sumber gambar. Oleh karena itu saat kita ingin membuat artikel di hipwee.com, sebaiknya buat terlebih dahulu gambar sebagai pelengkap artikel dan tempat menempatkan backlink.

  • Domain rating: 54 (moz.com)
  • Atribut tautan: Nofollow


4. Rajabacklink.com

Rajabacklink.com adalah marketplace backlink terbesar di Indonesia. Disini para blogger berkumpul untuk membeli dan menjual backlink. 

Siapa sangka blog yang didaftarkan ke rajabacklink.com ternayata mendapatkan backlink gratis dari rajabacklink.com itu sendiri. Saya pun menyadari hal ini ketika melakukan pengecekan DA PA blog ini di moz.com. Setelah laporan terbuka, tiba-tiba ada website rajabacklink pada tabel sumber backlink.

  • Domain rating: 66 (aherfs.com)
  • Atribut tautan: Dofollow


5. Halokakros.com (Guest Posts)

sumber backlink gratis

Cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis adalah dengan mengikuti guest post di blog halokakros.com. Di blog ini kita bisa melakukan guest posts untuk mendapatkan backlink yang relevan dengan artikel yang ada di blog kita.

Untuk melakukan guest post di blog halokakros.com cukup mudah. SIlahkan hubungi pemilik blog secara langsung melalui email atau kontak yangt tersedia di blognya.

Orangnya humble kok, jadi jangan takut guest posts kita ditolak selama mengikuti kebijakan dari sang pemilik blog.

  • Domain rating: 42 (moz.com)
  • Atribut tautan: Dofollow


6. About.me

About.me adalah website yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis. Di about.me, kita bisa mendaftarkan diri dengan cara mengisi data yang diperlukan dan memasukan blog atau website kita kesana.

  • Domain rating: 91
  • Atribut tautan: Dofollow


7. Medium.com

Untuk mendapatkan backlink gratis yang memiliki kualitas bagus, maka kita bisa mencoba membuat artikel di medium.com.

Medium.com mengizinkan penggunanya untuk membuat artikel sekaligus menautkan link eksternal yang mengarah ke blog kita. 

  • Domain rating: 94
  • Atribut tautan: Nofollow


8. Pinterest

Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dari pinterest cukup mudah. Kita hanya perlu membagikan artikel yang sudah dibuat ke akun pinterest kita. Namun apabila cara ini dirasa kurang efektis, kita bisa sengaja membuat Pin atau postingan di pinterest dan menambahkan link yang mengarah ke blog kita.

  • Domain rating: 97 (aherfs.com)
  • Atribut tautan: Nofollow


9. Linkedin

Cara mendapatkan backlink berkualitas baik di google adalah dengan menulis artikel di linkedin. Meski atribut backlink dari linkedin adalah nofollow, namun nilainya tetap bagus di mata google.

Selain membuat artikel, kita juga bisa memposting foto dan menambahkan tautan eksternal yang mengarah langsung ke blog kita,

  • Domain rating: 100
  • Atribut tautan: Nofollow


10. Quora

Quora adalah sebuah situs yang lebih mirip semacam sosial media. Disana parapenggunanya bisa melakukan tanya jawab lewat postingan.

Nah, untuk mendapatkan backlink dari Quora, kita tinggal memasukan link external yang mengarah langsung ke blog kita pada postingan atau jawaban yang dibuat.

  • Domain rating: 90
  • Atribut tautan: Nofollow


11. Twitter

Apakah twitter bisa memberikan backlink kepada blog kita?

Dilansir Twitter, setiap twit yang kita publikasikan secara otomatis akan terindeks oleh bot mesin pencari google. Oleh sebab itu twitter bisa menjadi salah satu situs jejaring sosial yang bisa kita manfaatkan untuk shar artikel adan mendapatkan backlink berkualitas dari sana.

  • Domain rating: 100
  • Atribut tautan: Nofollow


12. Keywordspace

sumber backlink gratis

Keywordspace.com merupakan sebuah tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Bagi seorang blogger, tool semacam ini sangat penting untuk digunakan karena bisa melihat persaingan kata kunci yang akan dibuat di hasil penelusuran google.

Kelebihan lain dari keywordspace.com adalah kita bisa menyimpan link eksternal yang mengarah langsung ke blog kita. 

Hal yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari keywordspace.com adalah mendaftar, isi form seperti yang diminta, dan masukan URL atau domain blog kita.

  • Domain authority: 42
  • Atribut tautan: Dofollow


13. Sribu.com

sumber backlink gratis

Sribu.com merupakan website penyedia jasa layanan pembuatan desain. Meski saya memasukan sribu.com kedalam list sumber backlink gratis, tapi tidak semua blog bisa bekerjasama dengan sribu.com.

Saya sendiri bisa mendapatkan backlink dari sribu.com adalah karena diajak kerja sama oleh pihak sribu.com. Kerja sama yang dilakukan tidak ribet kok, hanya bertukar backlink saja. 

  • Domain rating: 41 (moz.com)
  • Atribut tautan: Dofollow


14. Sitesimilar.net

sumber backlink gratis

Sitesimilar.net adalah salah satu alat yang bisa digunakan seorang blogger untuk melihat blog kompetitor. Namun ternyata saat blog kita dicari di sitesimilar.net, ternyata secara otomatis kita mendapatkan backlink dari sitesimilar.net.

Nilai DA (domain authority) sitesimilar.net adalah 55, jadi sitesimilar.net sangat bagus untuk dijadikan sumber backlink gratis yang berkualitas.

  • Domain rating: 55 (moz.com)
  • Atribut tautan: Dofollow


15. Pingmyurl.com

Seperti nama domainnya yaitu pingmyurl.com, website ini berfungsi sebagai alat ping URL untuk memberi tau bot google agar segera mengindeks URL yang di ping. Tapi masalahnya saat ini pingmyurl.com tidak bisa dibuka, baik melalui google chrome ataupun mozila firefox.

  • Domain rating: 42
  • Atribut tautan: Dofollow


16. Crunchbase

sumber backlink gratis

Untuk mendapatkan backlink gratis berkualitas dari crunchbase cukup mudah. Kita tinggal mendaftar disana dan membuat profil pribadi atau bisnis.

  • Domain rating: 89
  • Atribut tautan: Dofollow


17. Scribd

sumber backlink gratis

Cara mendapatkan backlink berkualitas dan gratis dari scrib cukup mudah. Daftar di scribd, buat artikel atau upload ebook yang di dalamnya terdapat tautan yang mengarah ke blog kita.

  • Domain rating: 93
  • Atribut tautan: Nofollow


18. Academia.edu

sumber backlink gratis

Sumber backlink gratis dan berkualitas selanjutnya adalah academia.edu. Untuk mendapatkan backlink dari situs ini kita perlu mendaftar lalu membuat artikel atau ebook yang didalamnya terdapat link external yang mengarah langsung ke blog kita.

  • Domain rating: 92
  • Atribut tautan: Nofollow


19. Facebook

sumber backlink gratis

Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial media terbesar di dunia. Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas (sosial organik) di facebook cukup mudah. Kita bisa menulis artikel di facebook dan menautkan link yang mengarah ke blog kita, atau cukup dengan share artikel secara langsung dari blog ke facebook.

  • Domain rating: 100
  • Atribut tautan: Nofollow


20. Youtube

sumber backlink gratis

Youtube adalah salah satu website berbagi video terbesar di dunia. Untuk bisa mendapatkan backlink dari youtube cukup mudah, kita tinggal membuat channel, meng-upload video, dan masukan tautan ke dalam deskripsi video.  

  • Domain rating: 100
  • Atribut tautan: Nofollow


21. Iwa.id

sumber backlink gratis


Iwa.id adalah sebuah webssite yang memberikan penghargaan bagi para blogger, pelaku usaha unit kecil menengah (UKM) dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan backlink dari iwa.id, kita cukup mendaftar disana dan berdoa semoga masuk nominasi.

Jika berhasil menjadi nominasi, maka blog kita akan terdaftar disana dan bisa mendapatkan backlink gratis.

  • Domain rating: 60 (aherfs.com)
  • Atribut tautan: - 


21. Soundcloud

sumber backlink gratis

Soundcloud adalah salah satu website berbagi musik. Disini para artis atau pelaku musik bisa membagikan karyanya secara gratis. Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dari soundcloud memerlukan beberapa tahapan.

Pertama, kita harus mendaftar dan membuat profile. Kedua, kita bisa menambahkan tautan external pada bagian deskripsi lagu.

  • Domain rating: 94 (aherfs.com)
  • Atribut tautan: Nofollow (mozbar)


22. Guest Posts 

sumber backlink gratis

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis adalah dengan mengikuti guest posts di blog lain. Tapi ada hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin mendapatkan backlink gratis dengan cara guest posts, diantaranya:

  1. Perhatikan nilai domain rating
  2. Perhatikan nilai spam score
  3. Perhatikan tingkat keaktifan pengelola 

Berikut adalah daftar blog guest post blog ini:

  1. Kompasiana.com
  2. Hipwee.com
  3. Retizen.republika.co.id
  4. Halokakros.com
  5. Inputekno.com


Apa Backlink Dari Sumber Backlink Gratis Ini Terindex di Search Console?

Untuk mamastikan bahwa backlink yang didapatkan dari sumber backlink gratis tersebut terindeks di search console, kita tinggal memeriksanya dengan cara masuk ke Google Search Console, pilih menu tautan, lalu klik situs tertaut teratas. 

sumber backlink gratis

Apabila blog atau website yang ditanami backlink sudah masuk kedalam list tautan di search console, itu artinya backlink sudah terindeks. Namun apabila blog atau web tempat kita menanam backlink belum tampil pada list, itu artinya backlink tersebut belum dirayapi bot mesin pencari google.


Penutup

Mencari backlink berkualitas itu wajib dilakukan seorang blogger. Karena backlink yang berkualitas itu bisa juga meningkatkan kualitas blog kita di mata mesin pencari. Selain itu, backlink terbukti bisa meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan dan membuat posisi blog semakin meningkat di SERP (search engine result page).

Tapi ingat, selain teknik link building yang harus terus dikembangkan. Pembuatan konten berkualitas pun sangat penting untuk dipelajari dan diaplikasikan. Semakin bagus konten yang kita buat, semakin pula banyak blog atau website lain yang menjadikannya sebagai sumber refernsi.

Dan semakin banyak blog atau website yang menjadikan konten di blog kita sebagai referensi, secara otomatis kita akan mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar