5 Cara Promosi Blog di Media Sosial Dengan Infografis - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

5 Cara Promosi Blog di Media Sosial Dengan Infografis

cara promosi blog

Memiliki blog yang dikunjungi banyak orang adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger. Namun, meski di google sudah banyak sekali orang yang membuat tutorial cara agar blog banyak pengunjung, tapi faktanya untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung kedalam blog itu tidaklah mudah.

Lalu bagaimana cara agar blog banyak dikunjungi?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat blog bisa mendapatkan banyak pengunjung.

  • Konten dalam blog berkualitas
  • Paham tentang SEO
  • Mengenali audiens
  • Memaksimalkan sumber audiens


Dari empat poin tersebut, yang akan kita bahas secara spesifik adalah bagaimana cara memaksimalkan sumber audiens. Berikut ini adalah beberapa sumber audiens yang berkualitas dan bisa kita maksimalkan untuk membuat blog banyak dikunjing orang.


Sumber Pengunjung Berkualitas

1.  Search Engine

cara promosi blog

Sumber pengunjung atau audiens paling berkualitas adalah yang bersumber dari search engine atau mesin pencari. Perlu diketahui bahwa search engine yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia adalah google.com, setelah itu sisanya baru search engine yang lainnya.

Untuk bisa mendapatkan banyak kunjungan dari search engine, maka seorang blogger harus paham SEO. Oleh karena itu apabila seorang blogger belum paham dasar SEO, maka dia wajib belajar tentang SEO blogger pemula.

Meski google.com adalah search engine paling banyak digunakan, namun kita tetap harus memaksimalkan optimasi blog pada beberapa search engine seperti yahoo.com, bing.com, yandex, dan search engine lainnya.


2. Media Sosial

cara promosi blog

Sumber pengunjung berkualitas selanjutnya adalah yang bersumber dari media sosial. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua sosial media itu dianggap berkualitas oleh google, dan salah satunya adalah facebook.

Tapi sebenarnya trafik yang berasal dari facebook pun tetap valid selama sifatnya organik dan buka spam. Oleh karena itu optimasi blog di sosial media harus dilakukan agar blog mendapatkan tambahan pengunjung organik dari sosial media.

Berikut ini adalah beberapa sosial media yang harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan jumlah pengunjung blog.

  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • Pinterest
  • Linkedin

Masih banyak lagi sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan jumlah pengunjung blog. Namun dalam artikel ini, kita akan lebih berfokus pada cara mempromosikan blog di media sosial untuk mendongkrak jumlah pengunjung blog secara signifikan.


Cara Promosi Blog di Media Sosial


1. Membagikan Artikel Secara Langsung

Cara paling mudah mempromosikan blog di sosial media adalah dengan melakukan share artikel secara langsung. Biasanya pada template blog sudah tersedia menu share yang mengarah ke beberapa sosial media.

Cara ini memang paling mudah, karena dengan menekan tombol share saja, artikel sudah bisa dipublish di sosial media dengan tampilan yang bagus.

Lihat contoh gambar share artikel di bawah ini!

cara promosi blog di sosial media

Tampilan dari share ini sangat bagus, selain itu dengan cara ini kita bisa mendapatkan backlink dari facebook atau sosial media lainnya. 

Apakah cara mempromosikan blog dengan metode membagikan artikel secara langsung ini efektif?

Cara mempromosikan blog dengan cara share artikel secara langsung ini bisa efektif apabila dilakukan dengan benar. Tapi bisa juga berdampak buruk pada blog apabila dilakukan dengan cara atau metode yang salah.

Contohnya seperti ini, kita masuk kedalam sebuah grup jual beli mobil. Dalam grup tersebut terdapat 100.000 anggota aktif. Saat kita sudah mendapatkan izin dari admin pengelola grup tersebut untuk membagikan link aktif (artikel yang dishare dari blog kita), maka dampak positif dari share artikel tersebut sangat bagus untuk mempromosikan blog. Bahkan, bisa saja pengunjung blog kita didominasi dari grup tersebut.

Sebaliknya, apabila kita bergabung kedalam grup tersebut dan membagikan link aktif (share artikel) tanpa persetujuan Admin dan anggota, maka bisa saja blog kita dilaporkan sebagai spam dan tentu saja hal itu akan berpengaruh buruk terhadap blog.

Perlu diketahui pula bahwa algoritma setiap media sosial itu berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah facebook. Sosial media ini memiliki algoritma yang memerintahakan tampilan link aktif tidak bisa dilihat terlalu banyak orang.

Itu sebabnya kenapa setiap artikel yang saya share di facebook hanya dilihat oleh satu atau dua orang saja. Sedangkan ketika saya membagikan foto, orang yang melihat bisa ratusan.


2. Menulis Artikel

cara promosi blog di sosial media

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog di sosial media adalah dengan menulis artikel di sosial media yang ditarget. 

Lihat gambar di atas. Gambar tersebut saya ambil dari Linkedin, disana selain kita bisa membuat postingan biasa, kita juga bisa membuat artikel.

Saya sendiri sudah membuat beberapa artikel disana. Dan setiap artikel sudah ada yang baca meski baru sedikit. Tapi itu tidak jadi masalah, karena pembaca akan bertambah banyak seiring jumlah artikel yang dibuat semakin banyak.

Di Linkedin, selain kita bisa mempromosikan blog dengan cara membuat artikel, kita juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dari salah satu situs yang memiliki nilai domain authority 100.


3. Membagikan Gambar Iklan atau Infografis

Mempromosikan blog di sosial media tidak mesti harus membagikan link aktif. Kita juga bisa mencoba strategi mempromosikan blog dengan membagikan gambar yang bersifat iklan secara gratis. Selain itu, kita juga bisa membagikan infografis yang dicari banyak orang.

Berikut ini adalah contoh gambar iklan yang saya buat untuk mempromosikan blog ini.

Gambar ini saya modifikasi dari dua website penyedia layanan domain dan hosting. Konsepnya sama namun isi didalamnya berbeda.

Ya sah-sah saja jika kita ingin meniru iklan blog atau website orang lain. Yang penting data yang dimasukan dalam iklan tersebut mengarah ke blog kita. 

Cara ini menurut saya lebih efektif dari pada membagikan artikel secara langsung, karena dengan metode ini maka postingan gambar tersebut akan dilihat oleh lebih banyak orang ketimbang membagikan artikel secara langsung.


4. Memasang Iklan Berbayar (ads)

Salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan blog di sosial media adalah dengan memasang iklan berbayar. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau banyak orang secara tepat berdasarkan apa yang dicari dan lokasi.

Tapi tentunya jika menggunakan metode ini, maka kita harus mengeluarkan budget. Tapi itu setimpal dengan blog kita yang semakin terkenal, mendapatkan ribuan pengunjung, dan mendatangkan income yang lebih dari iklan, jualan produk, dan jasa pada blog kita.


5. Membuat Iklan Video

Cara ini juga sangat efektif, apalagi jika digunakan pada jenis iklan berbayar. Tapi meski dilakukan secara gratis, jenis promosi menggunakan video ini cukup efektif untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog dari media sosial.

Berikut ini adalah contoh promosi dalam bentuk video yang saya buat.

Menggunakan video sebagai sarana untuk promosi blog di media sosial ini sangat bagus karena memiliki keunikan tersendiri. Kita bisa lebih kreatif lagi dalam membuat videonya agar semakin menarik perhatian orang yang lalulalang di media sosial. 


Nah, itulah cara promosi blog di media sosial yang bisa kita lakukan untuk mendongkrak jumlah pengunjung blog kita. 

Cara ini tidaklah instan, karena sejatinya yang instan itu harus menggunakan jenis promosi ads berbayar.  Apabila dilakukan secara tekun dan sungguh-sungguh, maka promosi gratis di sosial media pun tetap akan mendatangkan hal positif pada blog kita.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar