Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Ala Max Ikhsan - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Ala Max Ikhsan

menghasilkan uang dari blog
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Masih bingung nyari penghasilan? 

Baca artikel ini agar kamu bisa mendapatkan sedikit referensi tentang bagaiamana cara menghasilkan uang melalui blog. Hey, saat ini blog itu bukan hanya sekedar tempat menulis artikel saja karena melalui blog, kamu itu bisa berpenghasilan loh.

Ada banyak cara untuk berpenghasilan dari blog, kamu bisa memasang iklan Google Adsense, berjualan produk, berjualan jasa, ikut program afiliasi, dan masih banyak lagi. Untuk bisa memulai semua itu kamu harus memiliki blog yang berkualitas dan siap menghasilkan uang. Nah, pertanyaanya, apakah kamu sudah tau apa saja yang harus disiapkan untuk memiliki blog berkualitas tersebut?

Biar tidak penasaran, baca artikel ini sampai selesai ya!

Apa Saja Yang Harus Disiapkan Agar Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog?

Pertanyaan ini harus muncul di benak kamu saat mulai berfikir bagainmana caranya agar blog itu bisa menghasilkan uang, karena tidak semua blog itu bisa menghasilkan uang ya. Ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi sebuah blog agar bisa memberikan penghasilan.

Mari kita bahas apa saja yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Menentukan Niche Blog

Tema atau topik yang akan di bahas dalam sebuah blog adalah hal pertama yang harus disiapkan. Ini menjadi penting karena sebelum kamu membuat blog, kamu harus menguasai topik yang akan dijadikan konten.

Contohnya adalah blog Max Ikhsan ini, topik utama yang di bahas pada blog ini adalah tentang tutorial blogger. Namun karena blog ini juga membuat konten out of topic, maka blog ini juga termasuk jenis blog gado-gado, atau membahas lebih dari satu topik.

Intinya kamu harus menguasai tema/topik sebelum membuat blog, karena semakin kamu menguasainya maka kamu akan lebih mudah dalam membuat konten dan menjawab pertanyaan dari pembaca.

Buat Blog di Platform Ini

Banyak sekali website atau blog yang membuat artikel membahas tentang perbedaan blogger dan wordpress. Sebagian besar artikel tersebut merekomendasikan agar membuat blog dari Wordpress karena lebih baik dari Blogger. Saya setuju dengan pendapat itu, tapi dalam hal tertentu saja ya, karena masing-masing platform tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.

Intinya blogger memiliki hosting gratis, jadi kita hanya perlu membeli dan rajin membuat konten. Kelemehanya adalah tidak memiliki plug-in, sehingga untuk optimasi blog tidak semudah wordpress. Kalau Wordpress punya kelebihan bisa menggunakan plug-in, baik yang free atau berbayar. Namun Wordpress mengharuskan kita menggunakan hosting secara mandiri, jadi kamu harus beli domain plus hostingnya juga.

Silahkan tentukan yang paling pas untuk kamu. Tapi jika kamu adalah seorang blogger pemula, sebaiknya gunakan saja platform Blogger.com agar kamu hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian domain saja.

Buat Konten Berkualitas

Artikel merupakan konten utama pada blog, oleh karena itu kamu harus bisa membuat konten berkualitas agar bisa menghasilkan banyak uang dari blog lewat pembaca. Mekanisme sederhananya seperti ini, saat konten mu di baca dan bisa memberikan jawaban, solusi atau referensi bagi si pembaca, maka dia akan merasa senang dan memberikan sebuah penghargaan lewat klik iklan.

Bagaimana cara membuat konten berkualitas?

Belajar pelan-pelan, fokus saja ini dulu jika kamu adalah blogger pemula.

  • Buat artikel sesuai niche/tema/topik.
  • Buat seringkas mungkin, tapi berisi dan memuaskan.
  • Lengkapi gambar sebagai info grafis tambahan.
  • Lampirkan file, link, atau dokumen penguat agar pembaca makin peracaya bahwa konten yang kamu buat memiliki data spesifik dan valid.


Jaring Trafik Sebanyak Mungkin

Setelah kamu belajar membuat konten berkualitas, maka PR selanjutnya adalah menjaring trafik sebanyak mungkin ke blog mu. Memang tidak mudah untuk bisa mendapatkan banyak trafik, tapi jika optimasi SEO dilakukan secara bertahap dan tepat, serta dibarengi dengan konten berkualitas yang terus bertambah, maka trafik pun akan ikut naik.

Kamu bisa mempelajari bagaimana caranya agar blog dikunjungi banyak orang. Dan saat kamu mulai belajar tentang SEO, maka kamu juga akan mendapatkan istilah-istilah baru dalam dunia blogging seperti backlink, internal link, anchor text, dan lain sebagainya.

Libatkan Pembaca

Saat konten yang kamu buat mendapatkan feedback berupa pertanyaan atau saran dari pembaca, saat itulah waktu paling pas untuk kamu mengajak dia berinteraksi melalui komentar yang tersedia. Semakin akrab kamu dengan pembaca, semakin besar pula kemungkinan blog kamu menjadi favoritnya dalam mencari informasi.

Tidak hanya sebatas di kolom komentar saja ya, kamu juga bisa membuat grup Facebook atau grup Whatsapp yang lebih mudah digunakan oleh si pembaca. 

Cara Mendapatkan Banyak Trafik

Agar blog bisa menghasilkan uang, maka trafik harus banyak. Berikut ini tips mendatangkan banyak trafik secara bertahap.

Terapkan SEO

SEO (search engine optimization) itu selalu berubah-ubah, jadi tidak baku dan akan terus menyesuaikan dengan waktu. Namun sederhananya seperti ini, suatu konten pada blog lain bisa dibuka dalam waktu 0.2 detik. Sedangkan konten di blog kamu baru bisa di buka setelah 1.0 detik. Dalam SEO, konten kamu bisa dibilang kalah karena kecepatan loading saja.

Untuk lebih jelasnya silahkan cari informasi tentang SEO blogger terbaru ya! 

Buat Artikel Abadi

Konten abadi adalah konten yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Contoh, konten Resep Nasi Goreng tidak akan pernah hilang sampai kapan pun, bahkan akan cendrung bertambah karena resepnya bisa divariasikan lagi dan lagi. Selain itu kebanyakan orang pasti akan mencari konten ini karena memang konten dalam kehidupan sehari-hari.

Nah yang dimaksud konten evergreen atau abadi itu adalah yang jenisnya seperti itu. Konten abadi itu cendrung mudah dibuat, namun tentunya saingannya pun akan banyak. Jadi silahkan cari judul konten yang bersifat abadi dan belum banyak saingan.

Konsisten

Kuncinya ini sih, musuh blogger yang paling besar menurut saya adalah inkonsisten. Saat kamu ingin menghasilkan uang dari blog maka satu hal yang harus kamu lakukan yaitu konsisten. Kamu harus konsisten membuat konten, konsisten mengopstimasi blog, dan juga konsisten menerapkan ide-ide baru yang membuat kamu semakin dekat dengan kata berpenghasilan dari blog.

Memang tidak mudah untuk hal ini karena saya sendiri pun pernah mengalaminya. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya konsistensi itu muncul, terus berkembang dan membuahkan hasil.

Buat Sesuatu Yang Gratis

Untuk bisa mendatangkan banyak traffik ke blog maka ada satu hal lagi yang bisa kamu coba yaitu membuat sesuatu yang gratis. Ini berhasil saya terapkan ya guys, dalam blog ini saya pernah membua sebuah halaman Free Subscriber sebanyak 10 subs. Seiring berjalannya waktu responya cukup memuaskan, banyak pengunjung yang datang dan minta subscriber ke saya.

Nah ide ini bisa kamu modifikasi lagi, kamu bisa memberikan apapun yang gratis, bisa dibuat banyak dan bermanfaat. Kalau saya memberi yang gratis itu bentuknya digital, nah kalau kamu mau apa?

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Ala Max Ikhsan

Ini adalah cara saya mendapatkan uang dari blog ini. Bisa kamu coba ikuti ya!

Google Adsense

Meski blog Max Ikhsan tidak memiliki banyak trafik tapi blog ini masih memberi saya penghasilan perharinya. Kalau disebut sih malu ya karena benar-banar receh, dan kalau kamu membaca atau mendengarnya pun mungkin malah akan menciutkan semangat kamu yang sudah membara ingin bisa memiliki penghasilan dari blog khususnya iklan Google AdSense.

Meski kecil tetap saya syukuri karena itu merupakan rizki. Nah untuk kamu yang ingin blognya bisa memberikan penghasilan maka silahkan ikuti program ini. Kamu tinggal daftar ke Google AdSense, setelah itu tunggu email persetujuan. Jika blog kamu bagus maka pasti akan disetujui, jika blog kamu kurang bagus maka Google AdSense akan memberi tahu bahwa ada beberapa hal yang harus kamu perbaiki pada blog mu.

Jual Backlink

Salah satu sumber penghasilan saya dari blog ini adalah dari backlink. Saya menjual backlink dari blog ini ke blog lain dengan harga 50 ribu saja. Alhamdulilahnya ada yang tertarik, dengan nilai DA (domain authority) 10 dan DR (domain rating) 32, blog ini cukup menjanjikan saat ditawarkan pada pembeli backlink.

Itu adalah cara saya menghasilkan uang melalui blog ini dengan cara jualan backlink. Nah, kamu mau jual apa?

Jual Jasa

Di blog ini saya menawarkan jasa menanam backlink dofollow dari situs besar dengan nilai DA 90+. Alhamdulillahnya ada yang mau beli, dan itu orang luar negeri yang sangat jauh lagi. Selain itu saya juga pernah membuka jasa mengisi 1000 subscriber pada beberapa channel.

Kalau kamu memiliki keahlian maka jangan malu untuk menawarkannya di blog kamu ya!

Kesimpulan

Menghasilakan uang itu wajib, cara kerjanya kamu bisa pilih, mau offline atau online, atau mungkin kedua-duanya. Nah untuk bisa berpenghasilan dari blog itu bisa kamu lakukan, namun tentu perlu perjuangan dan konsitensi.

Video 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar