Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Guest Post - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Guest Post

max ikhsan

Saat ini google telah melakukan update terbaru yang secara spesifik mengincar situs spam atau situs-situs yang melanggar kebijakan google. Perlu dikatahui bahwa ternyata backlink tidak berkualitas juga bisa dinilai sebagai spam oleh google, oleh karena itu sangat penting bagi seorang blogger atau pengelola situs untuk mendapatkan backlink berkualitas dan menghapus semua backlink tidak berkualitas pada saat ini.

Meski pada update kali ini google mengincar blog spam (backlink spam), namun bukan berarti bahwa google melarang kita untuk membuat backlink untuk blog kita. Malahan google sendiri sangat menyukai blog yang memiliki backlink berkualitas dari situs-situs terpercaya. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah cara mendapatkan backlink berkualitas berjenis kontekstual dan dofollow dari blog lain lewat guest post.


Apa Itu Guest Posts?

Guest post adalah sebuah kegiatan yang dilakukan seorang blogger dalam bentuk membuat artikel di blog lain dengan tujuan bisa memperkenalkan blognya kepada pengunjung blog yang membuka guest post, mendapatkan bayaran berupa uang, atau hanya sekedar untuk mendapatkan backlink.

Perhatikan alur backlink pada gambar di atas. Algoritma yang ingin saya tunjukan pada Anda adalah Blog Kita memberikan sebuah guest posts pada suatu blog (guest post). Link aktif yang mengarah pada blog kita (backlink) terbaca oleh google. Manfaatnya URL yang kita masukan pada artikel guest post tersbut bisa di klik dan mendatangkan pengunjung dari blog guest post. Selain itu, blog kita akan dinilai baik oleh google karena ada link aktif di blog guest posts berkualitas tersebut.


Cara Mendapatkan Backlink Dari Guest Post    

Berikut ini adalah cara mendapatkan backlink berkualitas lewat guest post di blog lain.

  • Cari blog yang membuka guest posts.
  • Cari tahu authority blog guest posts.
  • Sesuaikan topik artikel.
  • Meminta izin pada pemiliki blog.

Sebenarnya sangat simple sekali cara mendapatkan backlink berkualitas dari guest post ini. Hanya saja terkadang ada blog yang punya authority bagus tapi tidak membuat program guest post, ada juga blog yang pas-pasan sudah membuat program guest post.


Kriteria Blog Yang Bagus Untuk Guest Posts

Jangan asal mengikuti progrgam guest post di blog lain sebelum mencari tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurang dari blog tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cara melihat seperti sih blog yang bagus untuk guest post ini.

1. Rutin Update  

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin mengikuti sebuah program guest post di blog lain adalah melihat timeline update artikel pada blognya. Semakin sering blog tersebut update artikel, semakin bagus juga blog tersebut untuk diikuti program guest postnya.


2. Memiliki Authority

Kedua, yang harus diperhatikan ketika kita ingin melakukan guest posts di blog orang lain adalah melihat skor domain authority. Semakin besar nilai skornya, semakin bagus juga kualitas backlink dari guest posts tersebut.

Perlu diketahui bahwa semakin besar nilai domain authority suatu blog, maka kesempatan artikel yang dipublikasi masuk ke halaman pertama bahkan posisi satu pada hasil pencarian google semakin besar.


3. Mengizinkan Menautkan Link 

Percuma kalau kita mengikuti guest posts di blog lain tapi si pemilik blog tersebut tidak mengizinkan kita untuk menautkan link external yang mengarah ke blog kita. Jadi perlu diperhatikan bahwa sebelum Anda melakukan guest post, pastikan pemilik blog guest post tersebut mengizinkan Anda untuk menyematkan link yang mengarah ke blog Anda. 


4. Memberikan Backlink Dofollow atau Nofollow

Memang backlink dofollow itu sangat direkomendasikan karena memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mendongkrak pagerank. Akan tetapi tidak semua blog atau situs yang membuat program guest post tersebut akan memberikan backlink dofollow begitu saja.

Jangan masalahkan jenis backlink, mau dofollow atau nofollow jika didapatkan dari situs atau blog yang berkualitas pasti akan memberikan efek baik. Namun tentunya setelah Anda tau bahwa backlink jenis dofollow lebih baik kualitasnya, maka Anda harus berusaha mencari backlink dofollow dari guest post.


Pengalaman 

Saya sendiri sering mencari backlink berkualitas untuk blog saya ini. dan dua diantaranya adalah halokakros.com (dofollow), info-menarik.net (nofollow). Dua blog tersebut saya masukan kedalam contoh karena sama-sama memiliki domain authority tinggi serta memberikan jenis backlink yang berbeda.

Ingat, backlink nofollow itu bukan racun. Jika berkualitas, backlink nofollow pun akan terbaca di google search console seperti backlink dari about.me. Dan perlu dicatat, backlink dofollow pun bisa bernilai buruk (spam) apabila didapatkan dengan cara yang tidak benar. 


Pentup

Backlink memang penting untuk membantu blog mendapatkan posisi terbaik di SERP. Itu sebabanya saya membuat artikel ini dengan harapan bisa membantu Anda para blogger pemula dalam mendapatkan backlink berkualitas lewat guest posts.

Tapi ingat dengan baik, konten yang bagus juga sangat berperan penting dalam menentukan sebuah kualitas blog. Oleh karena itu selain kita para pemilik blog harus melakukan optimasi SEO sebaik mungkin, membuat konten berkualitas pun menjadi hal utama apabila artikel dalam blog kita ingin bisa bersaing di page one google.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar