Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Permanen - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Permanen

cara mendapatkan domain eu org

Orang yang pertama kali mengenal blogging pasti akan membuat blog dengan menggunakan domain gratisan dari flatform. Hal tersebut juga terjadi kepada saya pada saat itu, saya menggunakan domain blogspot.com saat menggunakan blogger.com, dan saya juga menggunakan domain gratisan wordpress.com ketika menggunakan blog dari wordpress.

Memang sah-sah saja menggunakan subdomain gratisan, toh tetap bisa bersaing di SERP jika dikelola dengan baik dan benar. Akan tetapi blog yang menggunakan subdomain gratisan cendrung lebih sulit bersaing. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan top level domain saja, murah kok cuma 12 ribuan untuk domain .my.id.

Tenang saja, meski murah top level domain dengan extensi subdomain .my.id tetap bisa bersaing di mesin pencari melawan top level domain umum seperti .com, .net, .id, dan extensi domain lainnya.

Selain itu, domain tersebut juga bisa mendaftar di Google AdSense. Sehingga Anda tetap bisa memasang iklan dan mendapatkan cuan dari blog Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel "Apa Domain .my.id Bisa Diterima AdSense?" yang sudah saya buat di blog ini.


Meski sekilas di atas saya sudah menjelaskan sedikit tentang top level domain .my.id, namun sebenarnya pada artikel kali ini saya ingin membahas serta berbagi sebuah trik bagaimana agar Anda bisa mendapatkan top level domain gratis selamanya.

Nah, jadi sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan domain gratis selamanya, dan top level domain gratis tersebut berextensi subdomain .eu.org. Kelebihan domain gratis .eu.org ini adalah bisa digunakan di blogger, bisa di setting di cloudflare, dan bisa juga mendaftar Google AdSense.    

Tapi, sebelum masuk ke tutorial cara mendapatkan domain .eu.org ini, mari kita bahas lebih mendalam lagi tentang domain .eu.org ini.


Apa Itu Domain .EU.ORG?

EU.ORG merupakan sebuah domain yang dibuat di Eropa dan diperuntukan bagi perusahaan nirlaba agar situsnya bisa memiliki domain gratis selamanya. Akan tetapi pada praktiknya domain ini bisa juga digunakan untuk blog pribadi.

Cara mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan domain .eu.org ini terbilang mudah. Namun masalah disetujui atau tidak itu tidak bisa diprediksi, terlebih lagi domain ini diperntukan bagi persusahaan nirlaba yang berlokasi di Eropa.

Tapi berdasarkan pengalaman, meski kita berada diluar Eropa kita tetap bisa mendapatkan domain tersebut. Hanya saja untuk waktu persetujuannya agak lama. Tapi itu tidak menjadi kendala, karena dengan memiliki domain .eu.org, blog kita akan jauh lebih profesional dibandingkan menggunakan subdomain bawaan seperti blogspot.com atau wordpres.com.

Apakah saya pernah mendapatkan domain eu.org?

Tentu saja pernah, berikut di bawah ini saya tampilkan tangkapan layar email yang saya terima dari NIC.EU.ORG.

cara mendapatkan domain eu org

Untuk nama pada domain .eu.org sengaja saya tutup untuk menghindari tangan-tangan jahil jingling seperti yang terjadi pada blog saya ini. 

Ok, jadi sekarang kita masuk ke topik utamanya. yaitu, bagaimana agar kita bisa mendapatkan domain .eu.org secara premanen dan gratis selamanya. 


Cara Mendapatkan Domain .eu.org

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan domain .eu.org secar gratis selamanya.

1. Daftar di Hostry.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan domain .eu.org secara gratis adalah dengan mendaftar di hostry.comMendaftar di hostry ini berfungsi untuk menampung DNS yang akan digunakan domain .eu.org kita nanti.

Cara daftar di Hostry.com adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke hostry.com.
  • Buat akun baru, isi data yang diperlukan sampai selesai.
  • Buka email verifikasi, jika tidak ada buka bagian spam.
  • Klik verifikasi dan masuk ke hostry.com dengan menggunakan akun baru tadi.
  • Masuk ke menu Service, lalu pilih free DNS.
  • Buat domain yang ingin didaftarkan, contoh maxikhsan.eu.org
  • Klik Create.

Pada tahap ini Anda sudah selesai membuat penampung DNS untuk domain .eu.org yang akan diajukan ke NIC.EU.ORG.

Untuk nameserver, kurang lebih akan terlihat seperti di bawah ini.

ns1.hostry.com
ns2.hostry.com
ns3.hostry.com
ns4.hostry.com

cara mendapatkan domain eu org

2. Daftar di Nic.eu.org

Setelah selesai mendapatkan DNS di hostry, selanjutnya Anda tinggal masuk ke https://nic.eu.org/arf/en/login/. Jika situs tidak bisa dibuka, silahkan gunakan VPN. Namun saat saya mencoba membuka situs tersebut dengan menggunakan SIM By.u di google chrome, situs nic.eu.org tetap bisa dibuka dengan lancar.

Setelah masuk ke situs nic.eu.org, selanjutnya Anda harus mendaftar untuk mendapatkan akun. Silahkan isi data yang diperlukan seperti nama lengkap, alamat lengkap, negara asal, dan nomor hp. Untuk fax sendiri terserah, boleh diisi atau dilewat saja.

Usahakan data yang dimasukan di nic.eu.org sama persis dengan yang dimasukan di hostry.com. Hal ini untuk menghindari pengajuan domain .eu.org Anda tidak disetujui gara-gara data tidak singkron.

Setelah selesai, cek email verifikasi untuk memverifikasi akun nic.eu.org Anda. Dalam email tersebut biasanya terdapat username yang bisa digunakan untuk login, sedang pasword tetap menggunakan pasword yang dibuat saat pembuatan akun.

Selanjutnya, pilih new domain dan masukan domain yang ingin Anda dapatkan disana.

cara mendapatkan domain eu org

Silahkan scroll kebagian bawah, lalu masukan nameserver seperti pada contoh di bawah ini.

cara mendapatkan domain eu org

Setelah selesai klik Submit, maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

cara mendapatkan domain eu org

Berdasarkan pengalaman, domain .eu.org yang saya ajukan baru dikonfirmasi diterima kurang lebih setelah 3 minggu dari proses pendaftaran. Tapi ini bukan menjadi acuan ya. Jika Anda mendaftar mungkin saja waktunya lebih cepat atau bisa juga lebih lama.


Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Domain .eu.org?

Dari hasil research yang saya lakukan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan domain gratis .eu.org.

      Kelebihan

  • Bisa disetting di cloudflare untuk mendapatkan DNS, SSL, dan CDN.
  • Bisa digunakan di Blogger.com (blogspot).
  • Bisa mendaftar Google AdSense.
  • Gratis selamanya dengan catatan tidak melakukan pelanggaran.
  • Tersedia untuk situs non Eropa.

      Kekurangan

  • Harus menyediakan akses nameserver dari pihak ketiga.
  • Minim dukungan.
  • Domain bisa kapan saja dihapus apabila dianggap melanggar.
  • Kurang direkomendasikan untuk moneysite.

Kesimpulan

Menggunakan domain eu.org jauh lebih saya rekomendasikan dari pada Anda menggunakan domain bawaan dari flatform seperti blogspot.com atau wordpress.com. Namun cara ini saya anjurkan bagi para blogger pemula saja. Apabila Anda sudah paham tentang dunia blogging, pasti Anda sudah tau bagaimana cara membeli top level domain dari pihak ketiga. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakn top level domain dengan extensi .com, .net, .id, dan extensi lainnya.

Saya sendiri menggunakan domain eu.org ini untuk mempelajari SEO sambil terus membuat artikel bermanfaat untuk dibagikan kepada pengguna internet. Untuk menggunakan blog yang berdomain .eu.org, saya sendiri menghindari pemasangan iklan Google AdSense. Namun saya juga pernah menemukan beberapa blog yang menggunakan domain .eu.org ini menggunakan iklan dari AdSense.

Cara Mendapatkan domain .eu.org ini mudah bukan?

Jika masih kurang paham, silahkan lihat video tutorialnya di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. Mas, untuk tutorial hompage seperti di blog ini biar thumbnail artikel jadi besar gimana ya? Apakah ada tutorialnya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, nanti saya buatkan mas artikelnya, ditunggu saja ya!

      Hapus
    2. Sudah dibuatkan mas. Silahkan search dengan kata kunci "efek zoom"

      Hapus