Pengalaman Meningkatkan DA PA Blog Max Ikhsan - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Pengalaman Meningkatkan DA PA Blog Max Ikhsan

cara meningkatkan da blog

Sebelum Anda membaca artikel ini, maka saya sarankan Anda untuk fokus dan bersabar dalam membacanya, karena artikel ini akan memberikan Anda sebuah bahasan yang cukup panjang tentang pengalaman cara meningkatkan DA dan PA pada blog ini.

Jadi Saya adalah seorang yang awam tentang dunia blogging. Mulai belajar ngeblog sekitar tahun 2015, dan itu pun kenal gara-gara karena punya keinginan untuk bisa berpenghasilan dari internet, sehingga saya terus mencari informasi mengenai cara mendapatkan uang dari internet, lalu ketemulah sama yang namanya blogger.

Singkat cerita saya mulai belajar ngeblog dengan membuat banyak blog di blogger.com. Namun mulai menemukan jalan ninjanya itu sekitar tahun 2018. Saat itu saya membuat blog gratisan dengan domain ikangs.blogspot.com.

Dulu, ngeblog itu karena ngejar ingin bisa segera berpenghasilan dari internet lewat AdSense. Tapi ternyata, artikel-artikel yang saya baca tentang cara mendapatkan uang dari internet lewat blog dan AdSense itu tidak semudah yang mereka tulis. Toh sampai artikel ini dibuat, Saya belum pernah sekalipun gajian dari blog ini.

Luka-liku ngeblog sudah saya jalani, tapi tetap saja saya bikin blog lagi bkin blog lagi. Nah karena merasa bahwa fashion saya adalah di blog, maka saya buatlah blog ini. 

Blog ini saya buat tanpa pernah memikirkan tentang DA atau PA harus berapa, karena memang benar-benar tidak tahu apa itu DA dan PA. Seiring berjalan waktu saya hanya mencoba berfokus pada pembuatan konten seoriginal mungkin, dan berusaha membuat blog ini tetap sehat di mata mesin pencari.

Karena saya suka mencari informasi yang berkaitan dengan blogger, maka saat itu saya mencari informasi mengenai cara membuat blog bisa ada di halaman pertama mesin pencari. Saat itu, saya menemukan sebuah blog yang membahas tentang DA dan PA pada sebuah blog.

Nah saya penasaran kan. Setelah itu saya mencoba mengikuti tutorial di artikel tersebut, lalu ketemulah saya dengan yang namanya moz.com.

Iseng-iseng saya coba cek DA dan PA blog ini. Dan ternyata saat resultnya tampil, saya cukup kaget karena blog ini sudah memiliki DA (domain authority) sebanyak 5 poin.

Wih ternyata gede juga saya bilang. Ternyata tanpa sadar dengan terus membuat artikel yang original dan berkualitas bisa meningkatkan domain authority blog ini.

Karena sudah tahu domain blog ini memiliki DA yang berkembang, maka saya putuskan untuk terus berusaha membuat DA dan PA blog ini semakin meningkat dengan cara selalu mencari informasi tentang cara menaikan DA dan PA pada blog.

Seiring berjalan waktu, kemarin (sebelum artikel ini ditulis), DA blog ini hanya 5, dan tadi pagi saya cek lagi ternyata sudah menjadi 7. Senang sakali rasanya, dan dengan itu saya makin semangat untuk berusaha membuat blog ini bisa sampai tembus ke nilai DA 50 ke atas.

Berikut ini saya sematkan screenshoot Metrics Over Time di moz.com

cara meningkatkan da blog
Angka 2, 3, 5, dan 7 adalah metrics yang memperlihatkan naik turunya DA blog ini. Jujur saya juga baru tahu kemarin-kemarin soal metrics ini.

Nah dari yang saya pelajari dari metrics tersebut adalah DA blog ini meningkat bukan karena backlink-backlink amat, melainkan dengan seringnya update artikel secara konsisten.

Namun tentu saja saya juga berusaha meningkatkan backlink berkualitas dari blog lain yang memiliki DA lebih tinggi dibandingkan blog ini agar pertumbuhan DA blog ini semakin cepat dan pesat.

Ok biar gak terlalu panjang Anda membaca artikelnya, maka saya akan langsung menuju pembahasan utama, yaitu tips meningkatkan DA blog seperti blog ini.

Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu pengertian domain authority di bawah ini.

Apa Itu Domain Authority?

Dikutip dari qwords.com, Domain Authority merupakan website metric, yaitu ukuran kepercayaan sebuah situs yang dikembangkan oleh Moz.

Apabila diartikan kedalam bahasa yang lebih sederhana, maka maknanya adalah ukuran kepercayaan pengguna internet pada blog kita.

Untuk membuat pengunjung blog percaya pada blog kita, maka tentu kita harus memberikan konten terbaik, dan setiap konten yang disajikan harus bisa memberikan ide atau jawaban akan permasalahan yang dihadapi pembaca.

Apakah Domain Authority Penting?

Tentu saja penting untuk sebuah blog. Semakin tinggi nilai DA sebuah blog maka semakin besar pula kepercayaan pengguna internet pada blog. Selain itu menurut beberapa sumber, google pun menentukan page rank sebuah website atau blog berdasarkan besaran nilai DA pada situs tersebut.

Apa Manfaat Memiliki Blog DA Tinggi?

  • Yang pertama adalah blog akan memiliki page rank yang lebih bagus di SERP ketimbang blog yang memiliki nilai DA rendah. 
  • Kalau menurut aku sih ya bakalan banyak cuan, karena akan banyak manfaat yang didapatkan jika blog memiliki nilai DA tinggi.


Cara Meningkatkan Domain Authority

Berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk meningkatkan domain authority blog ini.

1. Konsisten

Konsistensi dalam ngeblog saya simpan di nomor satu. Hal ini karena meski saya sedang tidak memiliki ide untuk menulis, namun tetap melakukan aktifitas blogging seperti mencoba meningkatkan loading blog, menambah widget-widget yang bermanfaat dan masih banyak lagi.

Intinya saya selalu berusaha konsisten dalam membangun blog ini baik dari isi atau konten, dan tampilan serta SEO-nya.

2. Disiplin

Disiplin yang saya terapkan adalah selalu berusaha membuat minimal dua artikel dalam sehari. Mau artikelnya panjang atau pendek, yang penting blog ini harus update artikel minimal dua buah per hari.

3. Buat Artikel Berkualitas

Gimana ya, saya juga kurang paham tentang cara membuat artikel berkualitas. Namun saya hanya selalu berusaha membuat artikel yang lengkap, di isi dengan data, gambar, tata cara, dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pembaca.

4. Sering Share Artikel

Tujuannya sih biar mendapat backlink gratis dari sosial media. Namun apakah hal itu berkaitan dengan peningkatan DA pada blog ini, saya kurang tahu pasti.

Saya selalu berusaha membagikan satu artikel setiap hari di facebook saya.

5. Nyari Backlink Berkualitas Gratis

Cara yang saya lakukan ini adalah dalam bentuk guest posts di blog orang yang memiliki nilai DA lebih tinggi dibandingkan blog saya. Backlink ini merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Nah jika Anda kurang paham tentang SEO, maka belajarlah SEO blogger terlebih dahulu.

6. Selalu Jaga Kesehatan Blog

Ini merupakan hal wajib yang saya lakukan setiap hari, yaitu selalu cek kesehatan blog ini lewat beberapa tools. Yang paling sering saya gunakan adalah speed insight, gtmatrix, struktur data validator, dan beberapa tools lain.

7.  Meningkatkan Internal Link

Ini hal yang wajib saya lakukan saat membuat sebuah artikel, yaitu memasukan minimal satu link artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibuat.

Ngaruh atau enggak saya juga tidak tahu. Namun saya hanya mengikuti panduan dari beberapa blog yang membahas seputar SEO.

8. Menghapus Broken Link

Hal terakhir yang saya lakukan untuk meningkatkan DA blog ini adalah dengan mencoba menghapus semua broken link yang ada di blog ini. 

Untuk caranya, silahkan Anda baca artikelnya di bawah ini.

Baca: Cara Cek Dan Hapus Broken Link


Nah itulah pengalaman dan sedikit share tips cara meningkatkan domain authority atau DA pada blog Max Ikhsan.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar