Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Instant.page - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Instant.page

Di blog ini, saya sudah banyak membagikan tutorial tentang cara mempercepat loading blog. Alasan saya membuat banyak tutorial tersebut adalah demi berbagi tips mengoptimasi kecepatan loading blog agar semakin SEO friendly.

Saat ini salah satu faktor yang menentukan sebuah blog memiliki banyak visitor itu karena blog tersebut mudah dan cepat di akses oleh pengguna internet. Sehingga kecepatan loading sebuah blog menjadi salah satu unsur vital yang harus terus ditingkatkan dan di jaga.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar pengguna internet lebih memilih blog yang memiliki kecepatan loading di bawah tiga detik setelah di klik di mesin pencari. Apabla loading blog Anda lebih dari tiga detik, maka besar kemungkinan blog Anda akan kalah saing dengan blog yang lebih cepat.

Tentunya Anda harus memikirkan bagaimana cara membuat blog Anda menjadi lebih cepat, atau minimal memiliki load time di bawah tiga detik.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sebuah cara mempercepat loading blog menggunakan Instant.page.

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Instant.page

Berikut ini adalah cara pemasangannya.

  • Buka Dashboard Blogger
  • Klik Menu Tema
  • Klik Edit HTML

Masukan kode di bawah ini sebelum kode </body>

<script src="//instant.page/5.1.1" type="module" integrity="sha384-MWfCL6g1OTGsbSwfuMHc8+8J2u71/LA8dzlIN3ycajckxuZZmF+DNjdm7O6H3PSq"></script>

Klik simpan dan cobalah melakukan tes di web.dev (speed insight)


Cara Kerja Instant.page

Instant.page dikembangkan oleh seorang bernama Alexandre Dieulot. Script ini di desain untuk mempercepat loading blog atau website dengan menggunakan perfetch URL.

Cara kerja Instant.page adalah saat pengguna mengarahkan kursor atau tap pada suatu link, maka sebelum kursor atau tap terjadi, link tersebut sudah di render terlebih di bagian background.

Tentu ini akan membuat loading blog menjadi lebih cepat. Selain itu dukungan instant.page pada browser sudah banyak, dimulai dari Chrome, firefox, microsoft edge dan lain-lain.


Apakah Dengan Memasang Instant.page Langsung Meningkatkan Loading Blog?

Dari percobaan yang saya lakukan di blog ini, justru dengan memasang instant.page malah membuat skor load time web.dev turun cukup signifikan.

Saat tidak menggunakan instant.page, blog ini memiliki kecepatan loading 96 untuk versi mobile dan 100 untuk versi desktop. Namun setelah menggunakan instant.page, skor kecepatan web.dev blog ini menurun menjadi 92 untuk versi mobile, dan 99 untuk versi desktop.

Nah saya tidak tahu apakah ini hanya berlaku untuk blog ini atau semua blog. Oleh karena itu saran saya coba dulu pasang scriptnya. Apabila ada perubahan yang mengarah pada penambahan kecepatan blog Anda, maka berarti script instant.page ini cocok di blog Anda.

Namun apabila script instant.page ini malah membuat loading blog Anda makin lelet, sebaiknya tidak usah dipasang.


Itulah pembasahan mengenai cara mempercepat loading blog dengan menggunakan scrip[t instant.page.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar