Cara Mudah Melakukan Kustom Permalink Blogger - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Mudah Melakukan Kustom Permalink Blogger

cara ubah hyperlink blogspot

Selain melakukan submit artikel di search console, salah satu faktor yang membuat artikel cepat terindex dan bertengger di page one adalah dengan melakukan custom permalink. 

Pada artikel tutorial blogger pemula kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat custom permalink di blogspot dengan mudah.


Apa itu Permalink?

Permalink adalah salah satu fitur yang terdapat di blogspot untuk memudahkan seseorang melakukan custom pada URL artikel yang akan dipublikasi. Pada CMS Wordpress pun  terdapat fitur hyperlink yang fungsinya sama dengan permalink.


Manfaat Customisasi URL Dengan Permalink

Salah satu manfaat permalink pada blogspot adalah untuk melakukan customisasi URL. Berikut di bawah ini adalah contoh URL sebelum di customisasi dan sudah di customisasi.

Sebelum permalink: 

  • https://www.maxikhsan.my.id/2022/10/cara-mudah-terbaru-custom-permalink-blogspot.html

Sesudah dipermalink:

  • https://www.maxikhsan.my.id/2022/10/custom-permalink-blogspot.html

Dari kedua contoh URL tersebut bisa di lihat dengan jelas bahwa URL yang belum dipermalink jauh lebih panjang, sedangkan URL yang sudah dipermalink jauh lebih pendek.


Dari beberapa sumber yang saya baca, URL yang mengandung kata kunci lebih pendek jauh lebih mudah di crawl oleh  google dibandingkan dengan URL yang panjang. Tapi hal ini tentu bukan sesuatu yang baku, karena URL yang panjang pun masih tetap bisa di crawl oleh google.


Cara Custom Permalink di Blogspot

Berikut ini adalah panduan melakukan custom permalink di blogger atau blogspot.

  • Buka Blogger.com
  • Buat artikel baru
  • Klik Permalink 
  • Custom URL di bagian kolom kosong.

Perlu diketahui bahwa fungsi utama dari permalink ini adalah untuk memendekan URL agar tidak terlalu panjang. Selain itu menurut beberapa pakar SEO, URL yang mengandung kata kunci jauh lebih bagus dibandingkan dengan URL yang mengikuti judul yang kata kuncinya terdapat dibagian belakang judul.

Jika Anda belum tau, saat ini banyak blogger atau pemilik website yang menggunakan penyingkat URL. Dan salah satu situs pemendek URL yang paling populer di Indonesia adalah bit.ly.


Kesimpulan

Dari sekian banyak artikel yang saya publikasikan di blog ini, saya selalu melakukan customisasi permalink untuk memendekan dan hanya menyimpan kata kunci yang utama pada URL.

Untuk Anda, sebenarnya bebas mau melakukan custom permalink atau tidak. Namun perlu dicatat bahwa URL default pada blogspot biasanya akan mengikuti judul artikel. Semakin panjang judul artikel maka URL juga akan panjang, bisa sampai 8 kata. 

Maka untuk membuat URL jauh lebih simpel dan mudah dibaca oleh google, sebaiknya manfaatkan permalink untuk memendekan URL dan menyimpan kata kunci target didalamnya.

Satu lagi. entah benar atau tidak, ada informasi yang menyebutkan bahwa google lebih menyukai artikel yang URL nya pendek. Tapi itu tidak bisa saya pastikan benar atau tidaknya, karena saya pun pernah membuat artikel dengan URL yang cukup panjang, tapi tetap terindex google.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar