Apa Yang Harus Dilakukan Saat Blog Sepi Karena Libur Panjang - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Blog Sepi Karena Libur Panjang

max ikhsan
Max Ikhsan

Halo bloggers!

Gimana nih apakah kamu-kamu semua sedang menikmati libur nataru atau lebaran?

Berbicara mengenai libur panjang seperti nataru (natal dan tahun baru) serta libur panjang lebaran, tentu para blogger harus siap bahwa blognya akan sepi karena hampir semua visitor lokal atau internasional pun akan menurun cukup signifikan.

Ini hal yang wajar karena sebagian orang di saat itu tidak akan terlalu banyak mencari informasi di internet, makanya blog akan mengalami penurunan pageview yang signifikan.

Tapi jangan panik, hal ini biasanya hanya bersifat sementara saja. Biasanya setelah libur panjang usai visitor pun akan kembali menjadi normal.

Nah berikut ini saya akan memberikan tips bagaiamana mengatasi kurangnya visitor akibat libur panjang.

Catatan: ini bukan tips untuk menjaga jumlah pengunjung blog saat libur panjang ya, tapi ini tips apa yang harus dilakukan blogger saat blognya sepi akibat libur panjang.

1. Perbaiki Kualitas Blog

Dari waktu ke waktu Google selalu membuat update yang menyasar situs atau blog yang kurang berkualitas. Oleh karena itu sembari menunggu blog kembali ramai, maka ada baiknya kita memperbaiki kualitas blog terlebih dahulu.

Caranya bagaimana?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  • Analisa blog melalui Google search console, hal ini untuk mengetahui apakah ada halaman yang error seperti notifikasi di-crawl saat ini tidak diindeks, URL yang deindeks, atau hal-hal lain yang membuat blog kamu turun kualitasnya.
  • Analisa kecepatan loading blog di versi dekstop dan versi mobile juga penting untuk dilakukan mengingat saat ini kebanyakan visitor yang masuk adalah pengguna smartphone.
  • Cek menu atau sub-menu pada bagian header juga ya guys. Saat ini Google ingin lebih mengetahui secara detail apakah suatu situs atau blog itu benar-benar dibuat dan dikelola oleh manusia atau AI. Oleh karena itu pastikan untuk menyertakan halaman (menu about me/us) pada bagian header atau footer blog.
  • Cari sumber backlink yang bagus untuk meningkatkan rating dan authority blog kita agar semakin dipercaya oleh Google.

2. Perbaiki Kualitas Konten

Sembari menunggu libur panjang usai, maka hal kedua yang harus dilakukan oleh seorang blogger adalah memperbaiki kualitas konten dan meningkatkan kualitas konten agar nilainya semakin bagus di mata visitor serta Google.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas konten.

  • Perbaiki konten yang sudah lama dengan cara menambahkan informasi baru berupa tambahan pembahasan dan gambar pendukung baru. Hal ini sangat membantu artikel lama kamu untuk bisa tetap berada di mesin pencari Google dan bersaing dengan artikel dari blog lain.
  • Buat konten baru yang lebih berkualitas dengan cara memberikan informasi secara lengkap, ringkas, dan disertai dengan gambar pendukung sebagai penguat informasi yang disampaikan pada artikel tersebut.

3. Coba Ide Baru

Nah ini penting, saat kamu menunggu visitor blog kembali meningkat, saat itulah kamu memiliki kesempatan untuk memikirkan ide baru agar blog kamu bisa dikunjungi banyak orang.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar blog kamu bisa dikunjungi lebih banyak orang, diantaranya:

  • Membuat sesuatu yang gratis bisa kamu coba. Dulu saya pernah membuat halaman free subscribe untuk menarik banyak pengunjung. Ternyata hasilnya signifikan loh. Nah kamu bisa mencoba membuat sesuatu yang gratis dengan versi kamu sendiri ya.
  • Mengganti template? Mungkin bisa jadi pilihan bagus untuk membuat pengunjung semakin nyaman berada di blog kamu. Tapi ingat ya, saat kamu mengganti template maka konfigurasi tampilan awal blog kamu akan berubah 100%, sehingga kamu harus siap menyesuaikannya lagi.
  • Ekspolarasi ide lain untuk membuat blog semakin cantik, berkualitas dan siap dikunjungi banyak orang. 

Kesmipulan

Intinya jangan panik, penurunan visitor ini karena libur panjang saja, setelah libur panjang usai maka jumlah visitor akan kembali bertambah seperti sediakala. 

Semabari menunggu libur panjangnya usai, kalau memang kamu gak ikut liburan ya mending benerin blog biar makin kece.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar