Cara Atasi Masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks di Google Search Console - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Atasi Masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks di Google Search Console

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Halo bloggers!

Jadi diartikel ini saya ingin berbagi cerita mengenai masalah yang belakangan ini sering dihadapi para blogger yaitu masalah sulit mengindeks artikel di Google Search Console.

Nah tapi selain berbagi cerita, tentunya dalam artikel ini saya pun akan berbagi tips untuk mengatasi masalah ini agar kalian bisa mengatasi malah kesulitan mengindeks artikel di GSC.

Cerita Ketika Mengalami Kesulitan Mengindeks Artikel

Jadi saat artikel ini saya tulis (05/12/2023), saya sedang mengalami masalah pengindeksan artikel di Google Search Console. Tak main-main loh, karena dari lima artikel yang saya buat, yang terindeks itu hanya satu saja.

Tentu masalah ini bukan hal sepele karena setiap blogger seperti saya khususnya sangat ingin setiap postingan di blog itu bisa terindeks dan muncul di mesin pencari Google.

Namun dengan adanya masalah pengindeksan artikel ini tentu menambah masalah, dan sangat penting sekali untuk bisa diperbaiki.

Berikut ini adalah tiga masalah pengindeksan yang terjadi pada blog saya.


1. Di-crawl - Saat ini tidak diindeks

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Masalah Di-crawl - Saat ini tidak diindeks adalah masalah yang paling banyak terjadi pada blog saya ini. Dari lima artikel terbaru yang saya buat secara berkala, yang berhasil terindeks itu hanya satu saja.

Tentunya saya sudah melakukan analisa untuk bisa memecahkan masalah ini, dan nanti akan kita bahas secara lengkap pada bagian solusi mengatasi masalah ini.

Namun dari kesimpulan saya, masalah ini terjadi akibat konten pada artikel. Sepertinya semakin hari Google semakin memilah mana artikel yang biasa saja dan mana artikel yang memiliki kualitas untuk diindeks.


2. Gagal: Kesalahan Pengalihan

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Masalah Gagal: Kesalahan pengalihan ini juga menjadi salah satu masalah serius yang saya hadapi saat ini, pasalnya masalah ini tidak hanya terjadi pada artikel yang baru dibuat, tapi juga berimbas pada artikel lama yang memiliki banyak pengunjung.

Salah satu artikel yang menjadi korban akibat masalah ini adalah artikel Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi. Artikel ini dulu berada di posisi lima bahkan empat pada keyword cara agar blog banyak pengunjung. Namun setelah ada update algoritma spam, artikel ini tiba-tiba hilang, lalu tampil kembali di halaman dua atau urutan ke 12-13 di SERP.

Salah satu inisiatif yang saya lakukan untuk mengembalikan rank dari artikel ini adalah dengan menambah isi kontennya agar lebih kaya. beberapa penambahan konten yang saya masukan masih lancar-lancar saja, namun saat saya menambah konten pada update yang terakhir, artikel ini terkena masalah Gagal: Kesalahan pengalihan, sehingga saat ini sudah menghikang di SERP (search engine result page) atau hasil pencarian Google.


3. Deindeks

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Deindeks merupakan masalah yang pasti sebagian besar blogger pernah mengalaminya. Deindeks merupakan sebuah kejadian dimana artikel yang sudah muncul di halaman pencarian Google tiba-tiba menghilang dan status nya tidak Di-crawl - Saat ini tidak diindeks atau Ditemukan - Saat ini tidak diindeks di Google Search Console.

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id


Tips Mengatasi Masalah Di-crawl - Saat ini tidak diindeks

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah Di-crawl - Saat ini tidak diindeks, Gagal: Kesalahan pengalihan dan deindeks.

1. Perhatikan Kualitas Konten

Untuk mengatasi masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks adalah memperhatikan kualitas konten. Sebagai pemiliki blog, kita harus mengukur sebarapa berkualitas konten yang dibuat, hal ini karena sekarang Google akan lebih mengutamakan blog atau situs yang memiliki konten berkualitas.

Sehingga apabila konten yang kita buat dianggap kurang berkualitas oleh Google, maka besar kemungkinan konten atau artikel kita akan terjun bebas di halaman tengah atau akhir di SERP atau bertemu dengan masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks.

Coba baca artikel cara membuat artikel berkualitas yang sudah pernah saya buat sebelumnya.


2. Analisa Pengindeksan Halaman

Perhatikan statistik Penyusunan Indeks atau Pengindeksan halaman.

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks bisa juga muncul pada URL artikel yang sebelumnya sudah pernah terindeks oleh Google. Namun seiring waktu Google pun menghapus konten yang telah kita buat dengan berbagai alasan.

Alasan yang paling logis untuk saat ini adalah konten kita kalah kualitas dengan konten blog atau situs lain. Apa itu mungkin?

Tentu saja, akan saya tunjukan!

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Mohon maaf untuk gambar mungkin buram, itu terjadi karena saya mengompress gambar tersebut agar sizenya lebih kecil.

Gambar di atas menunjukan kata kunci "arti nulungan anjing kadempet". Nah dulu artikel tersebut saya buat pada tanggal 25 November 2019, saya ada di posisi pertama saat itu ketika masih belum banyak kompetitor. Namun saat ini blog ini berada di peringkat empat setelah ada situs lain yang membuat konten yang sama dengan keyword yang sama.

Artikel tersebut tidak hilang dan tidak juga bertemu dengan masalah Di-crawl saat ini tidak diindeks, asumsi saya mungkin karena posisinya masih ada di halaman pertama Google.

Nah bayangkan apabila konten yang kita buat memiliki banyak saingan, terlebih lagi konten kompetitor jauh lebih berkualitas dibandingkan konten di blog kita. Kalau itu ya siap-siap saja, kemungkinan besar artikel kita yang tadinya pernah terindeks malah akan di hapus Google secara perlahan.

Untuk mengatasinya maka sangat penting bagi kita sebagai pengelola blog untuk memonitor persaingan pada setiap konten dan keyword di SERP. Jika kamu sudah menemukan ada kompetitor, cobalah memperkaya lagi konten di artikel tersebut lalu update kembali agar Google melakukan crawl ulang pada artikel tersebut.


3. Perhatikan Arsitektur Blog

Salah satu penyebab terjadinya masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks adalah karena struktur blog yang tidak rapih atau tidak sesuai dengan keinginan Google.

Lalu bagaimana cara membuat arsitektur blog atau situs yang baik?

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Sederhananya adalah seperti ini, Google memiliki bot yang ditugaskan untuk melakukan crawl pada tiap halaman yang ada di blog kita. Nah dengan struktur blog yang teratur, tiap halaman saling berhubungan, dan arsitektur yang baik maka bot Google akan lebih cepat melakukan crawl. Itu artinya kemungkinan konten di blog kita akan lebih cepat terindeks lebih besar.


4. Hindari Konten Duplikat

Penyebab adanya masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks adalah Google mendeteksi adanya konten duplikat di blog kita. 

Konten duplikat ini bisa terdeteksi bila kita melakukan copy/paste konten dari situs lain, atau justur situs lain yang menduplikasi konten kita.

Google sangat ingin penggunanya mendapatkan informasi original, solutif, dan unik. Sehingga pengguna internet akan lebih percaya pada produk yang ada di Google yang salah satunya adalah blog yang memuat konten yang kita buat.


5. Indeks Ulang URL

Jika masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks muncul pada Google Search Console, maka kita bisa mencoba mengatasinya dengan cara mengindeks ulang URL artikel yang terkena masalah tersebut.

max ikhsan
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Saat ada URL yang terdeteksi Di-crawl - saat ini tidak diindeks maka sangat dianjurkan agar kita melakukan pengindeksan ulang. Hal ini bisa membuat konten kita muncul kembali pada hasil pencarian Google karena terindeks lagi.

Tapi perlu diingat, Google memiliki hak sepenuhnya apakah URL yang kita coba indeks tersebut bisa muncul kembali atau tidak sama sekali. 

 

Tips Mengatasi Malasah Gagal: Kesalahan Pengalihan

Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah Gagal: Kesalahan pengalihan di Google Search Console.

Pertama, kita bisa mencoba mengindeks ulang URL yang terkena masala tersebut. Kedua, coba metode republish yaitu buat konten yang terkena masalah ini menjadi draft, setelah itu publish kembali lalu indeks ulang.

Apabila masih gagal coba cara ini (masih percobaan). Saya sedang melakukan eksperimen pada URL yang terkena masaah Gagal: Kesalahan pengalihan.

Cara yang saya lakukan adalah:

1. Merubah URL pada bagian Permalink 

  • Konsekuensi 1: Bot Google akan mendeteksi konten sebagai baru, sehingga kemungkinan besar ranknya akan turun jauh dari posisi awal.
  • Konsekuensi 2: Terdeteksi sebagai kanonsis URL yang dinyatakan pengguna, namun berbeda dengan kanonsis URL yang dipilih Google.
  • Konsekuensi 3: Tetap tidak diindeks oleh Google.

2. Melakukan Redirect 404

Cara kedua yang sedang saya coba untuk mengatasi masalah Gagal: Kesalahan pengalihan adalah dengan melakukan redirect 404, yaitu mengalihkan URL sebelumnya ke URL baru dengan konten yang sama namun dalam post yang berbeda.

Jika belum mengerti silahkan coba baca artikel cara mengatasi halaman error 404 yang sudah pernah saya tulis di blog ini.

Kesimpulan

Cara mengatasi masalah Di-crawl - saat ini tidak diindeks, Gagal: Kesalahan pengalihan dan deindeks ini hanya merupakan tips saja.

Sekali lagi, Google memiliki hak prerogatif dalam menentukan mana konten yang ingin mereka indeks. Namun setidaknya jika kita mengikuti pedoman dalam membuat konten berkualitas dan membuat arsitektur yang baik pada blog kita sehingga strukturnya membuat bot Google mudah dalam melakukan crawl pada halaman yang terdapat di blog kita, maka kemungkinan konten kita untuk terindeks mesin pencari semakin besar. 

Buka Komentar
Tutup Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.
  1. kalau sudah URL sudah di ubah tapi masih gak mau terindeks itu gimana ngatasinya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja diubah lagi, saya pernah sampai 3x ganti permalink dan akhirnya berhasil terindeks.

      Hapus