Kenapa RPM Adsense Kecil atau Murah? Ini Jawabannya!! - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Kenapa RPM Adsense Kecil atau Murah? Ini Jawabannya!!

max ikhsan
Max Ikhsan

Halo bloggers!

Bagi kamu yang memiliki blog, website, atau channel Youtube yang sudah dimonetisasi ke Adsense tentunya mungkin pernah merasakan penurunan RPM.

Apa itu RPM?

Dikutip dari Google: RPM adalah pendapatan laman per seribu tayangan. (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

Lihat Gambar di bawah ini!

max ikhsan
Sumber gambar: Max Ikhsan

RPM blog maxikhsan.my.id sangat kecil di awal tahun 2024 ini. Idealnya dan biasanya blog ini mendapatkan RPM dari IDR 1000 sampai IDR 7.000. 

Namun saya tidak kaget karena memang biasanya RPM akan seperti ini jika menghadapi libur panjang atau awal tahun. Namun selain itu ada beberapa penyebab RPM Adsense kecil.

Ini Penyebab RPM Adsense Kecil

Selain disebabkan adanya libur panjang, beberapa faktor yang menyebabkan RPM Adsense kecil adalah:

Niche Blog

Niche atau topik yang dibahas pada suatu blog sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya RPM Adsense. Contoh, blog Max Ikhsan membahas topik tentang blogging, Adsense, Komputer, serta pengalaman. 

Namun dalam blog ini juga terdapat artikel yang membahas tentang aplikasi android, tentang internet dan bahasa Sunda. Artinya blog ini termasuk blog gado-gado yang membahas banyak topik.

Blog jenis ini biasanya memiliki RPM yang tidak terlalu besar. Berbeda dengan blog yang fokus membahas satu topik, contoh misalkan blog yang membahas tentang asuransi. Biasanya blog yang mengangkat topik asuransi dan hanya itu yang difokuskan, maka RPM Adsensenya akan lebih besar dari blog gado-gado.

Jenis Iklan

RPM Adsense menurun bisa juga karena jenis iklan yang tayang di blog kita memang mematok harga yang sangat murah. 

Blog gado-gado biasanya akan menampilkan banyak jenis iklan. Sedangkan blog yang spesifik membahas satu topik jenis iklan yang tayang akan lebih sepsifik juga.

Contoh, blog kamu membahas otomotif, maka kemungkinan besar iklan yang muncul di blog kamu adalah iklan tentang otomotif juga. Nah iklan jenis seperti inilah yang sangat bagus dan memiliki RPM serta CPC tinggi.

Advertiser Sedang Melakukan Percobaan

Pada awal tahun biasanya para pengiklan akan melakukan percobaan sejauh mana iklan mereka dapat dijangkau oleh banyak orang.

Apabila tayang iklan menunjukan tren positif pada sang pengiklan, maka besar kemungkinan bid atau harga iklan akan dinaikan.

Bagaimana cara meningkatkan RPM Adsense?

1. Fokus pada satu niche. 

2. Coba penempatan dan ukuran iklan baru.

3. Datangkan visitor tertarget.

4. Manfaatkan menu blocking control Adsense 

Kesimpulan

Jika kamu menemukan masalah RPM Adsense kecil atau sangat murah, maka kamu jangan dulu panik karena memang RPM Adsense itu fluktuatuf. 

Mungkin awal bulan akan terasa sangat kecil, namun maju ke pertengahan hingga akhir bulan biasanya sudah naik secara perlahan.

Selain itu cobalah untuk fokus pada satu niche saja agar iklan dan visitor lebih tertarget. Kamu juga bisa mencoba bermain di niche yang nilai RPM CPC nya tinggi seperti asuransi, perbankan dan lain-lain.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar