Perjalanan Ngeblog Part 02 | Kenal Blogger.com - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Perjalanan Ngeblog Part 02 | Kenal Blogger.com

max ikhsan

Di part pertama, saya sudah sedikit mengulas cerita tentang bagaimana saya bisa mengenal dunia blogging. Jadi pada artikel perjalanan ngeblog Max Ikhsan part kedua ini, saya akan menjelaskan bagaimana saya bisa mengenal blogger.com.

Seperti yang saya tulis di artikel part pertama, saat itu saya bisa mengenal blog karena ada ajakan dari teman. Nah, CMS blog yang saya gunakan saat itu adalah wordpress.com.

Namun saat itu saya tidak melanjutkan ngeblog dan fokus bekerja seperti orang pada biasanya. Sekitar tahun 2016, saya mencoba mencari cara menghasilkan uang dari internet. Dan hasilnya, saya memilih blog untuk dijadikan ladang usaha mencari cuan dari internet.

Karena saat itu saya adalah seorang blogger yang benar-benar pemula, maka tentu saya mencari cara bagaimana membuat blog yang bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya. Dan saat itu, bertemulah saya dengan yang namanya Blogger.com.

Mengapa Saya Memilih Blogger.com?

Alasan pertama adalah blogger.com merupakan milik Google, sehingga meski saya menggunakan blog tanpa harus membeli domain dan hosting secara pribadi, saya masih tetap bisa mendaftar menjadi publisher AdSense dan bisa menghasulkan cuan.

Alasan kedua adalah saat itu saya berfikir bahwa membuat blog dengan tanpa modal sedikitpun, saya masih akan bisa menjadi seorang blogger besar, dan bisa berpenghasilan rutin setiap bulan dari blog tersebut.

Alasan ketiga adalah karena saya merasa bahwa membuat blog dan mengedit template di blogger jauh lebih mudah dibandingkan dengan wordpress.com.

Baca: Perbedaan Wordpress dan Blogger

Kenapa Tidak Memilih Wordpress.org?

Saat itu saya belum paham tentang blogging, sehingga saya rasa cukup sulit ketika saya harus membeli domain dan hosting, apalagi harus ngota-ngatik template dan plugin di wordpress.org.

Selain itu, saat itu saya memang belum mampu untuk membeli domain dan hosting, sehingga saya putuskan untuk membuat blog dengan blogger.com

Blog Pertama Saya

Blog yang saya buat pertama kali adalah almuqodar.wordpress.com, karena saat itu tidak dilanjutkan dengan berbagai alasan, maka blog pertama saya yang menggunakan blogger atau blogspot adalah ikangs.blogspot.com.

Mulai Serius Ngeblog

Tahun 2017, saya mulai serius ngeblog. Yaa.. meski menggunakan domain gratisan, saya tetap berusaha membuat blog sebaik mungkin sebisa saya. Namun akhirnya semangat ngeblog tersebut harus pupus saat mengetahui blog terkena AGC (auto generate content) dan akun AdSense saya dinonaktifkan karena tindakan AGC tersebut.

Baca: Cara Agar Blog Tidak Bisa di AGC

Namun sekitar tahun 2019, saya mulai mencoba membuat blog baru, yaitu blog ini. Tidak mudah bagi saya dalam membangun blog ini agar menjadi seperti sekarang. Dan jujurly, tidak mudah juga bagi saya untuk membuat blog ini menjadi lebih berkembang, makin dikenal banyak orang, menguasai search engine google, dan tentunya memberikan saya lebih banyak cuan. 

Adakah Keinginan Berpindah CMS?

Jujur saya ingin berpindah dari blogger.com ke wordpress.org. Namun bagi saya yang masih awam dalam dunia blogging, saya berfikir bahwa sebaiknya saya berusaha memaksimalkan  blog ini terlebih dahulu.

Barulah setelah nanti saya semakin paham dengan dunia blogging, maka saya akan coba berpindah menggunakan wordpress.org. Namun saya juga memikirkan opsi untuk membuat dua blog yang satunya menggunakan CSM blogger, dan blog yang satunya lagi menggunakan CMS wordpress.org.


Nah, itulah sedikit cerita tentang perjalanan ngeblog Max Ikhsan tentang perkenalan pertama dengan blogger.com.

Do'akan saya agar selalu sehat, selalu menjadi orang baik yang siap memberikan ilmunya agar bermanfaat, dan do'akan saya agar bisa menjadi blogger yang sukses.

Next artikel perjalanan ngeblog Max Ikhsan adalah tentang pengalaman membeli domain untuk blog. Artikelnya bisa Anda baca disini.

Wassalam.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar