Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste Dan AGC - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste Dan AGC

Untuk menjadi seorang blogger profesional tidaklah mudah. Selain harus paham tentang blog, anda juga harus bisa membuat konten yang menarik dan bermanfaat. 

Selain itu, anda juga harus bisa melakukan troubleshoot dalam blog agar ketika anda menemukan error atau masalah lain, maka anda bisa menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus meminta bantuan orang lain, apa lagi jika harus mengeluarkan budget.

Nah dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang tips dan cara agar blog tidak bisa di copy paste dan cara agar blog tidak bisa di AGC (auto generate content).

copy paste blog
Sumber gambar: www.maxikhsan.my.id

Masalah Copy Paste Artikel

Salah satu masalah yang sering dialami oleh seorang blogger adalah konten dalam blognya sering di copy paste. Sebenarnya tidak masalah ketika artikel dalam blog kita di copy paste oleh orang lain selama dia tidak menjual dan mempublikasikannya lagi atas nama dirinya sendiri.

Namun dari kebanyakan kasus, copy paste artikel atau konten pada blog lebih sering digunakan untuk kepentingan republish ulang pada blog orang yang mengcopy. 

Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi blog yang di copy paste karena secara otomatis blog akan terindikasi memiliki duplikat konten dan bahkan bisa saja akun google adsensenya di nonaktifkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus copy paste artikel blog.

1. Copy Paste Total

Copy paste total adalah copy paste yang dilakukan dengan cara mengcopy semua konten secara total. Copy paste macam ini biasanya tidak akan melewatkan satu hal pun dari konten yang ada di blog.

Jika konten artikel dalam blog memiliki 6 gambar dan 3000 kata, maka kesemuanya akan di copy secara sekaligus dan di pastekan di blog yang mengcopy.

Dampak negatif dari copy paste total adalah blog anda akan terindikasi duplikat konten, penurunan page rank, dianggap blog spam, dan hal yang paling buruk adalah blog anda kehilangan akun google adsense.

2. Copy Paste Spin

Copy paste spin adalah bentuk copy paste total yang dimodifikasi penempatan paragraf dan kalimat. Copy paste macam ini biasa dilakukan oleh blogger yang malas nulis artikel dan mengandalakan keahliannya dalam melakukan copy paste.

Dampak buruk jika blog anda terkena copy paste spin ini adalah blog anda akan dianggap blog spam dan akan mengalami penurunan skor SEO.

3. Copy Paste Campur

Copy paste campur ini sifatnya bisa total atau tidak total, namun ciri-ciri copy paste ini adalah artikel dari blog anda akan disatukan dengan artikel copy paste dari blog lain.

Copy paste macam ini akan menguntungkan bagi si pengcopy karena secara mudah akan mendapatkan konten artikel yang panjang dan berisi. Namun tentu dampak negatifnya adalah blognya akan dianggap spam dan termasuk blog anda juga akan dinilai sebagai blog spam oleh google.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya, dibawah ini akan saya jelaskan cara dan tipsnya.

Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Untuk menghidari blog anda di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka anda perlu menghilangkan kemampuan copy paste di dalam blog anda. 

Cara untuk menonaktifkan fitur blok dalam blog (blogger) cukup mudah, ikuti caranya.

  • Buka Blogger.com
  • Buka menu Tema/theme
  • Pilih Edit HTML

Copy Script Code Anti Copas 1 dibawah ini dan pastekan diatas kode </body>

<script type='text/javascript'>
if (typeof document.onselectstart!=&quot;undefined&quot;) {
document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;);
}
else{
document.onmousedown=new Function (&quot;return false&quot;);
document.onmouseup=new Function (&quot;return true&quot;);
}
</script>

Fungsi dari kode diatas adalah untuk mematikan fitur blok pada blog khususnya dalam artikel. Dengan matinya fitur blok, maka secara otomatis orang yang akan melakukan copy paste akan kesulitan ketika ingin mengcopy artikel di blog anda.

Kelebihan dari script code anti copas 1 ini adalah semua artikel anda akan terlindungi dari blok yang berotensi membuat orang akan melakukan copas. 

Namun pada bagian tertentu seperti code highligter itu tidak akan terproteksi, sehingga anda tidak perlu cemas ketika anda berbagi tutorial tentang blog yang mengharuskan pembaca untuk mengcopy sebuah script, karena script code anti copas 1 ini secara otomatis akan membiarkan bagian code highlighter tetap bisa di blok dan di copy paste.

Copy Script Code Anti Copas 2 dibawah ini dan pastekan diatas kode </body>.

<script> var message="STOOOP...! JANGAN KAMU KOPAS YA, MENDING KAMU SHARE TULISAN DI BLOG INI KE TEMAN-TEMAN KAMU AGAR BLOG INI MAKIN POPULER DAN MAKIN BANYAK DIKUNJUNGI ORANG.";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

Script code anti copas 2 ini berfungsi untuk menghilangkan fungsi blok dan klik kanan. Selain itu ketika ada orang yang akan melakukan copy paste maka script ini akan menampilkan sebuah pesan pop-up yang kata-katanya bisa anda ubah sesuai keinginan anda.

Saya sendiri lupa apakah script ini memberikan izin pada code highlighter untuk tetap bisa di blok dan di copy atau tidak. Namun saya sengaja memberikan anda dua pilihan script code anti copas tersebut agar anda bisa memilih yang terbaik dan paling cocok untuk blog anda.

Tips Untuk Blog Yang Sudah Terlanjur di Copy Paste 

Jika blog anda sudah terlanjur di copy paste oleh blog lain, maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan berikut ini.

1. Pasang Script Code Anti Copas

Apabila blog anda sudah telanjur di copy paste maka segeralah pasang script anti copas yang sudah saya sediakan diatas. Dengan memasang scirpt code tersebut blog anda akan terhindari dari copy paste ketika anda membuat artikel baru.

2. Tanya Pengcopas

Jika konten artikel anda tampil di blog lain dan isi dari kontenya 99% identik dengan konten di blog anda, maka sudah pasti admin dari blog tersebut melakukan copy paste konten anda.

Salah satu cara mengatasi malasah copy paste ini adalah dengan menanyakannya secara langsung kepada pemilik blog yang mengcopy paste artikel anda.

Anda bisa menghubunginya via halaman kontak atau berkomentar dalam artikel anda yang di copy paste blog tersebut. Tanyakanlah kepada admin blog tersebut apa tujuan dari melakukan copy paste tersebut.

3. Lapor Google DMCA

Google memiliki sebuah laman pengaduan jika konten didalam blog di curi orang lain. Jika konten blog anda di copy paste secara total oleh blog lain dan sangat identik, maka anda bisa melaporkannya ke google DMCA.

Apabila blog lain mengcopy paste konten anda secara total tanpa menambah atau mengurangi isi kontennya, maka kemungkinan besar pengaduan anda akan diterima dan konten anda pada blog copas tersebut akan hilang.

Namun terkadang blog yang melakukan copy paste sering mengubah konten dengan cara menambah, mengurangi atau melakukan spin pada artikelnya agar terhindar dari claim anda dan selamat dari hukuman google DMCA.

4. Berikan Watermark Pada Gambar

Watermark adalah identitas blog yang bisa anda tempelkan pada gambar pendukung dalam artikel anda. Dengan adanya watermark pada gambar, maka anda akan memiliki bukti lebih ketika melaporkan blog yang melakukan copy paste ke google DMCA.

5. Periksa Apakah Blog Terkena AGC

Salah satu copy paste paling canggih dalam dunia blogging adalah AGC atau Auto Generate Content. Jika anda sudah memasang script anti copy paste dan sudah lapor ke google DMCA, namun blog anda masih saja bisa di copy paste blog pengcopas, maka anda sedang terkena AGC. 

Apa sih AGC itu?

AGC atau auto generate content adalah salah satu copy paste yang dilakukan sebuah blog dengan cara mengambil data dari feed atau atom pada blog kita. Copy paste yang dilakukan oleh blog AGC terbilang sadis karena blog AGC hanya tinggal menunggu anda membuat konten.

Ketika anda membuat konten dan mempublikasinya di blog anda, maka secara otomatis blog AGC tersebut akan ikut mempublish konten anda secara lengkap.

Bagi sebagian blogger yang memanfaatkan copy paste macam ini tentu akan membuat dirinya lebih mudah dalam menambah konten pada blognya, karena meski tidak menulis artikel pun, blog tersebut tetap akan memiliki konten dengan cara melakukan AGC dari blog lain.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah blog anda terkena AGC, diantaranya :

1. Ubah Feed Menjadi Pendek

Anda memiliki opsi pemilihan feed pada blogger, untuk membuat feed anda menjadi pendek maka anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikuti ini.

  • Buka Blogger
  • Pilih Setting/setelan
  • Pilih Feed situs

cara atasi agc pada blog

Pada bagian Izinkan feed situs ada beberapa pilihan, untuk menghindari blog anda terkena AGC maka silahkan pilih pendek. Dengan memilih feed pendek, maka blog yang melakukan AGC hanya akan mendapatkan sebagian konten yang anda publish. 

2. Jangan Share Alamat Blog Semabarangan

Berhati-hatilah jika anda bergabung dalam sebuah forum blogger di sosial media. Selain anda tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah anggota forum tersebut, anda juga tidak tau maksud orang-orang dalam forum tersebut.

Saya sendiri memiliki pengalaman pahit ketika masih awal-awal belajar blog. Dengan harapan bisa mendapatkan masukan dari anggota lain maka saya membagikan alamat blog saya di sebuah forum blogger di sosial media. 

Orang-orang dari forum tersebut sangat baik dan mau memberi tau apa kelebihan dan kekurangan dari blog saya. Namun ada juga sebagian orang yang memanfaatkan blog saya untuk di AGC.

Alhasil ketika saya mengetahui bahwa blog saya terkena AGC maka semangat saya dalam ngeblog langsung down. Dengan pengetahuan blogger saya yang sangat dangkal pada saat itu saya kebingungan harus melakukan apa. Namun dengan semangat ngeblog saya, akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan blog tersebut dan membuat blog baru.

Penutup

Pada dasarnya copy paste adalah pencurian karya cipta yang tidak patut kita lakukan. Kalau pun ada orang lain melakukan copy paste ya biarkan saja mereka menjalaninya, karena besar kecil ukuran dosa itu hanya Allah yang tau.

Diatas sudah saya jelaskan dengan singkat dan rinci hal-hal apa saja yang harus anda lakukan jika blog anda dicopy paste blog lain dan atau di AGC oleh blog lain. Semoga bermanfaat!

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar