Perjalanan Ngeblog Part 01 | Pertama Kenal Komputer - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Perjalanan Ngeblog Part 01 | Pertama Kenal Komputer

max ikhsan

bismillahirrahmanirrahim.

Sebenarnya saya sudah lama ingin berbagi cerita tentang perjalanan ngeblog saya kepada Anda yang selalu setia membaca blog ini. Namun berhubung saya sedang menggenjot artikel tutorial blogger, jadi baru sekarang tanggal 23 Juli 2022 saya memulai membuat artikel series yang menceritakan perjalanan ngeblog saya secara lengkap.

Artikel cerita ini sengaja akan di publish secara berurutan dari mulai part 01 sampai seterusnya, dan mungkin sampai nanti saya pensiun dari dunia blogging. 

Oke, jadi untuk Anda yang merasa tidak perlu membaca artikel ini, silahkan skip saja. Karena ya... siapa sih itu Max Ikhsan, gak ada yang kenal, sama sekali tidak terkenal dan memang gak terlalu berharap terkenal.

Namun tentu untuk Anda yang selalu mengikuti blog saya, tentu cerita ini mungkin cukup menarik. Dan saya pun berharap bahwa Anda bisa mengambil perlajaran dari cerita perjalanan ngeblog saya.

Nah, jadi kita mulai masuk ke ceritanya.


Siapa Itu Max Ikhsan?

Saya adalah orang biasa yang berasal dari kampung. Sejak kecil, saya di didik untuk bekerja keras oleh orang tua agar bisa bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain.

Tidak pernah terpikir sedikit saja bahwa saya akan menjadi seorang blogger. Karena sejak kecil saya main di sawah sambil menemani orang tua menanam padi. 

Hal yang selalu saya ingat dari kedua orang tua saya adalah sebuah kalimat "Jang, maneh mah ulah jiga bapak jeung mamah neangan duit teh ku pacul' tapi kudu ku otak".

Itu adalah sebuah kalimat yang bukan hanya sekedar mereka ucapkan, tapi mereka juga mengusahakannya dengan cara menyekolahkan saya sampai lulus SMA.

Nah, singkat cerita di SMP saya mulai kenal dengan komputer. Saat itu saya masih ingat harus menunggu giliran praktik TIK sampai jam empat sore, karena teman sekelas saya ada 30 orang, sedangkan komputer yang digunakan praktek hanya satu unit.

Sejak saat itu saya semakin tertarik dengan komputer, dan saya selalu menyempatkan waktu untuk bermain ke warnet hanya untuk browsing-browsing hal-hal sepele seperti "cara download video di waptrik" dan lain-lain.

Singkat cerita sekitar tahun 2013, saya merakit sebuah komputer. Saat itu saya sengaja merakit komputer tersebut untuk mencari penghasilan dari internet. Namun lucunya, di rumah saya tidak ada akses internet sama sekali, bahkan HP yang saya gunakan masih Symbian yang cukup ribet apabila digunakan untuk modem. 

Mulai Mengenal Blog

Dari tahun 2013 sampai 2015, selain bekerja saya juga menghabiskan waktu untuk mengulik komputer, baik Hardware maupun Software. Dan saat itu saya masih ingat betul sekitar bulan Oktober 2015 saya diperkenalkan dengan Wordpress.com oleh teman satu kost saya.

Dia mengajak saya untuk mencoba menjadi seorang blogger dengan iming-iming bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Namun, dia sendiri tidak mengetahui bahwa ekspektasi dan realita menjadi seorang blogger itu seperti apa.

Sekitar bulan November 2015 saya pulang kampung. Entah kenapa saya begitu tertarik dan selalu penasaran dengan yang namanya blog. Lalu saya mencoba membuat sebuah blog yang sampai saat ini URL-nya masih ada, yaitu https://almuqodar.wordpress.com/.

Karena saat itu untuk ngeblog harus selalu ke warnet, maka akhirnya saya pun memutuskan untuk tidak melanjutkan blog tersebut. Sekitar tahun 2016 saya mencoba kembali membuat blog dengan menggunakan CMS blogger. Saya masih ingat nama domain yang saya buat adalah ikangs.blogspot.com. 

Nah, dari sanalah saya mulai ingin serius menjadi seorang blogger yang sukses, dikenal banyak orang, berpenghasilan dari blog, dan menjadi full time blogger. 

Untuk cerita perjalanan saya saat mulai serius ngeblog, silahkan Anda lanjutkan membacanya di artikel berikutnya.

Nah itulah cerita perjalanan ngeblog part 1 yang bisa saya bagikan dalam artikel ini.

Semoga Anda tertarik dengan kisah sederhana tersebut.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar