Cara Membuat WIFI Sendiri Dengan Harga Murah - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat WIFI Sendiri Dengan Harga Murah

max ikhsan

Ayo siapa disini yang ingin punya wifi murah di rumahnya. Kalau sudah baca artikel ini sih pasti pada mau, dijamin!!

Guys, punya wifi sendiri di rumah tentunya memiliki banyak manfaat, kamu bisa internetan sepuasnya, internetan dari berbagai device, dan tentunya bebas digunakan seisi rumah.

Namun untuk memasang wifi di rumah tentunya kamu memerlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah lokasi rumah kamu terjangkau kabel provider dan menyiapkan budget pemasangan serta biaya bulanan.

Sebenarnya kebanyakan provider biasanya menggratiskan saat pemasangan, jadi kamu tinggal bayar biaya bulanan saja.

Nah di Indonesia sendiri ada beberapa provider penyedia layanan internet yang paling populer, diantaranya ada Indihome, Biznet dan Iconet.

Jika kamu ingin menggunakan Indihome maka siapkan budget sekitar 300 ribuan perbulan. Nah untuk yang lebih murah maka kamu bisa memilih menggunakan Biznet atau iconet. Namun sayangnya belum seluruh lokasi terjangkau provider tersebut.

Di lokasi saya sendiri Indihome sudah ada, namun untuk Biznet dan iconet belum bisa menjangkaunya karena berada di perkampungan.

Karena biaya langganan Indihome terlalu mahal untuk saya, maka saya putuskan untuk membuat wifi sendiri yang biaya bulanannya hanya cukup 70 ribuan saja.


Cara Membuat Wifi Murah Sendiri 

Untuk bisa membuat wifi murah, kamu harus mempersiapkan beberapa alat berikut ini:

  1. Modem
  2. SIM provider
  3. STB (Open WRT)
  4. Kabel LAN
  5. Router
  6. Penguat sinyal (opsional)
  7. Akun Trojan

1. Modem

max ikhsan

Ada banyak modem yang bisa kamu gunakan, mau yang baru atau yang bekas pun ada dan mudah di dapatkan. Saya sendiri pernah menggunakan modem Bolt Orion MV1 yang harganya cuma 100 ribuan.

Namun dengan modem tersebut terasa lemot karena penangkap sinyalnya kurang bagus. Oleh karena itu saya putuskan untuk membeli modem Huawei E5577 yang juga pernah saya review di blog ini.

2. SIM provider

max ikhsan

SIM provider yang saya maksud disini adalah kartu seluler yang sudah biasa digunakan di seluruh Indonesia. Sebut saja kartu SIM merah, Biru, atau Kuning.

Setiap kartu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Jadi sesuaikan dengan kondisi dan lokasi rumah yang akan kamu pasangi wifi buatan sendiri.

3. STB Open WRT

max ikhsan

STB open WRT pada dasarnya adalah STB biasa seperti bekas TV Indihome dan lain-lain. Namun perbedaan yang paling jelas adalah software yang ada di dalam STB tersebut sudah di ubah menjadi open WRT.

OS open WRT tersebutlah yang nantinya akan kita fungsikan untuk menjadi alat pembuat kuota murah dengan sistem inject. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di open WRT seperti Xdrem-GUI, Libernet-GUI, Open Clash, dan lain-lain.

4. Kabel LAN

Kabel LAN disini dibutuhkan untuk menyambungkan router ke STB open WRT. Perlu diketahui bahwa STB sudah menyediakan WIFI, namun kekuatannya kurang bagus saja menurut saya. Oleh karena itu akan lebih bagus jika kamu menggunakan router tambahan.

Saya sendiri menggunakan router Xiaomi Mi 4C versi cina yang harganya cukup murah. Untuk reviewnya silahkan baca artikel review router Mi 4C.

5. Router

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa STB memiliki pemancar WIFI sendiri. Namun sayangnya kekuatannya kurang memuaskan. Oleh karena itu silahkan beli router tambahan, kamu bahkan bisa membeli router second dengan harga 50 ribuan saja.

6. Penguat sinyal

Sebenarnya untuk penguat sinyal ini sifatnya opsional karena tidak semua lokasi di Indonesia memiliki kekuatan jaringan yang bagus maka ada baiknya menggunakan penguat sinyal. 

Nah apabila lokasi rumah kamu termasuk yang memiliki jaringan provider bagus maka untuk penguat sinyal ini di skip saja.

Kamu bisa membeli penguat sinyal di online shop. Namun kamu juga bisa membuat penguat sinyal sendiri seperti yang pernah saya lakukan dan juga sudah pernah saya jelaskan di blog ini.

7. Akun Trojan

Akun trojan dapat kamu beli secara langsung di situs penyedia akun atau bisa juga di beli di online shop. Akun trojan ini befungsi untuk melengkapi settingan pada aplikasi yang akan digunakan untuk membuat WIFI murah pada STB open WRT.

Untuk harga akun trojan ini bisa kamu beli sekitar 10 sampai dengan 20 ribuan saja. Dan itu berlaku selama 30 hari dengan opsi perpanjangan dengan harga yang sama, atau bisa juga diganti dengan akun baru.


Mekanisme WIFI Murah Buatan Sendiri 

Pada dasarnya wifi murah ini dibuat dengan cara mengubah kuota lain menjadi kuota reguler. Contohnya adalah jika kamu memiliki paket kuota Whatsapp sebanyak 25 GB, maka kamu hanya bisa menggunakannya untuk aplikasi WA saja.

Nah dengan bantuan aplikasi pada STB open WRT serta akun trojan tersebut maka kamu bisa membuat sebuah settingan yang memungkinkan kuota WA 25 GB tersebut diubah menjadi kuota reguler.


Kesimpulan

Cara ini saya rekomendasikan bagi kamu yang memang kere hore seperti saya. Jika kamu sudah punya budget untuk membayar biaya bulanan seperti WIFI dari Indihome, Biznet atau Iconet akan jauh lebih baik karena lebih stabil dalam segi kecepatan.

Selain itu, berdasarkan pengalaman saya sendiri ternyata suka ada gangguan cukup lama ketika server down. Tapi ya yang namanya gangguan selalu saja ada sih. 

Kelebihan dari membuat WIFI murah ini adalah kamu bebas menggunakannya secara limited atau unlimited dengan harga yang sangat murah.

Selamat mencoba!

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar