Cerita Beli Router Wifi Mi 4c Versi Global Malah Dikasih Versi Cina - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cerita Beli Router Wifi Mi 4c Versi Global Malah Dikasih Versi Cina

max ikhsan
Sumber: Max Ikhsan

Jadi dipostingan kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya dalam membeli sebuah router dari Shopee.

Dalam blog ini saya sudah membuat beberapa postingan mengenai internet, contohnya seperti postingan yang berisi ulasan singkat mengenai modem Blot Orion MV1 dan modem Bolt/Huawei E5577.

Jika kalian mengikuti blog saya, maka kalian pasti akan tau bahwa saya saat ini sedang membuat wifi sendiri di rumah dengan menggunakan STB Openwrt yang dikombinasikan dengan modem E5577 serta antena penguat sinyal yang dibuat sendiri dari barang bekas.

Karena wifi yang dihasilkan dari STB tidak terlalu kuat dan jangkauannya pun terbatas, maka saya memutuskan untuk mengumpulkan uang dan membeli sebuah router yang memang sudah saya idam-idamkan.

Ya, router tersebut adalah Mi 4C. Sebenarnya saya ingin memiliki router Mi 4A yang sudah support dual band, namun karena kendala budget akhirnya saya memutuskan untuk membeli Mi 4C saja.

Nah dalam artikel ini sebenarnya yang akan saya bahas bukan masalah spesifikasi atau sengaja mereview router Mi 4C ini. Tapi, yang ingin saya share disini adalah pengalaman membeli router ini dari Shopee ya guys.

Jadi awal mulanya sebelum membli router ini saya sudah cek dibeberapa toko yang ada di shopee. Kemudian saya menemukan sebuah toko yang menjual router ini dengan harga yang bersaing dan memiliki rating bagus.

Setelah yakin, saya coba chat terlebih dahulu sellernya dan menyakan apakah ini versi global apa versi Cina. Seller tersebut pun menjawab bahwa router Mi 4C ini adalah versi global.

Baca: Cara Blokir User di Router Xioami 4C

Karena merasa sudah yakin akhirnya saya pesan router tersebut, serta saya pun chat ke seller minta dikirim dengan cepat. Setelah 3 hari menunggu akhirnya router Mi 4C datang dengan keadaan sedikit terbuka dibagian plastik luar, dan robek bear pada buble warp.

Saya positif thinking saja ya gaes, mungkin itu sama seller digituin buat memasukan routernya ke buble warpnya. Namun yang membuat saya kecewa adalah pesanan router Mi 4C saya tidak sesuai dengan apa yang saya pesan.

Saya memasan versi global, sedangkan yang datang versi cina. Ketika datang, saya kebingungan harus ngapain karena bahasanya full cina. Saya coba komplain tapi jawabannya malah ada miskomunikasi katanya. Alasan klasik banget sih itu.

Beruntung setelah mencari beberapa tutorial di Youtube, akhirnya saya bisa merubah bahasa cina dari router Mi 4C tersebut ke bahasa Inggris hingga bisa digunakan.

Kesimpulan dari pengalaman ini adalah kita jangan yakin dulu bahwa barang yang dijual ditoko yang memiliki rating bagus itu akan sama persis dengan apa yang kita harapkan. Kedua, kita harus siap jika masalah seperti ini terjadi. Solusi untuk mengatasinya adalah pengembalian barang atau kita oprek sendiri.

Terakhir pesan buat seller yang merasa menjual ke saya, Anda jangan nyari keuntungan saja dan memaksakan barang yang tidak sesuai untuk dijual. Layanilah penjual dengan amanah, karena dengan amanah toko Anda akan semakin maju.

Semoga ada hikmah dan hal positif yang bisa kita ambil dari pengalaman ini. 

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar