Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Dari Barang Bekas - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Dari Barang Bekas

ikang.net
Sumber: Ikang.net

Ikang.net | Postingan ini merupakan konten pertama pada blog ini, oleh karena itu saya minta dulur untuk membacanya sampai selesai agar tau cara membuat antena penguat sinyal hp secara lengkap meski hanya mengandalkan barang bekas saja.

Nah, gaya bahasa saya dalam blog ini akan sedikit dicampur dengan bahasa Sunda. Tapi jangan khawatir, meski dulur bukan orang Sunda tapi saya menjamin materi yang disampaikan pada setiap konten dalam blog ini akan mudah dipahami, karena selain detail penjelasan yang terperinci, saya juga akan membuat informasi grafis yang disematkan lewat gambar atau video.


Cara Membuat Antena Penguat Sinyal Terlengkap

Di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat antena penguat sinal untuk HP atau modem dengan selengkap mungkin sampai dulur semua sukses mempraktekannya.

Tapi sebelum itu, mari baca dulu alasan mengapa dulur wajib bisa membuat antena penguat sinyal ini.


Kenapa Butuh Antena Penguat Sinyal?

Bagi masyarakat yang tinggal di pedasaan atau di pelosok yang jauh dari jangkauan BTS, tentu masalah sinyal HP yang susah itu sudah menjadi makanan sehari-hari, dan hal itu pula yang saya rasakan. 

Oleh karena itu, saya mencoba berinovasi dengan membuat antena penguat sinyal hp atau modem sederhana dengan menggunakan alat-alat bekas. Jujur ditempat saya memang tidak semua sinyal itu jelek, contohnya Telkomsel, XL, Axis Indosar, Tri, itu cukup bagus. Dan dari kesemua provider tersebut yang paling bagus adalah Telkomsel.

Salah satu faktor yang mendorong saya membuat antena penguat sinyal adalah ingin memaksimalkan sinyal dari XL. Bukan tidak mau menggunakan telkomsel, hanya saja harga kuotanya sedikit lebih menguras kantong jika dibandingkan dengan XL.

Nah, intina itu adalah untuk kaum kere hore seperti saya maka harus bisa berinovasi membuat antena penguat sinyal agar pengeluaran biaya kuota bulanan tidak terlalu besar karena sinyal dari kartu yang tadinya lemah bisa menjadi kuat dengan bantuan antena penguat sinyal hp dan modem ini.


Bahan dan Alat Yang Harus Disiapkan

Seperti pada judul artikel ini yaitu "Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP Dari Barang Bekas", maka berikut di bawah ini adalah beberapa bahan dan alat yang kudu dulur siapkeun.

No Nama  Ukuran Harga
1 Pipa Aluminium -+25CM Nyari Bekas
2 Kabel RG6 Opsional Rp.60.000 - 20M
3 Pipa PVC Opsional Nyari Bekas
4 Tiang Opsional 15-20 Ribu

Ok, lanjut ke alat-alat yang diperlukan untuk mempermudah proses pembuatan antena penguat sinyal HP dari barang bekas ini.

No Nama  Fungsi 
1 Gergaji Besi Memotong Pipa
2 Obeng baut Jika diperlukan
3 Pipa PVC Pelindung pipa aluminium
4 Meteran Mengukur Pipa

Sebenarnya masih ada lagi alat dan bahan yang dibutuhkan, namun tidak saya sertakan dina tabel dan akan dijelaskan langsung saja.


Proses Pembuatan Antena Penguat Sinyal HP/Modem

Berikut di bawah ini adalah cara lengkap membuat antena penguat sinyal HP atau modem dengan memanfaatkan barang bekas.

1. Siapkan Pipa Aluminium 

max ikhsan

Bahan pertama yang harus dulur siapkan adalah pipa aluminium yang sedikit panjang. Alasan mengapa harus sedikit panjang adalah karena pipa aluminium tersebut akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu satu pipa untuk kabel arus positif, dan pipa yang kedua untuk arus negatif pada kabel RG6.

Ukur bagian pipa aluminium sekitar masing-masing menjadi 25 cm. Tapi sebenarnya ini hanya opsional saja, dulur bisa juga menggunakan ukuran 10 cm atau 8 cm. Hanya saja saran saya akan lebih optimal jika panjang kedua pipa aluminium tersebut ada di angka 25 cm.

Setelah dulur memiliki 2 pipa alumunium, coba buat lubang untuk baut atau untuk jalur kabel secara langsung. Setelah dilubangi selanjutnya dulur kudu menyimpan posisi 2 pipa yang sudah disambung dengan kabel RG6 tersebut secara nangtung atau vertikal. Dan ingat, sangat PENTING untuk memberi jarak diantara keduanya sebanyak 1 cm.

Ingat nya dulur, pipa alumunium atas disambngkeun dengan kabel arus positif, sedangkan pipa alumunium bagian handap harus disambung kabel rambut (negatif). Dan ingat sekali lagi, berikan jarak 1 cm pada kedua pipa agar sinyal yang didapatkan bisa maksimal.

Lamun kedua pipa tersebut bersentuhan, maka sinyal tidak akan keluar sama sekali. Oleh karena itu sebelum memasukan kedua pipa aluminium yang sudah disambung ke kabel RG6 tersebut kedalam pipa PVC, sebaiknya dulur membuat ukurannya terlebih dahulu.


2. Siapkan Kabel RG6 Bekas TV Parabola Atau Beli Baru

max ikhsan

Jika dulur boga kabel sesa TV parabola maka dulur bisa menggunakannya untuk membuat antena penguat sinyal hp. Tapi kalau dulur tidak punya maka beli saja yang baru. Harga pasaran untuk kabel RG6 ini adalah sekitar 50 s/d 60 ribuan untuk 20 meter.

Setelah kabel RG siap, silahkan kupas salah satu bagian sisi dari kabel RG6 tersebut untuk memisahkan kabel positif dan negatif. Umumnya kabel positif adalah kabel tembaga yang hanya ada 1, dan bagian negatifnya adalah kabel serabut atau kabel rambut yang seperti terbuat dari aluminium.

Setelah dulur selesai mengupas kabel RG6, silahkan hubungkan bagian positif ke pipa aluminium yang sudah diberi lubang tadi. Dulur bisa menghubungkannya secara langsung atau bisa ditambah screw (baut) agar lebih mudah.

Bagian yang paling penting adalah jangan lupa untuk menyimpan pipa aluminium dengan kabel positif pada bagian atas, sedangkan pada bagian bawah harus bagian negatif.

Agar dulur lebih mudah membayangkannya, silahkan lihat gambar di bawah ini!

ikang.net
Sumber: ikang.net


3. Siapkan Pipa PVC 

max ikhsan

Setelah dulur selesai menyambungkan kabel RG6 ke dua pipa aluminium, saatnya dulur menyiapkan pipa PVC sebagai pelindung dari pipa aluminium yang sudah disambung dengan kabel.

Untuk ukuran pipa PVC harus lebih besar dari diameter pipa aluminiumnya. Hal ini bertujuan agar pipa aluminium yang sudah terpasang kabel bisa masuk kedalam pipa PVC. 

Fungsi pipa PVC ini sebenarnya adalah untuk melindungi pipa aluminium dari panas atau air hujan. Semakin terlindungi maka antena penguat sinyal buatan sendiri ini akan lebih awet.


4. Penutup Pipa PVC Atas Bawah  

Sebenarnya untuk pipa PVC itu tersedia penutupnya, tinggal dulur sesuaikan saja ukuran inch nya. Akan tetapi jika dulur tidak beli penutup dari PVCm dulur bisa berkreasi dari barang bekas, contohnya seperti tutup botol, karet bekas sendal jepit, dan lain sebagainya.

Tujuan menutup bagian atas dan bawah pipa PVC ini adalah untuk mengihdari adanya air atau debu yang masuk kedalam pipa PVC dan menyebabkan korosi pada pipa aluminium.


5. Siapkan Tiang

Antena penguat sinyal hp ini akan lebih efektif jika dipasang pada tiang yang tinggi. Tapi sebenarnya tiang ini termasuk bahan opsional. Jika dulur sedikit dekat dengan kota, maka dulur akan butuh tiang untuk antena penguat sinyal ini, meski tidak akan terlalu tinggi. 

Jika dulur jauh dari kota dan tower BTS, maka biasanya dulur akan membutuhkan tiang sangat tinggi untuk bisa mendapatkan sinyal secara optimal. Untuk dulur yang ada di kota dan dekat dengan BTS, maka cukup disimpan di atas atap saja. Tapi jika menggunakan tiang pun akan lebih bagus lagi.

Sampai ditahap ini sebenarnya dulur sudah selesai membuat antena penguat sinyal HP/modem. Nah terus kumaha caranya melihat apakah antena penguat sinyalnya berfungsi?

Berikut ini adalah 2 cara yang bisa dulur coba untuk melihat apakah antena DIY tersebut alus atau jelek.


Cara Cek Sinyal Dari Antena Penguat Sinyal HP/Modem

Ada 2 metode yang bisa dulur sadayana coba untuk melihat sinyal yang dihasilkan dari antena penguat sinyal ini. Berikut ini caranya:

Metode Pigtail

max ikhsan

Metode ini cocok untuk digunakan pada modem, karena biasanya ada beberapa modem yang memiliki slot antena. Contoh modem dan mifi yang memiliki slot antena adalah Huawei B312 (Orbit Star 2) dan Huawei E5577.

Untuk bisa melihat sinyal yang dihasilkan antena penguat sinyal tersebut, dulur perlu menghubungkan kabel RG6 ke pigtail TS9. Setelah itu coba lihat bagian Bar signal pada modem atau mifi. 

Jika bertambah maka artinya antena penguat sinyal yang dibuat sendiri tersebut sudah berfungsi dengan baik. Namun jika tidak ada perubahan, maka ada beberapa hal yang bisa dulur coba untuk memperbaikinya.

Metode Induksi 

max ikhsan

Ini adalah metode paling sederhana dan cukup efektif untuk melihat kinerja dari antena penguat sinyal yang telah dibuat. Cara membuat induksi cukup mudah, dulur cukup kupas sisi kabel RG6 yang sebelah. Kupas sediit panjang agar bisa membuat pola kotak atau lingkaran.

Setelah itu hubungkan kabel positif (tembaga) ke kabel serabut, lalu coba dekatkan HP atau modem untuk melihat apakah sinyal bertamabah atau tidak ada perubahan sama sekali.


Alat Indikator Sinyal Saat Pengetasan

Untuk melihat secara jelas apakah antena penguat sinyal yang dibuat berfungsi dengan baik bisa menggunakan metode manual (dengan melihat bar sinyal) pada hp atau modem.

Namun jika dulur ingin mendapatkan data anu leuwih lengkap, cobaan saja menggunakan aplikasi Network Cell Info yang bisa di download  secara gratis di Play Store.


Bagaimana Jika Antena Tidak Memberikan Signal?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan antena tidak mengeluarkan sinyal. Namun ketika dulur menemukan masalah ini jangan panik dulu, apalagi sampai harus bongkar pasang tiang antena yang cukup berat dan memakan waktu.

Saat dulur manggihan masalah antena tidak mengeluarkan sinyal, maka berikut ini beberapa cara yang bisa dulur coba:

Gunakan Modem Sebagai Indikator

Saya pernah mengalami sebuah trouble dimana setelah selesai memasang antena, sinyal XL tidak ada perubahan sama sekali. Tapi ketika saya menggunakan modem dengan metode induksi, ternyata signal dari kartu XL bertambah. 

Itu artinya untuk memastikan bahwa antena penguat sinyal ini berfungsi dengan baik, maka dulur perlu 2 device sebagai indikator. Pertama HP dan yang kedua adalah modem. Namun sebenarnya dengan hanya menggunakan HP saja sudah cukup, hanya saja dalam kasus saya memang mungkin perlu modem sebagain validator antena penguat sinyalnya berfungsi dengan baik.

Ubah Frequency

Salah satu faktor yang membuat signal dari antena penguat tidak terdeteksi oleh HP atau modem adalah frequncy. Oleh karena itu saat dulur menemukan masalah sinyal tidak bertamabah maka bisa mencoba mengubah frequncy terlebih dahulu.

Di Indonesia umumnya frequncy 4G yang tersedia adalah B8 900MHz, B3 1800MHz, B1 2100MHz dan B40 2300MHz. Dalam kasus saya, antena tidak bekerja di frequency 900 dan 1800 untuk provider By.u, dan hanya work di frequency 1200. Untuk Band 40 sendiri memang tidak tersedia di daerah saya.

Nah, untuk itu apabila dulur mendapatkan masalah sinyal tidak keluar sama sekali, silahkan coba ubah frequency terlebih dahulu.

Cek Lagi Antena  

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa loba pisan faktor yang menyebabkan sinyal dari antena penguat tidak bertamabah. Jika dulur sudah mencoba menggunakan indikator modem dan ubah frequency tapi masih belum mengeluarkan signal, itu artinya bisa saja ada hal yang terlewat. Dan salah satu hal yang sering terjadi adalah pipa aluminium bagian atas (postif) dan bagian bawah (negatif) menempel. 


Berapa Budget Yang Dikeluarkan Untuk Membuat Antena Penguat Sinyal HP/Modem Sendiri? 

Untuk urusan budget sebenarnya relatif. Soalna kan tiap orang beda-beda ya lur. Untuk saya sendiri budget yang dikeluarkan hanya 80 ribu rupiah saja. Budget tersebut digunakan untuk membeli kabel RG6 dan tiang bambu.

Kalau beli antena Yagi, bisa saja lebih dari itu karena saat saya cek harga antena Yagi di Shopee itu yang paling rendah ada di harga -+150 ribuan, dan itu untuk kualitas biasa saja. Sedangkan untuk kualitas terbaik bisa mencapai jutaan rupiah.


Adakah Bukti Bahwa Admin Benar-benar Berhasil Membuat Antena Penguat Sinyal HP Dari Barang Bekas?

Untuk bukti tentu saja ada, saya akan sematkan gambar dan video pada bagian ini ya lur. Soalnya ini penting untuk validasi bahwa tutorial yang saya berikan ini benar-benar bisa dibuktikan kebenaranya dan bisa dipertanggungjawabkan dunia akhirat insyaallah.

max ikhsan
Sinyal modem sebelum menggunakan antena

max ikhsan
Sinyal modem setelah menggunakan antena mode induksi

max ikhsan
Indikator sebekum menggunakan antena

max ikhsan
Indikator setelah menggunakan antena


Penutup

Diambil dari hadits HR Muslim "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." Semoga setiap ilmu yang saya berikan dan saya sampaikan dalam blog ini bisa menjadi berkah bagi setiap pembaca khususnya bagi saya sendiri sebagai penulis.

Semoga Artikel cara membuat antena penguat sinyal HP dari barang bekas ini bisa bermnafaat bagi dulur yang di TKP nya susah sinyal.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar