Trik Atasi Masalah Brightness Notebook Asus X200M - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Trik Atasi Masalah Brightness Notebook Asus X200M

max ikhsan

Beberapa waktu yang lalu saya menolong salah satu teman yang notebooknya tidak bisa masuk windows akibat mengalami crash ketika memasuki logo windows. Awal mula masalahnya sebenarnya sederhana, katanya dia tidak sengaja menjatuhkan notebooknya tidak terlalu keras. Tetapi ketika dinyalakan, ternyata tidak bisa masuk ke windows.

Setelah itu saya putuskan untuk instal ulang, akan tetapi ada masalah dimana drive pada notebook tersebut memiliki format GPT. Sehingga ketika saya membuat bootable dengan format MBR itu tidak bisa terbaca. Nah ada lagi yang membuat heran, ketika saya membuat bootable dengan format GPT, bottable tersebut tetap tidak terbaca.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut hanya ada satu cara, yaitu mengubah formatnya menjadi MBR dengan bantuan DOS. Tapi resikonya adalah semua file akan terhapus. Setelah mendapat persetujuan dari teman, akhirnya saya coba ubah formatnya dan berhasil. Selanjutnya saya coba instal dengan windows 8 dan sukses tidak ada kendala sama sekali.

Tapi ada sebuah kendala yang saya temukan dan sangat dibutuhkan oleh teman saya tersebut, probelm tersebut adalah pengaturan brightness tidak berfungsi, baik menggunakan shortcut fn+ atau dengan menggunakan pengaturan lewat windows + c.

Saya cukup sulit menemukan cara untuk fix masalah tersebut. Namun alhamdulilah setelah lama searching akhirnya bisa menemukan solusi untuk masalah tersebut di kaskus.

Ok langsung saja.


Mengatasi Brightness Notebook Asus X200M 

Cara untuk mengatasi masalah ini cukup simple. Karena sebenarnya masalah ini disebabkan oleh diver VGA dari processor tidak terinstal.

  • Masuk ke halaman ini untuk notebook Asus X200M yang menggunakan processor Intel.
  • Pada bagian search product, silahkan masukan nama processor, contoh pada kasus saya adalah N2830 graphic.
  • Download file tersebut kurang lebih 140MB.
  • Instal sampai selesai.
  • Restart notebook.

Dengan cara tersebut saya berhasil mengatasi masalah bightness pada notebook asus x200m.

Nah sebenarnya saya mohon maaf karena tidak menyertakan gambar pada artikel ini karena lagi males heheh. Tapi insyaallah dengan cara ini apabila masalah yang Anda hadapi sama seperti saya maka akan terselesaikan.

Semoga bemanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar