Solusi Index Artikel Meski Sitemap di Search Console Error - Max Ikhsan
Advertisement
Advertisement

Solusi Index Artikel Meski Sitemap di Search Console Error

max ikhsan

Sekitar pertengahan atau akhir tahun 2022 Google melakukan update besar-besaran yang menyebabkan banyak sekali website serta blog kehilangan rank di SERP. Selain itu, damage dari update algoritma saat itu adalah adanya masalah tidak dapat mengambil peta situs di Google search conosle yang cukup membuat sebagian blogger panik.

Nah, dalam artikel ini saya akan membahas tentang penyebab algoritma tersebut dibuat oleh Google, apa dampak dari update algoritma tersebut dan bagaimana mengatasinya.


Faktor Google Membuat Algoritma

Dari waktu ke waktu Google pasti akan membuat update algoritma karena untuk menyesuaikan dengan keadaan dan pengguna serta teknologi yang digunakan oleh pengguna.

Nah dari yang saya pelajari pada update algoritma spam detection system adalah Google mencoba membersihkan website atau blog yang melakukan spam untuk mengejar rank di SERP. Ya mungkin sebenarnya ada alasan lain selain itu, namun kita hanya akan fokus membahas itu.

Alasan mengapa domian my.id dan domain sejenisnya mengalami error pada bagian sitemap di Google search console adalah karena Google membatasi domain-domain tersebut karena terdeteksi digunakan untuk melakukan spam.

Apakah domain saya termasuk melakukan spam?

Menurut saya sih tidak, tapi mungkin menurut Google iya.


Dampak Dari Update Spam Detection System

Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan ketika blog ini terkena update tersebut, hal -hal yang merugikan blog ini mulai terasa. Pertama, artikel yang menduduki peringkat pertama di SERP hilang entah kemana. Kedua, artikel lebih sulit terindex di SERP meski di Google search console sudah terindex. Ketiga, menurunnya jumlah visitor secara drastis karena sebagian besar konten masuk sandbox.


Lalu bagaimana cara mengatasinya?  

Sebenarnya mungkin ada cara mengatasi masalah ini, namun saya belum menemukannya sampai saat ini. Ketika saya berdiskusi dengan blogger lain, mereka menyarankan untuk memberikan backlink berkualitas dari situs-situs high autority. Tapi tentu untuk mendapatkan backlink tersebut tidak semudah yang dibayangkan. 

Salah satu cara yang saya manfaatkan untuk mencoba mengembalikan blog ini agar bisa kembali seperti semula adalah dengan mengoptimasi internal link. Hal ini belum tentu bisa berhasil, namun saya hanya mencoba memanfaatkan segala kemungkinan untuk bisa mengembalikan lagi blog ini seperti semula.

Semoga bermanfaat.

Ikut diskusi
Tutup diskusi
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!
# Silahkan tulis pesan di kolom komentar.
# Pesan akan dibalas saat saya online.
# Komentar spam tidak dipublikasikan.

Posting Komentar